DuNiakU, dUNiamU, DUniA KiTa

test

Breaking

Post Top Ad

Your Ad Spot

Tuesday, April 16, 2013

WeChat

Apa itu WeChat?
WeChat adalah
sebuah aplikasi chat lintas platform/OS yang berfungsi untuk menghubungkan beberapa pengguna smartphone. Aplikasi ini untuk pertama kalinya diperkenalkan di China, dan dari sanalah aplikasi WeChat ini berasal, lalu berkembang hingga menjadi cukup populer di seluruh dunia seperti di saat sekarang ini. Tapi faktor apakah yang membedakan WeChat dengan aplikasi chat yang lainnya hingga menjadikannya begitu populer? Di WeChat, semua fitur dari aplikasi-aplikasi chat yang dulunya pernah ada, disatukan menjadi satu paket yang sangat menarik dan ditambahkan dengan fitur-fitur menarik lainnya yang belum pernah di temui di aplikasi chat manapun.
Berikut adalah beberapa fitur menarik yang dimiliki WeChat:
1. Chat Tampilan chat pada WeChat tidak jauh berbeda dengan aplikasi chat lainnya, cukup sederhana dengan kolom text berada dibawah history chat kita. Di sebelah kolom text terdapat dua icon, yaitu icon suara untuk Voice Messaging dan icon + untuk membuka opsi tambahan yang berisi pilihan untuk menambahkan emoticon, mengirim gambar, mengirim video, mengirim informasi lokasi kita, memberi rekomendasi teman kepada lawan chat kita, fitur video call, dan tambahan aplikasi lainnya yang kini masih dalam pengembangan. Untuk background chat pun bisa kita ganti sesuai dengan keinginan kita. Dan tidak lupa juga, fitur Broadcast Message pun ikut disematkan di dalam aplikasi WeChat ini.
2. Group Chat Sebagaimana aplikasi chatting lainnya. fitur Group Chat juga tidak lupa dihadirkan oleh WeChat, yang mana kita bisa membuat Group bersama baik teman-teman atau relasi kerja kita. Untuk membuatnya pun sangat mudah, cukup dengan memilih beberapa contact untuk membentuk sebuah group, yang nantinya juga masih bisa kita ubah jumlah anggotanya jika diperlukan. Group Chat ini akan sangat berguna untuk yang suka ngobrol bersama teman-temannya maupun yang suka berjualan online. Background chat pada Group Chat pun bisa kita atur sesuai dengan keinginan kita agar menjadi lebih menarik.
3. Voice Messaging Penggunaan Voice Messaging pada WeChat tergolong sangat mudah dan cukup sederhana. Kita cukup menekan tombol “Hold to Talk” untuk merekam suara kita, dan melepasnya untuk mengirimnya kepada teman chat kita. Sedangkan untuk membatalkan rekaman yang kita buat, cukup dengan menggerakan jari kita yang sebelumnya berada pada tombol “Hold to Talk” ke logo X. Fitur ini juga bisa digunakan pada Group Chat.
4. Video Call Salah satu fitur unggulan yang ada pada WeChat adalah Fitur Video Call ini. Dan dalam penggunaannya pun tergolong sangat sederhana, cukup dengan kita pilih fitur Video Call pada saat kita chat, dan jika lawan chat kita menerimanya maka kita akan bisa langsung bertatap muka dengannya melalui gadget kita. Hmm… sangat menarik bukan??
5. Emoticon Emoticon yang terdapat pada WeChat ini termasuk emoticon yang cukup unik karena berbeda dengan emoticon yang lain, dimana di dalamnya sudah terdapat banyak sekali pilihan emoticon, mulai dari emoticon default, emoji, custom emoticon dan emoji art. Emoticon default dan emoji disini sama seperti emoticon pada umumnya, berisi smiley dan icon-icon unik. Sedangkan custom emoticon berupa gambar animasi gif yang bisa bergerak, dimana kita juga bisa menambahkan sendiri custom emoticon gif tersebut, menarik bukan?. Selain bisa menambahkan sendiri custom emoticon tersebut, kita juga dapat menyimpan custom emoticon yang kita dapatkan dari orang lain, untuk menambah koleksi custom emoticon kita. Dan yang terakhir, emoji art adalah kumpulan emoticon atau emoji yang dibentuk menjadi sebuah gambar. Selain itu kita juga bisa download berbagai special emoticons seru dari WeChat. Dijamin chat menjadi lebih seru dan menyenangkan. masih belum tertarik :)
6. Add Friends Untuk bisa menambahkan teman atau kontak pada WeChat, kita diperkenalkan dengan berbagai macam fitur yang menarik. Beberapa fitur tersebut adalah Look Around, Shake, dan Drift Bottle,
Look Around adalah sebuah fitur pencarian teman dengan memanfaatkan informasi lokasi dengan menggunakan GPS, dimana nantinya akan muncul sebuah list berupa orang-orang pengguna WeChat yang ada disekitar kita. Shake adalah fitur untuk menambah teman dengan cara menggoyangkan gadget atau handphone kita, dimana nantinya akan muncul list yang berisi orang-orang yang juga menggoyangkan gadgetnya pada saat yang sama dengan kita. Hi… hi… Asyik ya Drift Bottle ini adalah yang terunik, karena kita bisa menambahkan teman dengan cara mengambil (Pick) botol yang berisi pesan dari orang yang menghanyutkan botol tersebut. Kitapun bisa ikut menghanyutkan (Trow) botol berisi sebuah pesan untuk mendapatkan teman secara acak. Pesan yang terdapat dalam botol bisa berupa sebuah tulisan atau berupa suara (voice note). Tapi belum tentu kita selalu bisa mendapatkan botol lho, karena kalau yang muncul adalah sebuah bintang laut, maka kita harus membuangnya kembali. Untuk background pantai pada Drift Bottle ini pun bisa berubah-ubah siang atau malam, menyesuaikan waktu pada gadget kita.
Wow keren ya…. Selain fitur-fitur unik diatas, masih ada lagi cara menambah kontak yang mudah dan simple, yaitu dengan mencarinya melalui daftar contact di gadget kita, scan QR Code milik orang lain, melalui pencarian ID WeChat, dan dari daftar teman facebook kita lewat fitur Facebook Connect. Serunya lagi, QR Code kita pun bisa kita pilih stylenya sesuai keinginan kita,
7. Moments Moments yang ada disini merupakan timeline yang bisa kita isi dengan momen-momen yang menarik disekitar kita yang bisa berupa foto atau kata-kata. Dan tidak hanya itu saja, kita juga bisa membagi postingan momen tersebut di akun twitter dan facebook kita. Fitur moments inilah yang membedakan WeChat dengan yang lainnya. Selain mengisinya dengan foto dan kata-kata, kita juga dapat memberi komentar terhadap foto-foto tersebut. Dan kita bisa juga menghias profile timeline kita dengan sebuah Album Cover, mirip dengan cover profile yang ada pada facebook.
8. Web Grab ini merupakan fitur baru yang ada pada WeChat. Fitur ini digunakan untuk mengirim sebuah halaman website langsung ke ponsel kita dari sebuah browser di PC. Caranya cukup mudah, yaitu dengan menginstall plug-in web grab pada browser di PC kita yang dapat diunduh di http://www.wechatapp.com/shake terlebih dahulu, kemudian kita aktifkan fitur Web Grab tersebut pada sebuah website dan cukup kita gunakan fitur shake di ponsel kita untuk mendapatkan halaman website tersebut. Kita pun juga bisa membagi website hasil Web Grab tersebut ke teman-teman kita. Fitur ini sangat inovatif, memudahkan pengguna agar tidak perlu melakukan bookmark berkali-kali terhadap sebuah halaman website yang sama di PC dan ponsel kita. Lupakan juga segala keribetan copy paste alamat website untuk dibagikan ke teman kita. Karena cukup dengan satu langkah sederhana, kita bisa mendapatkan sebuah halaman website di PC dan ponsel kita secara bersamaan, dan juga membagikannya ke teman-teman kita.
Wow banyak sekali ya kelebihan dari aplikasi WeChat ini. Dengan segudang fitur menarik seperti diatas, sudah sepantasnya jika WeChat ini kita sebut sebagai aplikasi chat dengan fitur yang paling lengkap. Dan yakin tidak hanya sampai disitu saja fitur-fitur menarik yang ada pada WeChat, pasti nantinya pun akan ditambahkan berbagai fitur menarik lainnya. Meski banyak aplikasi lain yang mulai meniru fitur menarik dari WeChat, namun tingkat kepopulerannya masih jauh dibawah WeChat. Berikut kira-kira perbandingan jumlah pengguna WeChat dibanding aplikasi chat lintas platform lainnya di seluruh dunia pada bulan september 2012

21 comments:

  1. yah.. berhubbung hp saya nokia jadul, jadi saya punya nya akun skype atau ym, mba., nda punya we chat.,
    kalau mau hubungi yah.,

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehehehe,,,,,,
      boleh jga tu skypenya,,,
      hp jdul mah g bsa wt skype,ym,,,

      Delete
    2. ok mba., nih.,
      herivokevin@gmail.com skype.,
      ym orang hpku ajah nokia 2600.,

      Delete
  2. waah.... ternyata banyak sekali program yang mempermudah orang-orang utk berkomunikasi. sayang yah kalau tidak dimanfaatkan ^__^

    ReplyDelete
    Replies
    1. banyaknya aplikasi sosial bak jamur di musim hujan,,,,,,,
      makasih liyan dah berkunjung,,,

      salam kenal dariku

      Delete
  3. Replies
    1. kurang lebih begitu,,,,
      menurutku wechatt unik,,, menggabungkan byk aplikasi,,,, :-)

      Delete
  4. thanks yaa . . infonya. kunjungi juga jahetbungas.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. trimakasih dah berkunjung
      ok,,,langsung ke TKP

      Delete
  5. Ihirrrr
    Asekkk dahhhh...
    Low hubungi q lewat whatsapp

    ReplyDelete
    Replies
    1. lah,,,,, kan whattapku lagi rehat,,,,
      makasih dah sudi koment,,,,,,

      Delete
  6. Replies
    1. coba download aplikasinya dulu sOb
      spa thu bisa,,,,,,

      Delete
  7. mbak skypenya apa sama id we chatnya juga ea....tq

    ReplyDelete
  8. Klo menurut ku sih WE Chat ribet. enakan pke BBM aja lbh simple :p

    ReplyDelete
  9. mantap mbaa..
    comment back yah di www.herbalarjawinangun.com

    ReplyDelete
  10. sekarang memang banyak pengguna whechat

    ReplyDelete

Post Top Ad

Your Ad Spot

Pages