Breaking News
Loading...
Wednesday, September 4, 2013

Cara Menikmati "ONIGIRI"

2:27 AM
Assalamu'alaikum Wr. Wb
Selamat siang sobat dumay dimanapun berada,,,, semoga senantiasa kita dalam lindunganNYA, amin,,,,,,
Ada yang sudah merasa lapar gak? maya mau ajak sobat dumay makan bareng, segelas kopi dan sebungkus FAN TUAN (bahasa mandarin) isinya ikan salmond beli di 7-ELEVEN, hehehehehe,,,,
langsung saja,dech gak pakai basa basi,
Kali ini maya mau berbagi sedikit cerita tentang FAN TUAN,nasi kepal atau lebih kerennya disebut ONIGIRI, sobat dumay tahu dan kenal kan apa itu ONIGIRI? Kalau belum tahu dan belum kenal, simak baik-baik ya, maya beritahu hehehehehe,,,,,, bercanda,,,,,,
ONIGIRI itu terbuat dari nasi yang di kepal-kepal, di bentuk segitiga dan di bungkus dengan NORI (rumput laut berbentuk lembaran)  dalamnya diisi dengan daging, ikan, sayuran, telur dan sejenisnya (pada umumnya).
Ternyata tu makan ONIGIRI aja ada aturannya, gimana gak ada aturannya sobat dumay, waktu pertama kali makan ONIGIRI, maya gak ikut aturan, jadi gak karuan, repot sendiri,,,,karena banyak bungkusnya antara nasi kepal dan NORI,hahahahahaha,,,,, maklum wong ndeso,kayak makan arem-arem/lemper yang di bungkus pakai daun pisang, tinggal dibuka trus dimakan.
Coba dech sobat dumay perhatikan foto ONIGIRI dibawah ini,
bungkus luarnya setiap sudut ada no 1,2 dan 3, no dipasang disitu karena ada maksudnya lho, intinya kalau gak ikut aturannya bakal celaka,  hancur, bakalan kehilangan NORI pembungkus nasi kepalnya.
Seandainya pun masih bisa dipungut NORInya, mesti masing-masing sendiri dan kelamaan buat ngebenerin ONOGIRI yang utuh.
Perhatikan cara membuka pada gambar di bungkusan paling luar ni,,,, hehehehehe
Jadi, pertama2 buka bungkus yang no1 dirobek dari atas kebawah
No 2 ditarik bungkusnya ke kanan
bisa dimakan dech,
Kenapa kok dibungkus berlapis-lapis ya? Biar norinya terasa fresh dan kriuk-kriuk pas dimakan, kalau nori langsung di bungkus ke nasinya dan di diamib lama (gak langsung dimakan) norinya bakalan ames alias melempem atau lembek, karena nasi kan ada kandungan airnya, maka dari itu norinya diselipin di antara 2 plastik, bagian terdalam nasi kepal (yang sudah ada isiannya), trus plastik, trus nori, dan yang terakhir plastik pembungkus paling luar.
Cuma mau makan ONIGIRI aja ribet banget ya,,,? hehhehehe,,,,,

123 komentar:

  1. wach namanya sih masih asing gan ANIGIRI mungkin karena ngk dha di kampung hehehehe artikel bagus gan.. :)

    ReplyDelete
  2. aduh . . gak pernah nyoba tuh . kayaknya enak . . :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau ketemu di coba ya kak

      Delete
    2. Sama nih aku gak pernah nyoba makanan seperti ini. Lebih enak tempe... hehe

      Delete
  3. Wah bikin ngiler ni pic nya hehehe :D. nice share (y)

    ReplyDelete
  4. wiihh enak bangettttt kayaknya..followbak ya blog saya

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih dah mw gabung,,,,
      siap k TKP

      Delete
  5. ane kira langsung dimakan..maklum,ane juga gk pernah makan onigiri..hehe ribet

    ReplyDelete
    Replies
    1. bungkusnya berlapis" kak,,,,
      lw g ikut petunjuk bisa repot sendiri

      Delete
  6. kirain wonogiri, kan jelas rasanya buat lidah saya, hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. wonogiri kan nama kota kak zach? masak mw dmkan?

      Delete
    2. aslinya dari wonogiri mungkin mas :D

      Delete
  7. hehehe artikel baru ni kak yea,,
    emmm
    kak pingin coba kayaknya nii :)
    enak dak kak ?? :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. lumayan enak kak,,,
      lw ketemu di coba ya

      Delete
  8. Ini lempernya orang jepang ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kak,,, tapi sekarang dah menyebar ke taiwan,hongkong,dataran china,,, lw di indonesia sudah ada belum ya?

      Delete
  9. hahahaha.. jujur saja saya baru tau sob.. ONIGIRI keren ya sob namanya..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya sOb,,,,,sejenis lemper/arem" lau bahasa jawanya

      Delete
  10. hmmmmm..... gak ngerti cara makan begituan hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama kak,,,,
      pertama kali jga g ngerti,,,heheh

      Delete
  11. Haha ONIGIRI bikin NGIRI .. :D

    Follow sukses mba ... :D Follow Back yah ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. ok kak,,,,makasih dah mau gabung,,,,

      Delete
  12. wah begitu toh ...hehehehe :D bikin ngiler aja

    ReplyDelete
  13. Replies
    1. mungkin masih saudara kak,,,
      arem"/lemper lebih tepatnya
      lw lontong kan tanpa isi

      Delete
    2. lontong tuh tanpa isi ya..
      saya kira lontong tuh isi nasi..hoho

      Delete
    3. kak @ksetiawan,,, bener ,,, cuma maya salah nulis,,, lontong isi nasi,,,kalau arem",,, nasi juga,tapi dalamnya masih ada isi lagi kayak daging,tahu dll,,, kalau lemper,,beras ketan dalamnya ada isi abon

      Delete
  14. wew, mo nyoba tp belom niat neh, wkakakakak

    ReplyDelete
    Replies
    1. lw ada niat d coba ya kak,,,,
      penunda lapar,,,,hehehe

      Delete
  15. hahaha.....saya sependapat dg mas budi, seperti lontong yah. tp sepertinya enak banget tuh

    ReplyDelete
  16. mama mama...pengen onigirrrri, jadi inget film sinchan hehehe...
    mendingan lontong aza deh...praktizzz ya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. kak weweng suka nonton sinchan juga ya? hehehe

      Delete
  17. Saya juga suka Onigiri Dik Maya :) memang kalau tidak pernah makan onigiri, gak bisa bukanya dan dikira norinya itu bungkusnya lalu dibuang. Padahal norinya itu yang gurih hehehe :(pengalaman pribadi)

    ReplyDelete
    Replies
    1. kak boku,,,kalau maya ptama kali g ngerti cara bukanya,,,, jdinya repot sndiri

      Delete
  18. trmksih banyak sobat infonya sangat membantu sekali

    ReplyDelete
  19. Wah siang-siang menjelang sore begini pas banget kalau nyantap makanan seperti di atas ya.. Menggugah selera banget nih!

    ReplyDelete
    Replies
    1. ngebayangin ya kak awi?
      palagi kopinya,,,,,

      Delete
  20. itu sekali makan langsung kenyang apa masih nambah lagi mbak? nilai gizinya gimana dong ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kenyang banget mas Agus hehe,,,ini termasuk empat sehat lima sempurna Mas hehe,,

      Delete
    2. oh berarti memang standartnya lima entong nasi di indonesia ya kang dede

      Delete
    3. kak agus,,,,kenyang tpi g pke banget,,, kalau saya pribadi penunda lapar,,,tp kalau wt menu sarapan pagi,,,kenyang kok

      kak dede,,,,betul banget,,,nilai gizi memenuhi

      Delete
  21. sepertinya ga cocok sama lidah aku . hahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. mb iin,,,sudah terbiasa dengan masakan indonesia

      Delete
  22. Onigiri, wah saya malah baru denger namanya, bentuknya juga baru liat disini hehe....nais inpoh nih, makasih yah

    ReplyDelete
  23. belum pernah makan dan kalaupun makan 1 kurang kenyang hehee

    ReplyDelete
    Replies
    1. herman,,,, iya,,,sama
      tpu lw sarapan ckup kenyang kok

      Delete
  24. infonya detail banget D,tapi bagus juga buat yang belum pernah makan nasi bungkus dari Jepang haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kak dede,,,asal jepang,,,sekarang dah menyebar ke taiwan,korea,hongkong,dataran cina,,,
      di indo dah ad blum ya kak?

      Delete
    2. saya memang belum pernah coba, kalau dikasih mau deh
      jangan lupa kirim yah..hehe
      terima kasih sebelumnya

      Delete
  25. Wahh... makanan dr jepang ternyata, pantes dr tadi bingung, ini apaan...

    ReplyDelete
  26. Mirip lemper ya... kalo aku suka nori nya .. rasanya gurih gimana gitu

    ReplyDelete
    Replies
    1. kak fb,,,kurang lebih sama,,, lemper,arem",,,cuma penyajiannya beda

      Delete
  27. Produk siap saji menjadi kebutuhan di era modern ini. Mudah didapat dan siap dikonsumsi. Tentu pengalaman yang menarik ketika pertama kali mengkonsumsinya. Salam cemerlang. Sukses selalu. Selamat beraktifitas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kak herdoni,,, betul banget,,, zaman sekarang serba siap saji,,maw yg cpet ,g mw pda repot,,
      salam sukses jga

      Delete
  28. semacam nasi kucing cuma pembungkuan dan pengemasannya lebih rapi dan ada style tersendiri...
    :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. kak dihas,,, iya,,,
      maya kangen banget,,,dah lama g makan nasi kucing

      Delete
  29. namanya aja aq baru dgr *smile
    tp kelihatannya enak nih.., penasaran pengen nyoba, kirim satu dunk heheh..

    ReplyDelete
    Replies
    1. kak rohis,,,,
      silahkan di cicipi
      dah maya sediakan di atas beserta kopinya
      hehehehehehe

      Delete
  30. Replies
    1. nurmayanti zain,,,yg keren apanya? hehehe

      Delete
  31. rasanya gmn ya mbak? saya belum pernah makan onigiri, gak ada di kampung hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. kak mangito ,,, kayak lemper/arem",,,, hehehehe

      Delete
  32. mau makan aja susah ya,...
    kalau saya gak sabar mungkin langsung saya belah...he he he

    ReplyDelete
    Replies
    1. kak 72,,,, udah aturannya gitu kak,,, lau g mw ikut,aturan ya repot sendiri,,,,,
      heehehehehe,,,,,
      pengalaman pribadi,,,ptma kali makan g bsa buka, mlah repot sndri,,, nori ma nasi terpisah,,,

      Delete
  33. Wah saya gak tau tuh makanan apa itu ??? biasa makan tempe tahu sih.. hehe salam kenal ya
    Nama : Heri Gipzy

    ReplyDelete
  34. Mending makan nasi timbel + tahu sumedang lebih ajip.
    dari pada dibela2in beli Nogiri :D (susah, belum tentu enak, hehe)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kak @jocker,,,, bener banget,,,, tp syang,,,timbel tahunya ja Lom msti bisa ktemu,,,,

      Delete
  35. makan lepet sama bala-bala juga enak hhe. ditunggu kunjungan, komentar dan follow baliknya :)

    ReplyDelete
  36. waduh ternyata ribet....belum paham cara bukanya hehe.... mendingan makan nasi timbel khas sunda deh hehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang g d bungkus jga ada,,, banyak jenis kok
      mau jga nasi timbelnya mang

      Delete
  37. jadi pengen neh apalagi musim hujan ..pasti lahap neh kriuk-kriuknya hehe

    ReplyDelete
  38. pamer lagi di Taiwan ya , hmmm ga enak itu , masih enak an lemper mendut atau klepon buatan sendiri dan kopinya masih manteban kopi lampung , hahaha

    ReplyDelete
  39. pengen banget .. apalgi aku suka hal2 yang brbau jepang
    syang,, daerahku ga ad mkanan ky gtuan :'(

    ReplyDelete
    Replies
    1. browsing n nyoba sendiri kak,,,,
      cari bahan yang mudah d dapat d sekeliling kita

      Delete
  40. harganya berapa ya ? jadi ngiler. Ada cara tersendiri ternyata memakan onigiri.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kak bumi,,,, harga bervariasi,, mulai dari 25NTD (kurs taiwan) - 30NTD atau setara dengan 7500/bungkus

      Delete
  41. followback sukses nihh sobat.. terimakasih kerja samanya..?

    ReplyDelete
  42. Pake bahan pengawet berbahaya untuk di konsumsi gak nih?

    ReplyDelete
  43. pernah makan onigiri pas ada festival jepang-jepangan di kampus. Untungnya tuh onigiri bungkusnya nggak seribet onigiri 7-11 di atas.
    :D

    ReplyDelete
  44. kunjungan mlm skalian mau cari yang baru sob hehehe

    ReplyDelete
  45. dulu almarhum ibu saya sering membuat nasi kepal, yang dibalut telur dan tepung, kemudian dibungkus daun ubi lalu dikukus... , isi dalam nasinya ada irisan telur dan daging ..rasanya juga maknyos :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama kak,,,, cuma penyajiannya beda,,,
      sekarang buat sendiri ya?

      Delete
  46. wah saya baru tahu tentang makanan ini
    terima kasih informasinya
    numpang follow 28 sobat

    ReplyDelete
  47. kunjungan lagi di pagi hari nih sobat.. cuma mo ngasih tau saja.. kalau bisa profil google plus nya di kasih tautan?link menuju blog ini.. biar semua sahabat blogger nggak bingung membalas kunjungan sobat..

    ReplyDelete
  48. makan lontong baru gak ribet.. hehehe
    Thanks infonya, aku belum pernah coba yang begituan ternyata ribet juga ya.. ***

    ReplyDelete
  49. .. mau makan ribet amat ya?!? he..86x. tapi itu ada rumput lautnya ya?!? gak doyan aq. cz aq pernah dapet oleh^ dr Jepang gitu, rasanya rada amis gitu. huhh ..

    ReplyDelete
  50. Onigiri, namanya kok masih asing ditelingaku ya, ....kalau soal nasi kepal justru aku sudah pernah dengar, tapi belum pernah nyoba, hehe!

    ReplyDelete
  51. belum pnah nyoba :P
    soalya seuprit doank sih
    mending juga makan lalapan ayam :P
    btw thanks for follow yah :))
    salam kenal :))

    ReplyDelete
  52. saya perna liat tapi nggak perna makan..xixixi

    *sayang komentarnya dikasih capcay, kalau mau komen jadi ribet. soalnya kalau pakai HP susah komenya..hohoho

    ReplyDelete
  53. baru denger namanya, tapi kok mirip.

    ReplyDelete
  54. cara makannya saja ribet apalagi buatnya ya mbak, pasti lebih ribet lagi

    ReplyDelete
  55. Wah nambah satu lagi nih ilmunya.. INOGIRI... thanks dah share...

    ReplyDelete
  56. Banyak aturannya ya, makaan aja kok repot

    ReplyDelete
  57. onigiri ini seh kesukaan ponakan sy, tinggal nasi dikepal kuat2, jadi deh onigiri tanpa isi. he

    ReplyDelete
  58. saya kurang suka yang beginian mba...:D

    ReplyDelete
  59. lidah saya gak cocok kali makan beginian,biasanya makan di warteg hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. sekali-kali nyoba ginian sOb

      Delete
    2. yah kapan-kapan lah..kalo ada yang traktir ..:D

      Delete
  60. sama sushi enak mana sob? kalau sushi udah pernah, tapi kalo onigiri di Semarang masih jarang, jadi pengen nyoba :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. kurang lebih sama,,,, kan masih sodaraan, ,
      hehejeheh

      Delete
  61. Gan Maya, saya lebih suka masakan indonesia lebih enak.
    Salam Jajal SEO

    ReplyDelete
  62. wahh enk skli kliatannya, klo ga salah itu di bungkus pke rumput laut ya,

    thanks telah mengunjungi blog saya walau tidak meninggalkan komentar sih :)

    blog.l-shaf.web.id

    ReplyDelete
  63. di tempat saya belum ada nie, gak tau juga di Mall favorit saya ada apa enggk.. :(

    jadi pengen coba, biar gak kelihatan Kudet :)

    http://danforblogg.blogspot.com/

    ReplyDelete
  64. wah saya belum pernah merasakannya nih...:)

    ReplyDelete
  65. Wah saya baru dengan makanan dan minuman seperti itu mbak. Hhehehe maklum belum pernah singgah di luar negeri :D Tapi kalau dilihat dari gambarnya diatas, sepertinya enak ya mbak :)

    ReplyDelete
  66. jngan kan dinikmati..onigiri aja gk ada tuh djual tmpat ane :'(

    ReplyDelete
  67. Onigiri itu makanan berupa nasi dikepal-kepal dari Wonogiri yah?

    ReplyDelete
  68. jadi lapar kalo di lihat-lihat
    :d

    ReplyDelete

 
Toggle Footer