Breaking News
Loading...
Tuesday, July 30, 2013

Manfaat Daun Meniran untuk kesehatan

8:23 PM

Sobat DuniaMaya Nama ilmiah meniran adalah Phyllanthus urinaria Linn.

Meniran sudah terbukti secara ilmiah, ampuh, untuk meningkatkan daya tahan tubuh selain untuk mengobati penyakit hepatitis, gangguan saluran pernafsan, kencing manis, penyakit kuning maupun kencing manis.

Meniran yang baik untuk dijadikan obat adalah meniran herbal segar atau dengan kata lain cara mengeringkannya dengan cara diangin-anginkan. Yang digunakan untuk obat bukan batangnya, melainkan daunnya, perlu diketahui.

langsung saja, berikut ini resep meniran untuk dijadikan obat
Ramuan 1, untuk badan bengkak akibat radang ginjal.
Cara pemakaian,
Cuci bersih 50 gram meniran segar.
Rebus ke dalam 3 gelas air sisakan setengahnya.
Setelah dingin, saring dan diminum setengah gelas 3x sehari.

Ramuan 2, untuk saluran kencing yang ada batunya.
Cara pemakaian,
Cuci bersih 30 gram meniran, ditambah daun sendok dan tempuyung.
Rebus dengan 4 gelas air hingga tersisa setengahnya.
Setelah dingin, minum 1 gelas 2x sehari. 

Ramuan 3, untuk nyeri waktu kencing.
Cara pemakaian:
Cuci 30 gram meniran dan daun kumis kucing.
Rebus 3 gelas air dan sisakan setengahnya.
Diminum 3x sehari setengah gelas.

Ramuan 4, untuk disentri.
Cara pemakaian,
Cuci 30-60 gram meniran.
Rebus dengan 3 gelas air dan sisakan hingga hanya 1 gelas.
Setelah dingin, disaring dan diminum sekaligus saat itu juga.

Ramuan 5, Untuk hipatitis.
Caranya sama denan ramun 4, untuk obat disentri.

Ramuan 6, untuk rabun senja.
Cuci 15-30 gram meniran.
Lalu ditim dengan 2 potong ati ayam.
Setelah dingin minum airnya dan makan hati ayamnya.

Ramuan 7, Obat rematik.
Sediakan 1 sendok makan daun meniran dan 7 lembar daun kumis kucing.
Cuci sampai bersih.
Rebus dengan 1 gelas air hingga sisa setengahnya.
Setelah dingin diminum sekaligus.

sumber 

26 komentar:

  1. Kerennn Infonya sangat Bermanfaat Gann *Smile

    ReplyDelete
  2. Berguna bgt nih mbak utk infonya.. :)

    Makin keren aja nih tampilannya :)

    ReplyDelete
  3. Ternyata banyak juga ya manfaat daun meniran. Bisa digunakan untuk mengobati beragam penyakit. Tentu, dengan cara tradisional dan pastinya tidak memerlukan biaya yang mahal. Informasi yang menarik kawan. Thanks ya sudah sharing :)
    Oh iya, saya sudah follow blog nya, di tunggu follow back nya ya ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. trimakasih dah mau gabung mb eka,,,,,

      Delete
  4. Waduh, padahal biasanya kalau lihat daun model di atas (baru tahu namanya meniran) Ishma canbutin terus main masak-amaskan :D

    ReplyDelete
  5. oh ini namanya meniran ya, selalu tak cabuti soale kayak rumput, ternyata berfungsi untuk ginjal juga

    ReplyDelete
  6. Kalau soal kesehatan, kayaknya Mbak Maya jago banget ^^
    Jadi pengen berguru dech dengan Mbak Maya ^^

    ReplyDelete
  7. namanya meniran ya..?
    baru tahu namanya padahal banyak tuh di hutan
    kirain rumput biasa yang tiada guna
    eh makanan kancil ding

    ReplyDelete
  8. Tidak bisa untuk genmukin badan ya? Hehehe

    ReplyDelete
  9. Ditempat saya banyak tumbuhan alami seperti ini tapi saya lupa namanya kalau disini meniran ya.Banyak manfaat kesehatan dari tumbuhan alami yang satu ini buat kesehatan.

    ReplyDelete
  10. Bentuk daunnya hampir mirip dengan lamtoro atau mlanding kayaknya, Mbak....oh ya Meniran ini sebangsa rumput atau perdu, Mbak?

    ReplyDelete
  11. itu daun apa si mba ?? kaya sering ihat kalo di kampung.. yang asem gitu bukan rasanya..

    ReplyDelete
  12. di sini banyak pohon meniran tumbuh liar :D

    ReplyDelete
  13. wah baru tau mbak kalo ini bermanfaat soale biasanya tak cabuti di pekarangan rumah saya :D

    btw rumahnya baru lagi nih :D keren2

    ReplyDelete
  14. saya malah gak tau tumbuhan apa ini ... hahaha tau-tau dari sini ...

    ReplyDelete
  15. saya kira daun ini cuma daun biasa ternyata banyak manfaatnya yah mbak Maya, makasih infonya :)

    ReplyDelete
  16. kayak daun lamtoro, rada - rada mirip atau memang masih satu family

    ReplyDelete
  17. mirip daun bunga putri malu.., thx infox ya.. *smile

    ReplyDelete
  18. subhanalloh, banyak banget ya manfaat daun meniran, padahal di sini dijadikan semak, dicabuti dan dibuang begitu saja, di kampung malah dijadikan tanaman pengganggu kebun jagung atau kebun kedelai...

    ReplyDelete
  19. cantik banget daunya mbak, bermanfaat dah :)

    ReplyDelete
  20. Bagi2 info, yang belum tau jadi tau, sudah dikasih tau pun gak tau juga, emang disini ga ada pohonya, hee..

    ReplyDelete
  21. wah daun meniran bisa juga buat obat rematik yah, makasih infonya :)

    ReplyDelete

 
Toggle Footer