Breaking News
Loading...
Wednesday, August 21, 2013

HINDARI MINUM AIR PUTIH SEBELUM MAKAN

5:07 PM

dunia maya - Mengapa MENGHINDARI MINUM AIR PUTIH SEBELUM MAKAN??

Tanpa kita sadari maupun tidak kita sadari dan sudah kebiasaan dari kita yaitu minum air putih sebelum makan, minum air putih terlalu banyak tepat sebelum makan biasanya untuk mengurangi porsi makan berlebihan. Memang, dengan minum air saat sebelum makan membuat kita kehilangan nafsu makan karena lambung menjadi penuh.

Menurut Profesor Hiromi Shinya MD, pakar enzim yang juga guru besar kedokteran di Albert Einstein College of Medicine AS, seperti dikutip dari karangannya, ‘The Miracle of Enzyme’, menyarankan agar minum air putih dilakukan 1 jam sebelum waktu makan. Karena air yang kita minum butuh waktu 30 menit mengalir dari lambung menuju usus. Tapi jika harus minum air saat sebelum makan, belum sempat air menuju usus sudah ditambah dengan makanan, air akan mengencerkan enzim-enzim pencernaan dalam lambung kita sehingga pencernaan dan penyerapan makanan menjadi lebih sulit.

Mari kita hindari bersama kebiasaan minum air putih saat sebelum makan, dan mulai membiasakan minum air putih 1jam atau 30 menit sebelum makan. Semoga bermanfaat.

(liputan6.com)

59 komentar:

  1. Kl sekedar untuk membasahi tenggorokan, gimana? biar gak seret... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. tenggorokannya kok d basmi? knpa mas pri?

      Delete
    2. Basahi, May... knp malah basmi???

      Delete
    3. Hahahhaha hiehiehiehiee wekekkekekekee
      Info bermanfaat sekali nih.
      Selama ini saya kadang diselingi minum air putih disela sela makan. Hmmmmm

      Delete
    4. hehehe, dibasahi mbak may bukan dibasmi :D

      Delete
    5. hehe... adminnya baru bangun tidur jadi salah baca :)

      Delete
    6. wkwkwkwkwkwkwkwkwkwk,,,,,
      maaf salah baca,,,,
      ol pake hape,,,, ternyata d basahi,,,,


      *ngakak sendirian,,,,

      Delete
    7. pengen duduk diatas ah...biar tidak kehausan.

      Delete
  2. Waduh?? Ane baru tau tuh... Bener tuh kata yg di atas ane, kalo minum dikit doang biar gk seret, gimana ya??

    ReplyDelete
    Replies
    1. kira" gimana ya?
      mari kita cari tahu sama"

      Delete
    2. kalau minum air sedikit sebelum makan boleh-boleh aja kok, yang nggak boleh itu kalau terlalu banyak minum air putih sebelum makan :)

      Delete
    3. contohnya:
      makan sambil menyelam itu tidak boleh, ntar perutnya kebanjiran

      Delete
    4. siapa emang yang bisa makan sambil menyelam hehe...

      Delete
  3. sebenarnya yang diriset oleh Profesor Hiromi Shinya MD sudah diterapkan dan diajarkan oleh Rosulullah. Buku Profesor Hiromi, The Miracle of Enzym pun isinya tak jauh beda dengan kaidah dan tatacara makan dan minum yang terdapat dalam hadits Rosulullah...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mb,,,, udah bca bkunya ya?
      hanya saja kebiasaan kita,,, terutama saya pribadi,,, minum banyak sblm mkan
      hehehe

      Delete
    2. belom makan udah kenyang duluan. wah punya istri ginian irit gk usah beli beras banyak. cukup di banyakin aja airnya tapi air Hujan hahahha...?

      Delete
  4. pantesan kalau mau makan lalu minum air putih terlebih dahulu,,,perut rasanya kenyang duluan.. :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sy juga pernah ngalamin bang :)

      Delete
    2. udah kebiasaan kali yah, saya juga sebelumnya gitu hehe...

      Delete
    3. jadi intinya semua sudah ngalamin yah hehe...

      Delete
  5. Sy jd tau sekrng... info yg bermanfaat mbak :)

    ReplyDelete
  6. Saya biasanya habis bangun tidur di pagi hari langsung minum segelas air putih. Kemudian sebelum berangkat kerja saya sempatkan untuk sarapan pagi. Info yang menarik dan penting untuk kita ketahui. Berarti saya harus memberi jeda waktu yang cukup antara 30 menit sampai 1 jam antara minum air putih dengan makan. Terima kasih sharingnya. Salam cemerlang buat MayaKayla !

    ReplyDelete
  7. Iya benar sekali bahwa minum air sebelum makan, menjadikan nafsu makan kita berkurang karena kita sudah kenyang duluan. Terimakasih banyak atas informasinya. Dapat menambah wawasan dan pengetahuan kita semua :)

    ReplyDelete
  8. ternyata ada juga efek buruk minum air putih, aku baru tahu mbak

    ReplyDelete
  9. gitu ya..., mgkn bg yg diet cz takut makanx kebanyakan ada baikx minum air saat sebelum makan cz membuat kita kehilangan nafsu makan karena lambung menjadi penuh.., jd porsi makanx jd berkurang... *smile

    makasih...

    ReplyDelete
  10. Hmmmmm... sy malah sering minum dulu sebelum makan, tapi cuman dikit, biar kerongkongan basah..

    ReplyDelete
  11. Waduh?? Ane baru tau tuh... Bener tuh kata yg di atas ane, kalo minum dikit doang biar gk seret, gimana ya??

    ReplyDelete
  12. Heloh, biasanya saya malah banyak minum sebelum makan. Apalagi kalo makan diwarung yang lama banget pelayanannya.

    ReplyDelete
  13. kalo minum kopi sebelum makan gimana mbak?kan item tuh gak putih.. apa malah lebih buruk

    ReplyDelete
  14. Saya juga sebelumnya suka minum air putih segelas sebelum makan, dan betul juga nafsu makan jadi hilang karena perut udah kenyang oleh air hehe...

    ReplyDelete
  15. artikel yang bermanfaat.... salam kenal gan

    ReplyDelete
  16. Betul sekali mbak, saya tahu hal ini dari guru biologi ane waktu SMA. Tapi kalau tersedak/tercekik pas makan jangan ragu-ragu untuk segera minum air putih ntar keburu mati lho, hehehe

    ReplyDelete
  17. yupz betul banget tuh, memang bahaya kalo minum air putih sebelum makan kecuali jika memang benar-benar merasa haus. ^_^

    ReplyDelete
  18. Patut dicoba.... saya kalau minum setelah makan beberapa menit. Jadinya nanti kita gak minum2., irit air #Ehh, berasa di padang pasir ^^

    ReplyDelete
  19. sip deh mbak may.. saya juga pernah dengerin penjelasan dokter via radio tentang ini.. memang kita di haruska minum air putih sebelum makan.. tapi buka pas mau makan terus minum dulu.. namun 1 atau 30mnt sebelum makan... hehehhehe

    ReplyDelete
  20. Minum air putih sebaiknya sesudah makan ... :D

    ReplyDelete
  21. aku ga pernah minum air putih kalo makan
    kalo air bening sih selalu...

    ReplyDelete
  22. Ini persoalan kecil dan selalu saya lakukan tanpa mengetahui efek sampingnya.
    Sekarang dah tau -_- encer dah enzim-enzimku ini.

    ReplyDelete
  23. Wah justru saya banyak minum air tu, bahkan lebih banyak minumnya dari pada makannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah hebat mas Djangkaru, mantap hehe...:)

      Delete
  24. semua ada aturannya yah, mau makan dan minum juga ada aturannya semua udah pasti untuk kebaikan kita juga hehe...

    ReplyDelete
  25. oo begitu tohh.
    sy biasanya minum nya dikit aja pas sebelum makan

    ReplyDelete
  26. setelah baca artikel ini saya jadi minumnya sedikit dulu sebelum makan, biar nggak kembung dan kenyang....

    ReplyDelete
  27. Oh gitu ya? Terimakasih informasinya mba :D
    nitip juga ya http://www.nulispost.com/2013/08/fakta-6-efek-negatif-jika-kurang-minum.html

    ReplyDelete
  28. Alhamdulillah aku nggak pernah minum sebelum makan maupun waktu lagi makan.
    Minumnya setelah makan baru enak ini perut. :D

    ReplyDelete
  29. saya biasanya minum setelah makan, atau pertengahan makan :D wkwk

    ReplyDelete
  30. hahahaha saya sudah berfikiran maca-macam ternyata ga boleh minum banyak2 sebelum makan :D

    ReplyDelete
  31. Pernah baca berita ini di suatu tempat.. memang kebanyakan air itu gak baik (terutama bagi orang yg lagi diet)

    ReplyDelete
  32. Wahhhh Kebiasaan ane malah suka minum Dulu baru makannn Hehe
    Nice Info dahhh gannn Infonya sangatt Bremanfaattt

    ReplyDelete
  33. oug gtu , biasanya aku kalo abis bngun tdr lngsung mnum air putih ..

    ReplyDelete

 
Toggle Footer