Breaking News
Loading...
Monday, August 12, 2013

Intip Proses Pembuatan Nasi Lemang

1:48 AM
dunia maya - Tahukah sobat tentang nasi lemang? pasti sudah tidak asing lagi bukan? nasi lemang merupakan makanan tradisonal masyarakat Minang/Melayu yang terbuat dari beras ketan dan dimasak di dalam bambu dan biasanya dimakan dengan rendang, nasi lemang menjadi pilihan menu favorit buka puasa pada bulan Ramadhan dan juga menu khas pada saat Lebaran. Walaupun bulan Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri baru saja kita lalui, apa salahnya kita mengetahui cara pembuatan nasi lemang.
Ternyata membuat nasi lemang itu tidak semudah seperti memasak nasi, perlu banyak yang harus disiapkan hingga nasi lemang ini matang siap saji, diantaranya menyiapkan bahan baku berupa tungku, bambu yang sudah dipotong dengan satu ruas dicuci bersih kemudian dalamnya dilapisi daun pisang, menyiapkan beras ketan, santan kelapa, dan sedikit garam. Cara pembuatanya juga memerlukan waktu ekstra. Pertamanya menyiapkan beras ketan di cuci dan di rendam terlebih dahulu dengan air bersih selama 5-6 jam, kemudian ditiriskan.
Setelah bahan-bahan siap, langkah selanjutnya yaitu memasukkan beras ketan secukupnya ke dalam bambu yang sudah disiapkan tadi, lalu masukan air santan yang sudah di campuri dengan garam.
Langkah terakhir yaitu dengan memasak, membakar, atau disebut dengan menyangai nasi lemang dengan api sedang selama 2 jam, sesekali bambu diputar agar nasi lemang matang merata dengan sempurna.
Sekian dulu pengetahuan saya tentang proses pembuatan nasi lemang, apabila ada yang kurang mohon koreksinya.

58 komentar:

  1. jadi mendadak lapar nih
    coz belum pernah coba.... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. lebaran kemarin saya makan lemang lho Mbak...teman saya masak. enak, dicampur gulai ayam...nyummy...hayo..kepengen kan?

      Delete
    2. ngiler mb ,,,,,
      kepengen ni,,,, tersampenya cuma bisa nyorat nyoret di sini,,,,
      huhuhu

      Delete
    3. Ihieihe. Datang lagi nih saya hiehiheihee.

      Saya sering ketukar antara Nasi Lemak dengan Nasi Lemang. Nasi lemak kan biasa dikonsumsi Malaysia ya.

      Semoga belum terlambat, Kami sekeluarga juga turut mengucapkan Selamat Iedul Fitri. 1 Syawal 1434 Hijriah, Minal Aidzin Walfaidzin. Mohon Maaf Lahir Dan Bathin

      Delete
    4. minal aiizdin walfa'izdin juga mas,,,
      maaf lahir batin
      selamat berlebaran ria,,,

      setahu saya 22nya di konsumsi,,,
      hanya beda rupa,,,
      kalau nasi lemak terbuat dari nasi yg d campur santan juga,dimasak biasa

      dan nasi lemang,,,masaknya dalam bambu seperti ada pada gambar

      Delete
  2. benar-benar proses perjalanan yang membutuhkan energi untuk membuat lemang, tentu hasilnya sebanding dengan proses pembuiatannya. Sayangnya saya belum pernah merasakannya

    ReplyDelete
  3. memang melelahkan sob, bikin nasi lemang tuh :D

    ReplyDelete
  4. Waw..!
    Tungkunya besar sekali ya..?
    Saya baru mendengar Nasi Lemang ini, maklum saya bukan orang Betawi.. Eh.. Salah! Minang maksud saya.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. nyobain juga mas,,,
      tidak kalah enaknya kok,,,
      pasti ketagihan nnti

      Delete
  5. Keluarga ku paling suka itu. Aku cuma mau kalau pakai gula merah. :D

    Mampir ya http://lintasgaul.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. belum pernah nyoba kalau pakai gula merah,,,,

      saya sukanya pakai rendang
      hehehe,,,,,

      siap meluncur

      Delete
  6. wah repot juga yah bikinnya, jadi pengen nyoba nih mbak hehe :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. silahkan mas,,,,
      kalau ketemu di coba ya

      Delete
    2. tapi yang jual di daerah tertentu aja kan mbak, nggak semua daerah jual, repot juga yah hehe...

      Delete
    3. malaysia,singapore banyak mas,,,
      jakarta pas ramadhan aja,,,

      kalau daerah yg lain saya kurang tahu
      hehehehe

      Delete
  7. Wa asyyiiiikk... Jujur lho ane baru denger tuh nasi Lemang, ternyata enaknya pake rendang ya... Jadi pengeeenn sooobb... Ane belum pernah nyoba, bikinin aku ya, hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. menurut selera pribadi masing" sob,,,, ada yang pake telur asin,,,
      itu sobat rian pakai gula merah,,,

      mari sob,,,, lagi di bakar nasi lemangnya tu

      Delete
    2. Wkwkwkwk... Udah mateng blon??

      Delete
    3. kebetulan pengunjunjung DUNIA MAYA lom pernah pada nyoba,,,

      mari d dunlut bareng"
      hehehehe

      Delete
  8. Wah oke nih infonya.. Dengan mengintip proses membuat nasi lemang kita jadi lebih tahu nih cara-cara pembuatanya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada waktu,,, cari resep buatnya n siap d praktekan ya mas

      Delete
  9. sapa bilang tak asing..?
    aku malah belum pernah kenalan tuh, hehe..
    bisa bikinnya, neng..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. insyaallah,,,bisa bantu bikin,,,
      cuma bantu ,,kalau bikin sendiri belum mantap

      Delete
  10. disini (makasssat) dibuat pake beras biasa gk pernah pake ketan, penasaran rasax kayak apa ya?? *smile

    ReplyDelete
    Replies
    1. pake bambu juga ya mas?
      makassar ada apa aja?
      burasak kah?

      Delete
  11. wow cara masaknya unik.
    selamat hari raya idul fitri. ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama" sob
      selamat lebaran
      minal aizdin walfa'izdin
      maaf lahir batin ya

      Delete
  12. sungguh menggoda selera, saya belum pernah merasakan sih.
    oh iya mohon maaf lahir dan batin ya mbak maya

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama" mas agus,,,,
      minal aizdin walfa'izdin,,,,

      Delete
  13. sy udah lama ga makan nasi lemang. :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama mas,,,
      saya lgi kepengen,,,
      makanya cuma bisa corat corer aja
      jehehehe

      Delete
  14. Hm kayak gimana ya rasanya nasi lemang, penasaran ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. yyyuuummmmyyyy,,,,,
      enyak,,,, mantab wes pokok e

      Delete
  15. Nasi Lemang ya, pernah liat beberapa kali di stasiun tv..
    gak tau deh rasanya kek gimana.. ^^'

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau ramadhan n idul fitri banyak mas,,,, hehehe

      Delete
  16. Jadi penasaran nih bagaimana ya rasanya? maklum, belum pernah nyobain. hehehe

    ReplyDelete
  17. wah banyak orang yang penasaran dengan rasanya, saya juga sama hehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehehehe,,,,,
      semuanya pada penasaran ya mas

      Delete
  18. nah ini sering saya liat di tivi tivi acara masak-masak, dan aslinya belum pernah lihat langsung ataupun mencicipinya. ernyata beneran lama ya masaknya.. 5-6 jam. Waduh... dan banyak komenar2 .. ternyata kebanyakan blogger belum pernah mencicipinya ya. hahahah

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya sob,,,,,
      di tivi sering mucul juga ya?

      Delete
  19. Nasi lemang pernah makan, kebetulan dibuatkan sama tetangga orang batak, Waktu itu bikin rame-rame dilapangan terbuka, dibuat dan dibakar di dalam bambu, aromanya wangi sekali, dan rasanya mantap banget.

    ReplyDelete
  20. Wah saya baru tahu mbak maya tentang nasi lemang. Ma kasih banyak ya sudah berbagi ilmu yang sangat bermanfaat tentang tata cara pembuatan nasi lemang :)

    ReplyDelete
  21. saya mahu dunk mb' nasinya, bawain ke tulungagung ckckckckck, jadi laper ini saya

    ReplyDelete
  22. Enak banget mbak, Jadi laper. :d cocok buat hari raya :D

    ReplyDelete

 
Toggle Footer