Breaking News
Loading...
Sunday, August 25, 2013

KHASIAT DAUN KATUK

9:05 PM
dunia maya-Daun katuk termasuk tanaman perdu, dan memiliki nama Latin Sauropus adrogynus (L) Merr, famili Euphorbiaceae. Ciri-ciri tanaman perdu ini mempunyai tinggi rata-rata 2-3 m dengan cabang-cabang agak lunak, daun tersusun selang-seling pada satu tangkai, berbentuk lonjong sampai bundar dengan panjang 2,5 cm, dan lebar 1,25-3 cm, dengan jumlah yang cukup banyak, memiliki buah yang kecil berwarna putih yang menempel pada cabang dan rantingnya. Habitatnya, tumbuh liar di hutan-hutan dan ladang. Bagian yang berkhasiat adalah daun dan akarnya.
Kandungan yang terdapat pada daun katuk:
~ Vitamin A yang terkandung dalam katuk dipercaya membantu mencegah gangguan mata, membantu pertumbuhan sel, sistem kekebalan tubuh, reproduksi, serta menjaga kesehatan kulit.
~ Kalsium yang terkandung dalam katuk bisa mencegah Osteoporosis.
~ Daun katuk mengandung efedrin yang sangat baik bagi penderita influenza. Kandungan zat besi yang cukup tinggi tentunya dapat mengatasi anemia.
~ Daun katuk mengandung senyawa yang berfungsi untuk membentuk kolagen. Kolagen adalah protein berserat yang berfungsi sebagai pembentuk jaringan ikat tulang, pengangkut elektron dan lemak. Kolagen juga berfungsi sebagai pengatur level kolesterol, penjaga kesehatan gusi, pemacu imunitas dan penyembuh luka, kolagen juga dapat meningkatkan kerja otak.
Berikut manfaat dan khasiatnya untuk kesehatan sekaligus cara membuat dan menggunkannya:
1. Melancarkan ASI
Bahan : daun katuk
Cara Membuat :
daun katuk cuci bersih dan dimasak tumis/sayur bening
Cara menggunakan:
daun katuk yang sudah dimasak tadi dikonsumsi dijadikan lauk, dimakan 1-2x sehari
2. Meredakan/Menurunkan Demam
Bahan :
4 gram akar katuk dan air 4 gelas
Cara membuat :
cuci bersih akar katuk, rebus hingga mendidik hingga kira-kira tinggal setengah ukuran dari bahan.
Cara menggunakan:
disaring dan diminum 1 gelas sehari sekali.
3. Mengatasi Sembelit
Bahan:
200 gram daun katuk, 1 gelas air
Cara membuat:
daun katuk cuci bersih lalu direbus selama 10 menit
Cara menggunakan:
saring ke dalam gelas 100 ml kemudian diminum 2x sehari
4. Menyembuhkan Borok / Bisul
Bahan: 1 genggam daun katuk
Cara membuat:
Cuci daun dan lumatkan.
Cara menggunakan:
Tempelkan lumatan daun katuk pada bagian yang terkena bisul atau borok.
5. Pewarna Alami Bahan Makanan
Daun katuk juga bermanfaat sebagai pewarna alami makanan atau pengganti pewarna kimia sintetis. Misalnya dalam pembuatan tape ketan yang berwarna hijau.
Cara membuat dan menggunakan:
Cuci bersih daun katuk, tambahkan sedikit air, lalu peras. Sari daun katuk ini dapat langsung digunakan untuk mewarnai bahan makanan.
Itulah sedikit rangkuman khasiat dari daun katuk, semoga bermanfaat untuk kita semua.

96 komentar:

  1. Indonesia memiliki aneka tumbuhan tropis yang berkhasiat tersebar dari Sabang sampai Merauke. Namun keberadaannya sebagai tanaman herbal yang berkhasiat mulai ditinggalkan oleh sebagian masyarakat. Mereka lebih memilih kepada obat pabrikan yang praktis ditambah tanaman herbal tersebut tidak ada di tempat tinggalnya. Bila tidak dilakukan langkah-langkah yang strategis dan nyata, maka pada suatu saat tanaman obat tertentu akan punah tinggal kenangan saja. Syukur saat ini sudah cukup banyak produsen yang memproduksi suplemen atau obat dari bahan herbal yang terbukti berkhasiat tanpa ada efek sampingnya. Terima kasih sharingnya. Info yang menarik. Salam cemerlang !

    ReplyDelete
    Replies
    1. zaman semakin modern serba praktis,,, ramuan yg tradisional sudah ditinggalkan,,,,

      salam cemerlang kembali pak herdoni,,,

      Delete
    2. wah bener banget Admin. jaman moderen semuah serba praktos y hehe

      Delete
  2. ternyata banyak sekali ya mbak khasiat dan manfaat daun katuk untuk kesehatan tubuh kita. selain itu juga bisa menyembuhkan dan menghindari berbagai penyakit. thanks mbak informasinya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya saya juga baru tahu ternyata daun katuk sangat banyak manfaatnya untuk menyembuhkan bermacam penyakit, keren deh :)

      Delete
    2. sama" sobat,,,,
      masih banyak mnfaat dari katuk yg tidak tercatat di atas

      Delete
    3. owh ternyata masih banyak lagi ya manfaat nya ya mbak? wah saya jadi pengen tahu kira-kira apa saja manfaatnya lagi. Kalau mbak maya berkenan, mohon dibuat artikel lagi sebagai kelanjutan dari artikel diatas hehehe :D

      Delete
    4. hehehee ,,,,,
      boleh juga mb wahyu,,, kapan" saya publish,,,, saya buka catatan dulu ya,,,

      Delete
    5. baka catatan apa tuh. ko jadi buka2an xixix

      Delete
  3. meski sebagai pelancar ASI yang herbal dan alami, kalo dibikin sayur bening ditambah jagung muda, sayapun siap melahapnya

    ReplyDelete
  4. Ternyata memang banyak sekali manfaatnya mbak .. :D

    ReplyDelete
  5. wah saya suka nih mbak daun katuk :D apalagi kalo disayur :p

    ReplyDelete
  6. sampe bosen makan katuk disayur bening sejak si ncit lahir sampai si ncip disapih kemaren...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nampak nya Pak Rawins, penggemar daun katuk juga ya? hehehe salut dech :D

      Delete
    2. saya dah lama g makan sayur katuk

      Delete
  7. Yg sy tau cuma buat ngelancarin ASI aja..ternyata ada khasiat lainnya ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah kalau mas budi sih udah pengalaman sama daun ini yah mas, jadinya ngerti banget kegunaannya :)

      Delete
    2. saya malah baru dengar namanya mas :)

      Delete
    3. mas andes orang mana ya? hehehe,,,,
      daun katuk,,, bahasa jawa,,,
      bhasa indonesianya? kayaknya sama deh,,,, bahasa melayu pucuk manis,, beda daerah beda bahasa mas,,, hehehe

      Delete
    4. buat nglancarin asi, cara konsumsinya ya dibuat sayur, bisa juga lalapan, asal jangan yang mentah

      Delete
  8. kayaknya saya pernah liat pohonnya tapi gak tau juga bener apa bukan, soalnya mirip sama yang ada di gambar. baru tau kalo ada daun katuk, banyak juga ternyata khasiatnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau sudah tahu sekarang boleh dicoba mas, buat mengatasi masalah seperti no 2,3 dan 4, tapi jangan yang nomer 1 yah mas hehe...

      Delete
    2. ayuk mas dicoba,,,,
      banyak khasiatnya untuk kita

      Delete
    3. belinya dipasar yah mbak Maya, seiket harganya berapa yah...

      Delete
    4. hehehehe,,,,
      saya g beli mas,,,,
      krbetulan di kebun ada,,,
      kalau mau masak tinggal metik dech

      Delete
  9. begitulah ciptaan-Nya, mempunyai manfaat dan memudahkan manusia.

    hari ini saya nyayur katuk Mbak, disayur bening. Suami saya lagi demam, makan sayur bening katuk terasa lebih seger daripada sayur bening bayam. Satu lagi kelebihannya, awet alias tak cepat basi walau lebih dari 5 jam, tak seperti bayam

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau udah sehari apa masih bisa dimakan mbak, tapi sih yang sehat itu memang yang masih baru yah mbak...

      Delete
    2. mw juga mb khus,,,,, hehehe,,,,
      masaknya jgan banyak",,, masak lagsung hbis dmakan,,, biar g sisa,,,,

      Delete
  10. khasiat nya sangat bermanfaat, tapi sayang didaerah saya kayanya sudah susah untuk ditemui. ^_^

    thx mastah atas infonya. ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. daerahnya dah kota ya sob?
      kalau d desa kayaknya masih ada,,, sering tumbuh liar d kebun

      Delete
    2. berarti ini peluang usaha jualan sayur katuk di tempat Kang Kolong

      Delete
  11. saya suka juga makan sayur daun katuk...tapi tetap saja ga keluar ASInya hehe

    ReplyDelete
  12. nice...
    saya baru tau yang no 5 nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. belum pnah nyoba ya wek?
      biasanya buat pewarna tape ketan,,,,
      tahu tape ketan g?

      Delete
  13. Daun katuk, Ternyata selain buat pelancar asi bagi ibu2, juga berkhasiat buat yang lainya..

    Mksh infonya mbak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama" mas,,,
      trimakasih kembali

      Delete
    2. Daun katuk dalam bahasa jawa itu daun apa ya

      Delete
  14. Saya belum pernah mendengar tentang daun ini, apa lagi melihat nya..

    yaa paling tidak tau kasiat nya aja udah cukup.. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas,,,,,

      mas daniel asal mana nieh? hehehe

      Delete
  15. Kl saya bukan sembelit skg, tp diare... :'(

    ReplyDelete
  16. wah berarti list bacaan diblogku yang eror nih, dari 4 blog yang dibuka semuanya ketinggalan 5-6 artikel, blog ini ge' di list ku masih maen "Gondola" padahal kan udah "Makan daun katuk"...ada ide cara benerinnya ngga y?

    ReplyDelete
  17. thx infox..,
    bisa jg di bikin sayur.., lbh enak..,sayur katuk bening plus jagung kacang panjang tomat dst... *smile

    ReplyDelete
    Replies
    1. apalagi musim panas gini mas,,,,
      sueger,,,,,

      Delete
  18. daun katuk.. mungkin ini kalau di daerah saya di sebut daun katu mbak.. kayak nya iya deh.. hehehe di tempat saya sekarang sudah jarang mbak.. jambi terkenal nggak ada sayuran. soalnya nggak ada tempat untuk nanem hehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. wuaduh,,,, udah jadi perkotaan ya mas nady?

      katu n katuk? kayak nya beda mas,,, daun katu kayaknya ada sendiri,,,, tpi kalau bahasa d jambi daun katu ya?

      Delete
  19. Ternyata banyak manfaatnya yah, selama ini saya tahunya hanya buat nglancarin ASI saja, maksih infonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama" mas muroi,,,,
      daun katuk emang terkenal sbgai pelancar ASI

      Delete
  20. Disini gak ada daun katuk, jadi gatau infonya..
    Thanks yah..

    ReplyDelete
  21. Ternyata tanaman yg ada digambar itu namanya Katuk ya... baru tau saya... di tmptku malah aneh namanya, daun/sayur manis

    ReplyDelete
    Replies
    1. bali ya bang? kayu manis?
      sama kayak bahasa melayu,,, pucuk manis,,,,

      Delete
    2. emang rasanya manis yah, baru tahu saya hehe..

      Delete
  22. Waa.. Masya Allah, dulu aku juga punya pohon katuk di halaman, kalau ada ibu-ibu yang melahirkan, biasanya ibuku ngebuatin sayur katuk untuknya.. dan aku baru tau sekarang kalau ternyata katuk bisa untuk melancarkan ASI.. ^_^

    Salam kenal, kak Maya..

    ReplyDelete
  23. di pekaranganku,ad syur katuk juga d tanam :)
    klo ad yang habis melahirkan sering d ambil bkin sayur d cmpur kepiting.

    soalnya di lingkunganku,cmn d rumahku yg ada.ak bru tau trnyata bnyak bnget ya manfaatnya.
    makasih maya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama" sigit,,,,
      mau kepiting juga,,,, hehehe,,,,,

      Delete
  24. ternyata banyak juga ya manfaat dari daun katu ini, saya pikir cuma buat melancarkan ASI saja, ternyata bisa buat Meredakan/Menurunkan Demam juga ya, makasih sob share nya, sangat bermanfaat

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama"mas arie
      semoga bermanfaat tuk kita semua

      Delete
  25. katanya sih gitu mbak, untuk melancarkan asi, tapi ada juga yang tidak lancar lancar asinya setelah di kasih daun katuk ini. Bisa juga untuk sayur bayem, jangan menir, enak sekali lho mbak, apalagi buat santapan buka puasa, pasti den lahap makannya karena memang lapar, hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. pass banget di makan di musim panas gini ya mas agus

      Delete
  26. ternyata daun-katuk banyak juga kasiatnya y trmksih mbk cantik infonya heheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama" trimakasih kembali atas kunjungannya

      Delete
  27. daun katuk memang berkhasiat. saya dulu pernah memakannya buat lalap makanan :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. belum pernah makan buat lalapan mas,,, :-D
      gmna,rasanya tu?

      Delete
  28. banyak sekali manfaat daun katuk ya.. harganyapun masih tergolong murah :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1 ikat berapa kang?
      saya g pnah beli,,, kbetulan di kebun ada tumbuhan katuk

      Delete
  29. Ternyata daun katuk memiliki kasiat yang bermanfaat ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya cik,,,,,,,
      banyak manfaat untuk kesehatan

      Delete
  30. Itu namanya apaan ya kalau disini?
    Baru denger dan liat dan katuk di blog mbak.
    Hehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. disini dimana mas? hehehehe,,,,,,
      bahasa jawa daun katuk,,,,,,
      daerah lain beda bahasanya,,,,

      Delete
  31. kayaknya sih ane pernah liat nih daun, tp kagak teu kalo ada namanya. Ternyata berkhasiat yahhh

    ReplyDelete
    Replies
    1. kok kayaknya mas?
      yg pasti donk,,,,,hehehehe

      Delete
  32. Banyak banget manfaat nya mbak... :D

    ReplyDelete
  33. ayo banyak-banyak makan daun katuk biar sehat, mumpung harganya juga masih terjangkau, silahkan dicoba :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau kebanyakan g baik juga mas,,,,,, :-D :-D

      Delete
  34. makasih buat infonya..
    ini bisa tumbuh di pot gk sih? ato emg tanaman liar...

    ReplyDelete
  35. betul sekali daun katuk banyak khasiat dan manfaatnya... di tempat saya, sawah - sawah ada yang dipakai buat kebun katuk loh... untuk panennya sebulan sekali untuk dikirim ke pabrik pil lancar asi....

    ReplyDelete

 
Toggle Footer