Breaking News
Loading...
Thursday, August 1, 2013

Manfaat Jeruk Nipis Untuk Kesehatan

5:05 PM
Dunia Maya - Jeruk nipis sudah dikenal sejak lama sebagai salah satu tanaman yang memiliki banyak manfaat.
Tanaman yang memiliki nama latin Citrus aurantifolia memiliki rasa yang sedikit pahit dan asam bila dikonsumsi secara langsung, biasanya dicampur dengan madu, gula atau ditambahkan dengan bahan lainnya.
Sebagai ramuan herbal alami, jeruk nipis berkhasiat untuk kesehatan,
Di bawah ini beberapa khasiat dan cara membuat ramuan tradisional dari jeruk nipis untuk kesehatan :
1. Meredakan Batuk
Siapkan segelas air hangat. Peras 1 buah jeruk nipis dicampur dengan satu sendok makan madu dan sedikit garam, aduk hingga rata dan saring. Minum 2-3 kali sehari untuk meredakan batuk.
2. Mengobati Demam atau Flu
Cara pertama: 1 buah jeruk nipis dicuci lalu diperas, tambah dengan 3 siung bawang merah yang telah dilumatkan dan 1 sendok makan minyak kelapa. Oleskan pada kening penderita.
Cara kedua: 1 buah jeruk nipis dipanggang sebentar, dipotong, lalu diperas, tambahkan 1 sendok makan madu. Minum sekaligus.
3. Mengobati Ambeien
Sebanyak 10 gram akar pohon jeruk nipis dicuci bersih, lalu direbus dengan air 1 liter selama 30 menit, lalu saring. dan diminum hangat-hangat 3 kali sehari.
4. Menyembuhkan Amandel
3 buah jeruk nipis dicuci, dipotong-potong, lalu direbus dengan 2 gelas air hingga airnya tersisa 3/4, saring. Air tersebut dipakai untuk berkumur-kumur. Lakukan 3-4 kali sehari.
5. Baik untuk Ibu sehabis melahirkan
2 buah  jeruk nipis diperas, lalu ditambah 1 sendok makan kapur sirih ditambah 2 sendok makan minyak kayu putih, diaduk sampai rata, balurkan pada perut. Lakukan selama 3 bulan tiap hari sehabis mandi, agar perut terhindar dari keriput, tetap halus dan kempis seperti sediakala.
6. Penambah Stamina
Air perasan 1 buah jeruk nipiss dicampurkan sebutir kuning telur ayam kampung, dan sedikit irisan gula merah. Aduk sampai rata, lalu minum. Lakukan sekali dalam seminggu.
7. Mencegah Rambut Rontok atau Berketombe
Dua jeruk nipis dipotong menjadi tiga bagian, oleskan pada kulit kepala sampai rata. Bungkus kepala dengan handuk semalaman, keramas keesokan harinya. Lakukan 3 kali seminggu.
8. Mengilangkan jerawat
Satu jeruk nipis diiris kemudian digosokkan pada kulit wajah. diamkan selama 10-15 menit lalu cuci wajah dengan air bersih.
9. Mengatasi bau badan
Cara pertama: Potong jeruk nipis yang cukup besar menjadi 2 bagian, olesi bagian irisan dengan kapur sirih tipis-tipis. Oleskan ke ketiak setelah mandi. Biarkan selama 5 menit lalu dibilas, lalukan tiap pagi dan sore.
Carakedua: Ambil 10 helai daun muda jeruk nipis ditumbuk sampai halus, dilumatkan, pulung kecil-kecil seperti pil, makan 3 kali sehari.
10. Menurunkan Berat Badan
Jeruk nipis kaya akan serat dan vitamin C yang bisa membantu menurunkan berat badan.
Tambahkan air perasan 1 buah jeruk nipis ke dalam cangkir air teh hijau atau air putih, minum setiap pagi dan sore hari.
Demikian sedikit ulasan mengenai Manfaat Jeruk Nipis Untuk Kesehatan beserta Cara membuat ramuannya, semoga brrmanfaat untuk kita semua.

34 komentar:

  1. satu lagi manfaat dr alam....

    *lama gak nongol.... bersih2 rumah ternyata...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas,,,
      tapi masih berantakan juga ni,,,,
      mas pri juga lama g mampir,,,,

      Delete
    2. rumahnya di cat ulang ya mbak maya, tampak rapi, bersih dan lebih luas...

      Delete
  2. wah beneran ni jeruk nipis bisa menghilangkan jerawat? coba ah :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. silahkan di coba mas nandar,,,
      tapi agak perih ,,,,

      di tunggu laporan hasilnya mas

      Delete
  3. Terima kasih dik MaYa atas sharenya.
    banyak sekali manfaat dari jeruk nipis ya dik..
    aku sukanya pas batuk dibuatin wedang jeruk pakai jeruk nipis ini..

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama kak boku,,,,

      pakai air hangat ataupun air es juga nikmat ,,, tinggal lihat cuacanya aja

      Delete
  4. kalau masak doank sih pakai jeruk nipis
    atau ga campuran es hehehehh

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener sist thika,,,,
      jeruk nipis juga bisa buat pelengkap masakan,,,

      Delete
    2. padahal air jeruk nipis bisa mengurangi pestisida dalam sayuran atau buah juga lho

      Delete
    3. gimana caranya mb khus?
      saya belum pernah nyoba

      Delete
  5. kalo di kampung obat batuk jeruk nipis kasih kecap
    tau gimana indikasi medisnya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas Rawins,,,
      di kampung saya juga ,
      campur pakai kecap asin

      Delete
    2. kok kecap asin..?
      hihi eh punya penjelasan medisnya gak
      siapa tahu bisa kasih pencerahan buat saudara saudara di kampung

      Delete
  6. keren infonya gan saya baru tahu tuh klo Jeruk nipis bisa Mengatasi bau badan hehe

    ReplyDelete
  7. jeruk nipis bisa untuk panas dalam juga, sekalian bisa buat nyuci juga ya sob..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas bram,,,
      banyak sekali manfaat jeruk nipis untuk kebutuhan kita sehari-hari

      Delete
  8. *langsung ke warung beli jeruk nipis*

    ReplyDelete
  9. satu lagi mbak maya, saya alergi madu, nah setiap minum madu, saya tambahkan air jeruk nipis. terbukti nggak bentol2 lagi tuh setelah minum madu

    ReplyDelete
  10. lam kenal ja sob, untuk tips no 1 bisa juga ditambah dengan gula batu

    Salam: gond3s.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. trimakasih sudah menambahkan,,,,

      salam kenal kembali sob

      Delete
  11. bisa dicoba nih sob maya, wah templatenya yang ini saja sob. udah pas jangan diganti2 lagi hehe saran aja sih

    ReplyDelete
    Replies
    1. trimakasih atas sarannya sob ,,,,
      dari kemaren tiap berkunjung berubah terus ya?

      Delete
  12. Terimakasih sharenya mbak maya ... :D

    ReplyDelete
  13. kalo lagi batuk saya campurin air perasan jeruk nipis dengan kecap :D

    ReplyDelete
  14. Wah, boleh diterapin nih. Ane tengah perang dengan ketombe. Hadeuhh

    ReplyDelete
  15. Ternyata banyak manfaatnya ya,
    Thanks uda berbagi...

    ReplyDelete
  16. Yang biasa saya pakek nomer satu itu..
    Salam.. :)

    ReplyDelete
  17. Biasanya ketika memasuki usia akil baligh para remaja baik putera maupun puteri mulai mempunyai jerawat diwajahnya. Memang banyak pilihan obat untuk mengatasi jerawat ini yang tersedia di apotek. Namun bagi mereka yang ditempatnya mudah untuk mendapatkan Jeruk Nipis ini alangkah baiknya menggunakan resep diatas. Jeruk Nipis berkhasiat menghilangkan jerawat. Alami sekali dan spesial. Terima kasih tipsnya yang bermanfaat. Salam cemerlang.

    ReplyDelete
  18. wah banyak sekali manfaatnya yah..maksih infonya

    ReplyDelete
  19. jeruk nipis terbukti bagus untuk kulit muka, menghindari jerawat & menghilangkan bekasnya ;)
    mikoarc(dot)com

    ReplyDelete
  20. Aku punya pohonnya di depan rumah.. tetangga banyak yg minta ^^'

    ReplyDelete

 
Toggle Footer