Breaking News
Loading...
Saturday, August 31, 2013

Redakan Batuk dengan Jeruk Nipis

4:44 PM
dunia maya-Jeruk nipis sudah dikenal sejak lama sebagai salah satu tanaman yang memiliki banyak manfaat, Tanaman yang memiliki nama latin Citrus Aurantifolia ini memiliki rasa yang asam dan sedikit pahit. Salah satu Manfaat Jeruk Nipis untuk kesehatan yaitu Meredakan Batuk.
Diantara kita pasti pernah mengalami batuk, definisi batuk adalah suatu mekanisme pertahanan tubuh disaluran pernapasan atau reaksi tubuh pada iritasi di tenggorokan dikarenakan adanya lendir, debu, makanan, asap dan lainnya.
Mengobati batuk secara alami merupakan pilihan bijak, selain menghemat biaya juga sangat ramah artinya bebas dari efek samping bahan kimia berbahaya yang mengakibatkan resiko negatif di tubuh kedepannya. Nah berikut dunia maya menghadirkan ramuan obat batuk secara alami dari jeruk nipis:
Ramuan I
Bahan:
- 1 buah jeruk nipis
- 2 sendok makan madu atau kecap
- 1/2 gelas kecil air hangat kuku
Cara membuat:
Potong jeruk nipis menjadi 2 bagian lalu peras dan tuangkan dalam gelas yang sudah berisi air hangat, kemudian masukkan kecap atau madu, aduk sampai rata lalu diminum
Setelah minum ramuan ini usahakan jangan minum atau makan makanan yang lain selama 30 menit agar ramuan bereaksi.
Mengenai penambahan kecap, air gula atau madu dimaksudkan untuk mengurangi keasaman agar air jeruk nipis bisa dikonsumsi, penggunaannya juga tidak mengurangi khasiat jeruk nipis.
Memang ramuan yang alami ini tidak dapat langsung menyembuhkan seperti halnya obat kimia sehingga perlu mengulang beberapa kali jika batuk masih belum sembuh, tapi jangan khawatir karena ramuan alami seperti ini tidak ada efek samping.
Ramuan II
Bahan:
- 1buah jeruk nipis
- minyak kayu putih secukupnya
- kapur sirih secukupnya
Cara membuat:
Potong jeruk nipis lalu peras dan airnya masukan dalam wadah, kemudian tambahkan minyak kayu putih dan kapur sirih, aduk hingga diperoleh campuran seperti bubur
Cara menggunakan:
Lumurkan pada leher, dada dan punggung.
Sekian ulasan ramuan jeruk nipis untuk meredakan batuk semoga bermanfaat untuk kita semua, apabila sobat mempunyai pengalaman mengobati batuk dari ramuan jeruk nipis mohon tambahkan pada kolom komentar.

60 komentar:

  1. itulah kehebatannya obat alami tanpa efek samping, tapi harus rutin melakukannya. ^_^

    ReplyDelete
  2. Mengobati batuk dengan jeruk nipis memang cukup efektif karena batuk bisa cepat reda. Selain itu harga nya juga tidak terlalu mahal, serta bisa kita peroleh di sekitar lingkungan kita. Saya sendiri sering mengkonsumsi jeruk nipis saat saya batuk, karena saya lebih suka mengobati secara alami karena tidak mempunyai resiko yang besar. Beda hal jika kita mengobati pil/obat dengan bahan-bahan kimia. Mungkin dari segi resiko lebih besar. Thanks mbak maya atas sharing nya. Sangat bermanfaat :)

    ReplyDelete
  3. kalau saya suka yang pake kecap. dah kebiasaan kali ya.
    informasinya tepat sekali dengan keadaan seperti sekarang ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kecap,manis/kecap asin kang?
      kecapnya kental/cair? hehehehe

      Delete
    2. kecap asin + jeruk nipis satu sendok makan langsung leb...

      Delete
    3. kecap manis juga bisa kan dicampur jeruk nipis :)

      Delete
    4. Saya pernah beberapa kali nyobain minum kecap di campur jeruk nipis. Rasanya nggak enak hehehe :D Tapi mungkin karena nggak itu ya jadinya cepat sembuh :)
      Tapi saya lebih suka wedang jeruk aja hikz hikz :D

      Delete
  4. Wah makasih May, sy jg lag batuk n pilek, apa bisa pakai jeruk nipis?

    ReplyDelete
    Replies
    1. mudah"an bisa,,,,
      dicoba dulu bang,,,
      dan juga untuk sementara ini hindari makanan dan minuman yg menyebabkan batuk,,contohnya,,makanan pedas", gorengan, es dan sejenisnya,,,
      di anjurkan perbanyak minum air putih kalau bisa air hangat,,,
      moga cepat sembuh bang ancis,,,,

      Delete
    2. Yahhh makasih saran dan usulannya...
      Diterima...

      Delete
  5. yang alami lebih menjadi pilihan ya Mbak, karena tanpa efek samping, juga mudah dan murah...tapi sekarang kebanyakan produk kecap menggunakan bahan pengawet dan MSG, jadi lebih aman ya pakai madu saja...

    ReplyDelete
    Replies
    1. harus pandai pilah pilih produk ya mb? hehehe,,,
      udah banyak campurannya

      Delete
  6. Wah makasih resep jeruk nipisnya kalau sewaktu-waktu batuk bisa menjadi solusi pengobatan secara alami hehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama" mas
      moga bermanfaat tuk kita,semua

      Delete
  7. perlu diklarifikasi tuh pernyataan obat alaminya
    kalo jeruknya sih mungkin bener soalnya meres sendiri dari jeruk segar
    kecapnya gimana..?
    yakin pabriknya ga pake pengawet..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kecapnya nggiling sendiri kali kang biar lebih alami

      Delete
    2. mas raw,,, bener apa kata mas pakies tu,,,, biar alami,,, giling sendiri,,,, hehehehe,,,,

      Delete
    3. emang cara bikin kecap gimana, pak..?

      Delete
    4. kecapnya tetep ada pengawetnya dong

      Delete
  8. ramuan jeruk nipis untuk batuk masih belum pernah saya cobakan Mbak, kalo suatu saat pingin nyoba, mungkin lebih seneng jeruk nipis tambah madu plus kurma cair.

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleh jga mas,,,,
      kurma cair,,,saya blm pnah nyoba

      Delete
  9. Obat batukku dulu waktu kecil mbak, :D tapi bener2 manjur!

    ReplyDelete
    Replies
    1. sekarang dah besar dah g minum lagi ya mas nazar?

      Delete
  10. Siap mencoba, anak saya 22nya lagi batuk sekarang...

    ReplyDelete
  11. saya sudah mempraktikkan ini mbak, dan alhamdulillah reda batuk saya juga radang tenggorokan sariawan bibir pecah-pecah, badan panas.
    tapi ya gitu harus telaten dan sabar karena bahan alami tidak menjamin langsung sembuh

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas Agus harus telaten emang kalau pake yang serba alami, tapi khasiatnya tidak kalah dengan obat-obatan kimia :)

      Delete
  12. ramuan dari nenek ku ampuh ni, sering pake jeruk + kecap rasanya enak plus khasiatnya langsung terasa.

    ReplyDelete
  13. saya juga pernah sakit tenggorokkan sembuh dengan campuran teh hangat + madu + jeruk nipis

    ReplyDelete
  14. kambuhkan batuk dengan memabaca tentang jeruk nipis... hehe

    ReplyDelete
  15. saya juga suka minum jeruk nipis kasih es emang seger banget..

    ReplyDelete
    Replies
    1. masak untuk mengobati batuk malah minum es? hehehe aneh :D

      Delete
    2. bisa juga mengobati batuk pake es krim coklat mbak, dan sudah diteliti juga, mungkin ada yang mau nyoba?

      Delete
  16. tapi kalo jeruk nipis dicampur minyak kayu putih sama kapur sirih dari dulu belom pernah nyobain mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. buat apa tuh mas, mungkin bisa dishare disini...

      Delete
  17. saya sekarang lagi batuk... siap dicoba ....

    ReplyDelete
  18. Ramuan II belum pernah coba mbak,,, Dicampur minyak kayu putih dan kapur sirih kek aneh gitu dengernya!!!

    ReplyDelete
  19. aku sering pake ramuan 1 kalo lg batuk ,jeruk nipis + kecap manis. Diminum 3 x 1 hari 1 sendok makan...memang sih nggak langsung sembuh .

    ReplyDelete
  20. resep pengobatan dengan jeruk nipis sudah menjadi warisan keluargaku turun temurun :-)

    ReplyDelete
  21. Yang alami biasanya lebih manjur...hehehe

    ReplyDelete
  22. Ternyata ada manfaat lainnya yah selain buat minuman. :D

    ReplyDelete
  23. wach...
    jadi inget zaman nenek saya
    kalau batuk meredakannya pake jeruk nipis

    ReplyDelete
  24. saya tiap malam biasa pakai Air perasan jeruk Nipis buat menghilangkan bekas hitam jerawat.. tapi belum tau kalau bisa redakan batuk..

    Thanks buat ramuan nya Mbak.. :D

    ReplyDelete
  25. jeruk nipis ditambah kecap manis pasti sembuh, insya Allah

    ReplyDelete
  26. I think your blog is good and if you want a nicer please update your blog so that readers who read your story more content to the content of your blog
    sanadomino

    ReplyDelete

 
Toggle Footer