Breaking News
Loading...
Wednesday, September 4, 2013

10 Manfaat Minum Air Kelapa

1:48 AM
Dunia Maya-kelapa dikenal sebagai tumbuhan yang kaya manfaat. Nyaris tak ada bagian dari tanaman kelapa yang tidak bermanfaat bagi kehidupan. Dari akar, batang, tunas kelapa dan daun kelapa. Namun tak jarang pula orang yang tidak paham memanfaatkan setiap bagian dari kelapa. Air kelapa misalnya, justru hanya menjadi limbah karena bingung memanfaatkanya. Padahal air kelapa justru sangat berkhasiat bagi kesehatan dan kebugaran tubuh.
Ada 10 Manfaat minum air kelapa yang dapat saya rangkum, diantaranya :
1. Mencegah gangguan pencernaan
Air Kelapa mengandung lemak dan berkalori rendah. Segelas air kelapa dalam proses pencernaan akan meghindarkan dari peradangan dan keasaman. Hal ini dikarenakan air kelapa memiliki asam laurat yang menyembuhkan gangguan pencernaan saluran. Air kelapa itu rendah gula, yang membuatnya menjadi minuman bergizi bagi penderita jantung dan penderita diabetes.
2. Membersihkan racun dari tubuh
Air kelapa merupakan minuman energi dengan enzim bioaktif yang meningkatkan metabolisme Anda dan meredakan rasa lelah. Manfaat air kelapa pada sistem pencernaan seperti membersihkan racun dari tubuh.
3. Menyembuhkan infeksi urin
Air kelapa adalah obat alami untuk menyembuhkan infeksi urin. Hal ini tentu berlaku pada kesehatan ginjal dan batu uretra. Air kelapa juga dikenal sejak dahulu dapat menyembuhkan gangguan saluran kencing. Segelas air kelapa akan meredakan rasa sakit akibat susah kencing.
4. Mengatasi luka bakar
Manfaat air kelapa selain diminum adalah dapat untuk mengobati luka, telapak kaki pecah-pecah, bahkan eksim. Caranya yaitu dengan membuat obat oles yang terbuat dari beras dan air kelapa. Untuk membuatnya sangat mudah sediakan kira-kira segenggam beras, lalu rendamlah beras tersebut dalam air kelapa muda bersama tempurungnya sampai beras terasa asam karena peragian, lalu beras ditumbuk hingga halus.
5. Baik untuk Ibu Hamil
Konon, air kelapa memiliki manfaat yang besar jika dikonsumsi oleh ibu hamil, tetapi sebagian orang tidak mempercayainya itu. Bila Ibu hamil rajin minum air kelapa muda , terutama di trimester ketiga maka air ketuban akan bersih dan bayi yang dilahirkan juga bersih kulitnya, lebat rambutnya, dan bening matanya”.
6. Melebatkan Rambut
Air kelapa juga dipercaya dapat melebatkan rambut serta menyehatkan rambut, sehingga rambut menjadi sehat alami.
7. Merawat kulit
Manfaat Air Kelapa untuk kulit wajah atau muka, bisa untuk mengatasi jerawat caranya yaitu dengan mencuci muka setiap hari secara rutin dengan air kelapa. Selain bisa untuk menyembuhkan jerawat bisa juga untuk mengatasi noda-noda hitam, kerutan pada wajah, kulit kering, dan wajah bisa tampak menjadi berseri. Air kelapa tidak hanya bermanfaat jika diminum tetapi juga penting bagi kesehatan kulit, seperti mengatasi kulit yang kering.
8. Membantu tubuh mengatur tekanan darah dan fungsi organ jantung
Air kelapa dapat mempercepat naiknya trombosite bagi penderita DBD dan menurunkan demam (trombosit turun karena dipakai untuk mencegah pendarahan,karena demam tinggi mengakibatkan pengentalan darah,dan pembuluh darah membesar). Jika Anda masih merasa pusing karena mabuk, tak ada yang bisa memulihkannya dengan cepat selain mengonsumsi air kelapa. Air kelapa yang rasanya lembut sangat kaya akan elektrolit dan potassium . 
9. sebagai diuretik
Yaitu untuk memperlancar pengeluaran air seni. Air kelapa muda dicampur dengan sedikit sari jeruk sitrun bermanfaat untuk mengatasi dehidrasi, juga untuk memerangi gangguan cacing dalam perut anak-anak kecil.
10. Tidak mengandung kolestrol
Air kelapa lebih bernutrisi ketimbang susu penuh (whole milk) karena tidak mengandung kolesterol dan rendah lemak. Air kelapa dapat memperbaiki sirkulasi darah dan dikenal mampu membersihkan saluran pencernaan. Air kelapa tidak hanya akan membuat sistem kekebalan tubuh Anda lebih baik, tetapi juga membantu tubuh melawan beberapa jenis virus penyebab penyakit. Jika Anda mengidap penyakit batu ginjal, biasakanlah meminum air kelapa secara rutin. Kebiasaan meminum air kelapa akan mambantu memecah batu ginjal dan memudahkan mereka keluar dari tubuh.
Inilah 10 Manfaat minum air kelapa yang dapat saya simpulkan, dan masih banyak manfaat lagi yang tidak tertuliskan, sobat DuMay bisa menambahi dalam kolom komentar.

157 komentar:

  1. Selain segar, ada juga manfaat lain yang terkandung yaah mbak .. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. mengilangkan haus mas,,hehe

      Delete
    2. bukan sekedar mengilangkan haus sob bisa juga nyuburin Rambut hheheh

      Delete
    3. campurin gula merah.......mantabbbbb

      Delete
    4. pesen 1 mba pke santen dan gak pke lama ya :-D

      Delete
    5. santannya belum di peras GENK,,,,




      Mas Rizal maw jga ya?

      Delete
    6. air kelapa enak apalagi jika untuk berbuka puasa. Duh..., jadi pengen kopyor, atau dicampur sirup gitu...

      Delete
    7. Mas Kurnia,,,, jgan ngebayangin,,,ntar ngiler lo,,,,
      hehehehehe,,,,,,

      mendekati bulan ramadhan,,mesti banyak yg jual ni

      Delete
    8. gara2 ngebayangin aku jadi yang ketetesan ilernya :( huftt..
      (sambil melongo natap pantat panci)

      Delete
    9. kenapa jadi ke panci sih mas Andes

      Delete
    10. pancinya buat nadahin iler
      hohohoho

      Delete
    11. numpangg ngomong disini ah...udah kejauhan scrollnya.

      mau bilang gambar kelapanya seksi...hehehe

      Delete
    12. Wah seger ya, udah lama nggak minum air kelapa yang langsung metik dari pohonnya

      Delete
    13. ikutan mang lembu ah...
      scroler mouse nya error
      haha

      Delete
    14. yang ikut bayar pajak
      hohohoho

      Delete
    15. yg jelas, kalo haus, terus minum air kelapa, pasti hilang ya hausnya. kalo kurang, pengen keyang, daging isi kepalanya juga bisa dimakan. yam yam yam...

      Delete
  2. melebatkan rambut?
    caranya gimana? apa kelapanya di jedotin ke kepala gitu? :O

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu mah ancur,,,luka kepala sOb,,

      Delete
    2. sabutnya aja diurai, disambung, diplintir pasang di kepala

      Delete
    3. Mainannya Mas Kurnia waktu kecil ya?

      Delete
    4. kalo yang tebal rambut kepala mah gak masalah, coba kalo tambah tebal itu rambut yang bukan kepala gimana coba *rebonding laris

      Delete
    5. hahaha,ramdut yang mana sih yang dimaksud hihhi

      Delete
    6. rambut ketek kali mang...

      Delete
    7. hahahaha... udah ah, masa pada ngomongin rambut yg itu itu...

      Delete
  3. Kalo gak salah juga bisa mengatasi dehidrasi za mbak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas,,, pengganti ion tubuh yg hilang,,, heheh

      Delete
    2. kalo ga salah bener tuh... :D

      Delete
  4. ktnya juga bisa sbg pengganti bahan bakar motor loh... hakhakhakhak...

    ReplyDelete
    Replies
    1. msok sih kang??
      kebetulan BBM naik,,gnti pke air kelapa,,,,

      ini mah motor tenaga manusia,,,,

      Delete
    2. penelitian mana itu kang pri? kalo jadi minyak goreng, seh iya

      Delete
  5. Suka banget nih ma air kelapa.. bikin segar tenggorokan... n ternyata manfaatnya banyak juga yah... sipslah...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas budi,,,,
      menjelang bulan ramadhan,,, mesti banyak ni

      Delete
    2. selain banyak, pasti laris dagangan pas ramadhan gini

      Delete
  6. pantesan dulu temen2 ane sehabis di minum buat keramas, ternyata gini toh rahasia nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maz Rizal g ikut nyobain jga ya?

      Delete
    2. nyobain makanya rambut sekrnng cepet lebet,tapi y agak kriting

      Delete
    3. emang asLinya keriting kalee,,,,,

      hehehehe

      Delete
    4. basah dong pakai air kelapa... basah basah basah

      Delete
  7. pokoknya saya suka yang muda muda lho mbak...

    ReplyDelete
    Replies
    1. mas aguss,,,yang tUa gmna nasibnya ?

      Delete
    2. yang tua malah banyak santannya mas Agus

      Delete
    3. barati mas agus suka brondong tuh.. kalo mas isnaeni suka santen kelapa

      Delete
  8. Apa lagi kelapa hijau... manfaatnya banyak sekali.. Pokok yg hijau2..aq suka..xii...

    ReplyDelete
    Replies
    1. biasanya yang hijau masih mentah kak,,,

      Delete
    2. walau mentah, ijo royo royo, kata orang tua

      Delete
  9. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  10. sudah diminum enak rasanya bisa ngilangin penyakit lagi jadi tmbh snang minum atau makan kelapa muda ni heheh trmksih bos dah berbagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. terimakasih kembali boss sudah berkunjung

      Delete
  11. Pohon kelapa emang banyak manfaatnya sob, mulai dari akar sampai daunyapun ada manfaatnya. Jadi, bisa di bilang pohon kelapa adalah pohon serbaguna.

    Hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. pohon kelapa bisa dimanfaatin jd mobil kagak om deni,,,,, hehehe

      Delete
    2. Kalau itu mah lain arti sob. Tapi kayaknya bisa, dibikin mobil mainan tradisional.

      Haha

      Delete
    3. gethek"an,,,,,
      buat perahu"an di musim banjir

      Delete
  12. banyak juga manfaat dari buah kepala, ehh kelapa hehhehe !! makasih infonya

    Come back

    ReplyDelete
  13. sangat komplit, pantas sekali kalau kelapa di jadikan lambang pramuka, soalnya khasiatnya komplit.

    ReplyDelete
    Replies
    1. dari akar smpai daunnya,,,
      semuanya bermanfaat

      Delete
    2. Pas ada isu tsunami pasca gempa bumi Jogja 2006 ada yg memanjat pohonnya sampai pucuk utk menghindari terjangan tsunami gara2 ketakutan.

      Delete
  14. saya seneng banget sama kelapa, apalagi liat dagingnya yang putih berkilau..hehe..
    dulu sering ngonsumsi kelapa bakar, katanya bagus buat pengobatan ginjal.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. ea? ane malah baru dengar sist kalau kelapa bakar bisa buat obat ginjal,,, t4 ane,kelap bakar buat campuran kopi,, (sama" di bakar,ma,kopi)

      Delete
  15. Melebatkan rambut ? Sumpah gan ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. air kelapa/santan buat keramas,,,,atau di pijatkan pda kepala,,,

      lain waktu saya publish sekalian mau cari tahu

      Delete
  16. Whew.. banyak juga ya khasiatnya, setahu saya selama ini, air kelapa itu hanya utk hilangkan rasa haus sama penawar racun...

    ReplyDelete
    Replies
    1. bang ancis@ banyak manfaat yg terkandung dan belum kita,ketahui

      Delete
  17. menambah cairan tubuh, khususnya pada bagian itu (katanya sih) *hoho

    ReplyDelete
    Replies
    1. bagian itu nya apa mas? saya kurang tau, maklum masih kecil... Anak kecil boleh tau nggak ya? hahahhaha


      #Kabuuuur

      Delete
    2. yang kabur lemparin kelapa,,,,,, B-)

      Delete
    3. iya mbak asal jangan lempar kepala sembunyi tangan :)

      Delete
    4. bener mas andes,,,,,
      yang kabur,belum nOngoL,,,,
      hehegege

      Delete
  18. air kelapa ini lebih besar khasiatnya diminum langsung atau dicampur gula + syrup dulu mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. menurut saya pribadi,,,lebih berkhasiat yang original/tanpa campuran apa"

      kalau sudah di cmpur,gula,syrup,es,,dll,,, buat kreasi minuman

      Delete
    2. bener tuh, dimanamana kalo original pasti lebih hots dibanding yang oplosan :) iya kan mbak..

      Delete
  19. yang mmbuat kami kembali ini ni KELAPA MuDANYA hahahah

    ReplyDelete
  20. Bentar lagi nih bulan puasa.... pasti banyak yang cari kelapa ?? seger rek...

    ReplyDelete
  21. Aku baca komentar dr atas pe bawah ketawa ngakak sendiri dikamar ....adyyyuh makk...selain kelapa muda banyak fungsi dan manfaatnya ternyata sobat pluser semuanya berjiwa bersahabat ya satu ma lainya

    pokok e kelapa muda enak tenan seger nek diminum panas" ………

    ReplyDelete
  22. Aku baca komentar dr atas pe bawah ketawa ngakak sendiri dikamar ....adyyyuh makk...selain kelapa muda banyak fungsi dan manfaatnya ternyata sobat pluser semuanya berjiwa bersahabat ya satu ma lainya

    pokok e kelapa muda enak tenan seger nek diminum panas" ………

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehehehehe,,,,, makasih sist dah nyempetin berkunjung,,,

      yang saya khawatirkan sist,,kalau senyam senyum sendiri di tempat umum gimana? untungnya ngakak di kmar sendiri,,,

      daripada serius terus,,,,hehehe

      Delete
  23. tambah wawasan kunjung kesini...kelapa muda memang uenak...pooolll

    ReplyDelete
  24. ni sama sajakan air kelapa muda, maupun tua manfaatnya?
    Klapa yang tua gurih banget santannya.

    ReplyDelete
  25. ew.. panas panas gini jadi pengen minum air kelapa ^_^ .

    ReplyDelete
    Replies
    1. hufttt panas2 gini keluar air dari kepala :(

      Delete
  26. bentar lagi puasa, cocok nih es kelapa buat berbuka puasa :) jangan lupa mampir balik oke may thanks

    ReplyDelete
  27. Baru tau neh,, Air kelapa ternyata banyak manfaatnya ya...
    Mesti banyak-banyak minum air kelapa neh...
    Biar makin sehat... :)

    ReplyDelete
  28. serius nih?
    jadi pengen mborong es degan deket kos ni :D

    eh, ikutan milih kacamata yuk, gratis kok :D

    ReplyDelete
  29. yang jelas dan pasti adalah ngilangin haus...
    hehhee....

    ReplyDelete
  30. wah jadi pengen minum es kelapa,,

    ReplyDelete
  31. Benar sekali... banyak manfaat dari meminum air kelapa. mungkin jika lebih jauh diteliti ada lebih dari 10...
    Saya termasuk salahsatu yang merasakan manfaatnya...
    Ayooo.. pada beli air kelapa *eh, ko iklan disini ^_^

    ReplyDelete
  32. seger bener minum es degan siang2 gini, apalagi pake es batu, campur sirup segeeerr, ditambah cuaca panas,, maknyus

    ReplyDelete
  33. Wah, Seger kayanya :D
    Maaf baru datang dan hadir perdana disini..

    ReplyDelete
  34. rugi kalo gk nyoba es kelapa di bulan Ramadhan ntar :D

    btw, template beru ne mba :D

    ReplyDelete
  35. Minum air kepala, di siang hari terik..ajib bener hehe

    ReplyDelete
  36. pesan es kelapa muda 1 mbak ...buruan gak pake lama hehehe

    ReplyDelete
  37. kelapa emang bnyk manfaatnya mbak,, bener banget tuh, nyaris gk ada bagian kelapa yang gak bisa di manfaatin,,hhihi.. follback ya mbak..

    ReplyDelete
  38. luar biasa yaa khasiat kelapa,apa lagi kalo kelapa nya masih muda pasti mantep di minum siang2

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak, ditambah lagi kalo yang jual masih muda pasti tambah mantep :D

      Delete
    2. wkwkwk pastinya itu , bikin semangat yang beli nya :D

      Delete
  39. wah apa lagi kalo minumnya pas berbuka puasa :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. seger lagi kalo pas lagi puasa *haha maknyosss

      Delete
  40. Nah, kalau yang menetralisir racun itu sudah terkenal sekali dikalangan orang tua jaman dulu.. makanya kalau ada yg keracunan makanan sering ada advise buat minum air kelapa ^^

    ReplyDelete
  41. memang banyak sekali air kelapa ini sampai2 saya bingung air kelapa ini dari mana ya asalnya kok bisa ada dikelapa.. hehee

    ReplyDelete
  42. wah emang betul2 mantep tuh air kelapa :D

    ReplyDelete
  43. Kakak maya, kunjungan perdana saya kesini, salam perkenalan. wah saya jadi tahu nih khasiat dan manfaat air kelapa. nice info :D

    ReplyDelete
  44. OH... ternyata banyak juga yah manfaatnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bang.. kenaikan BBM banyak juga hutangnya :(

      Delete
  45. Bener banget nih , kalo manfaat air kelapa mah sudah tak diragukan lagi sob

    ReplyDelete
  46. melebatkan rambut? yang saya tahu minyak kelapanya. hahaha

    ReplyDelete
  47. poin ke 5 memnag betul tuh... manfaat untuk ibu hamil... sudah di coba sama istri mamang... hasilnya... Ruuuuaaarbiasa

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang bener,Mang Yono??
      kirain masih mitos,,,,

      maklum lom pernah,mengalami,,,,

      Delete
    2. iya bener, tapi mamang juga belum pernah ngalamin hamil hehe... tapi setelah dipraktekan memang betul begitu, surpey membuktikan... deng... deng....

      Delete
  48. Wah...ternyata banyak manfaat yang belum saya tahu ya?
    Yg saya tahu hanya point 5 dan 6 saja...
    Makasih infonya,Mba...

    Btw,kunjungan perdana nih...
    Jangan lupa mampir balik ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama2.. iya ntar mbak maya pasti bakal bolak-balik ke blognya bunda kok :D

      Delete
  49. Ternyata banyak banget manfaat air kelapa..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas virly, tidak hanya ternyata.. tapi memang benar adanya :D

      Delete
  50. ternyata banyak sekali ya manfaatnya, sepengetahuanku cuma buat penawar racun

    ReplyDelete
  51. tambahan satu lagi untuk kaum pria memperbanyak itu tuh hehehe...



    admin "Variasi Blogger"

    ReplyDelete
  52. banyak juga ya sob, kebetulan kampung saya produksi kelapa ini,


    Sei Guntung

    ReplyDelete
  53. wah, selain segar juga banyak manfaatnya ternyata,,nice artikel :)

    ReplyDelete
  54. air kelapa mampu membersihkan racun dari tubuh, memang saya pernah merasakan khasiatnya tatkala mabuk terhadap jenis makanan tertentu.

    ReplyDelete
  55. Buat buka puasa nanti bagus ngga yahh?

    ReplyDelete
  56. memang benar sekali postingannya mbak maya kalau kelapa adalah tumbuhan serba guna tidak akan habis manfaatnya mbak.........

    ReplyDelete
  57. selain menyegarkan ternyata banyak manfaatnya ea mbak...
    hmmm jadi kepengen minum air kelapa muda nie...
    :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. lagi puasa mas
      ntar buka puasanya baru pake air kelapa
      :D

      Delete
  58. Saya biasanya minum air kelapa muda setelah olah raga, seger dan jadi gak capek

    ReplyDelete
  59. ternyata manfaat kelapa dan air kelapa memang banyak juga ya...selain airnya bisa dibuat untuk anti oksidan, kelapanya pun juga sangat berguna sekali untuk berbagai keparluan pembuatan/bahan masakan....salam kenal maya....

    ReplyDelete
  60. selain dari pada itu air kelapa bisa bikin kuat saat matahari menyengat...kuat macul saat panen ubi maksudnya

    ReplyDelete
  61. Wah baru tua kalau ternyata ada banyak sekali manfaat minum air kelapa, harus rajin rajin minum nih, ayo siapa yang mau ikut panen kelapa ??
    #kelapa tetangga :D Haha

    ReplyDelete
  62. ternyata banyak manfaatnya... ini pohon yg memeiliki manfaat luar biasa

    ReplyDelete
  63. udah lama gak minum air kelapa, beli ah buat nanti buka puasa..

    ReplyDelete
  64. selain bermanfaat rasanya juga mantap.

    ReplyDelete
  65. ini katanya juga baik untuk kaum wanita yang hamil biar anaknya kulitnya mulus.. bner kagak ya? hehe

    ReplyDelete
  66. wah melebatkan rambut ya.. ane kira hanya tumbuhan lidah buaya aja yang bisa kayak gitu.. mantab sis artikelnya :)

    ReplyDelete
  67. dibuat teman buka puasa nih nikmat.. hehee

    ReplyDelete
  68. Walau kurang tahu manfaatnya, namun aku suka dengan air kelapa...setelah membaca artikel ini jadi lebih tahu, nggak sia2 dech aku suka air kelapa, he he!

    ReplyDelete
  69. terimakasih banyak atas infonya gan selamat pagi.

    ReplyDelete
  70. Ternyata banyak juga ya mbak manfaat dari air kelapa apabila kita minum. Bisa untuk menyehatkan tubuh, dan juga bisa untuk mengobati beranekaragam penyakit. Saya malah baru tahu akan mafaat dari air buah kelapa hehehe

    Nice share kawan. Thanks ya atas informasinya ^^

    ReplyDelete
  71. air kelapa ini minuman netral kalau menurut saya dan sangat di butuhkan oleh tubuh, kalau bunda saya lagi masak saya minta airnya nggak di buang, keunikan lain dari air kelapa, di taruh di kulkas nggak bisa jadi es, biasanya makanan kalau di taruh d kulkas bisa sedikit awet tapi nggak berlaku buar air kelapa, saya pernah di ceritain temannya ayah saya yg dulu punya keluhan sering capek apalagi kalau pas duduk bersila, nggak bisa tahan lama, sejak mengknsumsi air kelpa, keluhan itu lama2 jadi hilang dan dah nggak terasa lagi capeknya. saya sendiri juga dah mulai mengkonsumsi air kelpa, kadang eli di pasar.

    ReplyDelete
  72. selain enak dann sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  73. ternyata banyak sekali manfaatnya ya ..

    ReplyDelete
  74. Air Kelapa merupakan penetralisir racun sehingga bisa dijadikan penanganan saat keracunan juga dehidrasi. Bisa dijadikan cairan infus

    ReplyDelete
  75. Ampas parutan kelapa dapat di pergunakan untuk membersihkan batu alam agar mengkilat loh......

    Salam wisata

    ReplyDelete
  76. bener waktu istri saya hamil sering minum air kelapa muda,pas lahir bayinya bersih sekali

    ReplyDelete
  77. wah, baru tau kalau manfaatnya sebanyak itu...
    msti rjin minum air kelapa ne biar sehat...!!

    ReplyDelete
  78. daripada minuman energi, air kelapa lebih baik untuk pelepas dahaga sekaligus vitamin yang alami

    ReplyDelete
  79. manfaat air kelapa memang sangat mengagumkan bagi kesehatan, selain itu rasanya juga sangat menyegarkan terutama saat panas.

    ReplyDelete
  80. banyak juga manfat dari air kelapa ini ,,

    ReplyDelete

 
Toggle Footer