Breaking News
Loading...
Wednesday, October 16, 2013

Wulai dan Atayal

10:49 PM
Wulai adalah nama suatu daerah di selatan New Taipei City, daerah ini sangat indah terletak dipegunungan yang mempunyai beragam tempat wisata seperti jalanan tua, kereta tua, pemandian air hangat, air terjun, gondola, museum bersejarah.
Untuk menuju kesana sangatlah mudah, dari stasiun Taipei naik bus no 849 dengan tujuan Wulai perjalanan skitar 90 menit, atau bisa juga kita naik MRT dari stasiun Taipei ambil Line Hijau menuju ke Xindian, barulah naik bis dengan no yang sama (hanya bis no 849 yang menuju Wulai), perjalanan dari Xindian ke Wulai sekitar 40 menit.
Setelah sampai di Wulai, masih harus melakukan perjalanan untuk sampai ditempat tujuan baik itu naik taxi maupun berjalan kaki. Saya sarankan berjalan kaki karena bisa lebih menikmati keindahan alam yang ada di Wulai.
Asal Nama Wulai
Menurut cerita sejarah sekitar 300 tahun yang lalu, nenek moyang Atayal berburu di daerah ini, dan melihat banyak asap dari mata air alami, karena itu mereka menyebutnya "Wulai" yang berarti mata air panas, dalam bahasa mereka hanya wilayah berburu mereka, namun karena kayu diproduksi menjadi minyak kamper dan kronstruksi pembangkit listrik hidrolik menawarkan peluang pekerjaan yang besar selama pemerintah Jepang menduduki Taiwan, orang-orang secara bertahap pindah ke daerah Wulai dan membentuk desa.
Wulai Old Street
jalan tua yang ada disini tersedia banyak toko-toko yang menjual kerajinan tangan, aneka makanan dan minuman khas Wulai yang menggunggah selera.
Atayal Museum

berlokasi dideretan Jalan Tua, bangunan bercirikan patung kepala besar pribumi seolah-olah melihat kebawah aliran pengunjung dijalanan.
Atayal adalah nama suku asli Taiwan, dalam museum ini kita bisa mempelajari tentang adat istiadat, budaya, ritual, keyakinan sejarah dan budaya lokal, kita juga menyaksikan pertunjukan tarian dan nyanyian budaya Atayal.
Salah satu kebiasaan tradisional suku Atayal adalah tato wajah, yang merupakan simbol kehormatan dan keindahan. Ketika keterampilan seorang perempuan muda yang dinilai dan disetujui oleh orang tua, mereka akan ditato wajahnya dan juga berarti mereka bisa menikah, Jika pemuda lulus tes berburu kepala, mereka menjadi pria sejati dan juga mereka ditandai dengan tato pada wajah, inilah alasan paling populer mengapa suku Atayal memiliki tato pada wajah, namun tato wajah juga memiliki beberapa arti lain, kegiatan budaya atau adat tidak lagi diadaptasi oleh masyarakat Atayal karena percampuran budaya yang datang dari luar dan perubahan norma-norma masyarakat.
Dari segi budaya, pakaian, Suku Atayal sama persis dengan Suku Dayak yang ada di Kalimantan, sempat saya terpikir apa mungkin masih satu nenek moyang? kalau pencurian atau peniruan budaya tidaklah mungkin.
"nenek moyangku orang pelaut
gemar mengarung luas samudra
menerjang ombak tiada takut
menempuh badai sudah biasa"
nah itu masalahnya kalau seorang pelaut pasti datangnya dari seberang Indonesia.
Wulai Hot Springs
Pemandian air hangat di Wulai sangat terkenal, mata air disini jernih, tidak berbau dan mengandung unsur natrium
bikarbonat yang bisa untuk meremajakan kulit.
Wulai Tourist Tram

salah satu kereta tua yang masih dirawat di Taiwan, menurut sumber dulu kereta ini hanya untuk menganngkut kayu, namun sekarang sudah menjadi atraksi wisata yang menarik, hanya dengan 50NTD, kita bisa berkeliling di Wulai. 
Wulai Waterfall
air terjun yang indah dan wajib dikunjungi ketika datang ke Wulai
YunHsien Holiday Resort
terletak di lembah air terjun Wulai, daerah ini tepencil dan misterius, untuk bisa kesana kita harus menaiki Gondola atau kereta gantung listrik, banyak sarana bersantai, tempat bersejarah budaya Atayal, satwa liar, pepohonan yang belum pernah kita lihat. Dengan menaiki gondola pastinya kita bisa menikmati pemandangan alam Wulai dari atas.

106 komentar:

  1. Kayaknya di taiwan banyak banget tempat rekreasi buat liburan.
    Jadi pengen kesana :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. nanti di baari mbak maya lho..ditraktir gorengan di deket alun alun taiwan sana..mau mas ?

      Delete
    2. Wah ada juga gorengan di Taiwan taa?
      Mungkin gorengan tahu atau bakwan

      Delete
    3. gorengan tahu taiwan ... mirip dengan tahu sumedang gak ya

      Delete
    4. Nanti deh saya expor ya Tahu ISI nya. Mau Tahu Isi ayam? Atau isi sosis?

      Delete
    5. Di taiwan ada lemang gak ya mbak??
      hahahhahha :D

      Delete
  2. Kyknya Maya nih yg seneng jalan-jalan... :)

    ReplyDelete
  3. mbak maya memang ahlinya taiwan...
    eh itu ada trem segala, seperti di surabaya tahun 70 an mbak . ada trem nya gitu.
    foto mbak maya yang mana nih ? kok tidak nongol.
    hehehehehehehehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. kan mbak maya yang ambil gambar mas

      Delete
    2. hahahahahahaha
      bener banget kata kang usup

      Delete
    3. ma'af kang.......
      silap 1 huruf aja

      Delete
    4. nanti kalau jadi kang susup gimana dong?

      Delete
  4. ciyusss....langsung berkhayal di Taiwan hehe

    ReplyDelete
  5. Pencurian budaya itu ga ada lah...
    Budaya selalu berkembang dan berasimilasi. Jangankan Taiwan atau Filipina yang dekat, Madagscar yang di ujung Afrika saja budaya dan bahasanya banyak persamaan dengan suku Dayak Maanyan. Makanya kalo orang Maanyan mau belajar bahasa Tagalog atau Merina pasti ga bakalan kesulitan..

    ReplyDelete
    Replies
    1. ternyata masih satu nenek moyang ya mas

      Delete
    2. kalau kakek moyangnya satu apa lain ya

      Delete
    3. lain lah mang , kan sudah kawin sama orang lain

      Delete
  6. saya jadi pengen naik kereta tua nya. ^^

    ReplyDelete
  7. Sungguh indah air terjunya mas.
    salam kenal ditunggu komentar baliknya + follower nya mas=))

    ReplyDelete
  8. jadi berasa wisata ke Taipei jadinya hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. lumayan mang, bisa diceritakan pada anak cucu... :)

      Delete
  9. hm.. kapan aku bisa main ke sana, pengen berlibur ke luar negri..

    ReplyDelete
    Replies
    1. dimana ada kemauan pasti ada jalan gan

      Delete
  10. Kapan-kapan aku kessana lah :D Nunggu mbojo :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. wuah mas nazar mau honeymoon ke taiwan

      Delete
  11. wah keren mbak :D ajakin aku ke situ dong :p

    salam http://www.nandarious.com :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah ini juga saya dah ajak mas.....

      rumah baru ya? selamat ya mas nandar

      Delete
  12. Wah,,,,, enak juga ya jadi blogger traveling, bisa berbagi cerita dan berabgi informasi. Hm..... kapan ya aku bisa ke Taiwan ?

    Salam wisata

    ReplyDelete
  13. kalau nyimak sepertinya mirip dengan Lembang, Ciater - Bandung kali ya, cuman rada lebih canggih prasarananya...gituh kali ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya belum pernah ke lembah citer bandung mang

      Delete
  14. sepertinya mbak maya sudah sangat hafal nich sama daerah-daerah atau tempat di taipe :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. cuma nyatat aja mb,,,,biar hafal dan juga spa tahu ada yg membutuhkan

      Delete
  15. taiwan,,jadi tau (lagi) yang ada disana :)

    ReplyDelete
  16. mb' maya ini berarrti ada di china yah mb', jadi teringat sama kakak saya mb' rihar diana

    ReplyDelete
  17. pengetahuan baru lagi nih, thank dah berbagi

    ReplyDelete
  18. saya kurang tau tempat2 wisata di taiwan yang terkenal. taunya industri IT di taiwan ini sangat maju

    ReplyDelete
  19. kapan ya bisa jalan jalan ketaiwan... impian saya untuk main ke jogja saja dari dulu belum kesampaian mbak.. apalagi ke luar negri hehehehe....

    ReplyDelete
  20. menarik banget, tuntas dibaca sampai selesai, tp malah lebih ingin mengomentari pemilihan font yg terlalu tebal, bikin kurang nyaman mbak baca artikel njenengann

    ReplyDelete
  21. Walaupun Wulai terletak dipinggiran tak ada salahnya untuk mengunjunginya.. karna banyak menyimpan keindahan alam yang menakjubkan...
    Go Wulai.... :)

    ReplyDelete
  22. Singgah dan follow di sini. Jemput ke blog saya pula ya. Terima kasih. Salam dari Malaysia.

    ReplyDelete
  23. baju adatnya mirip2 salah satu baju adat yg ada di Indonesia.., nyontek kali ya heheh.. *smile

    ReplyDelete
  24. Asik kesana kayanya O.O

    mampir ke blog ane juga ya sis ^^

    ReplyDelete
  25. kapan2 ketaiwan deh nanti kalau dah nikah deh .... rencananya bulan madu .. kesana sama istri nanti ..

    ReplyDelete
  26. jadi tambah wawasan ni tentang negeri jiran

    ReplyDelete
  27. saya ikut nyimak aja mbak, soalnya belum pernah jalan-jalan ke taype atau taiwan :D

    ReplyDelete
  28. Idem sama mba' Ririn cuma bisa nyimak aja, boro-boro jalan-jalan ke Taiwan mba' tempat wisata di Indonesia aja masih banyak banget yg blom kesampean padahal tempat wisata lokal juga gak kalah bagus dengan tempat wisata luar :)

    ReplyDelete
  29. saya juga ikut nyimak aja, soalnya belum pernah kesana hehehe

    ReplyDelete
  30. Wah... ada lagi ilmu baru... tepatnya ilmu tempat wisata...

    ReplyDelete
  31. blom ada yg baru ni mbk maya. *smile

    ReplyDelete
  32. *o*) pengen juga mampir kesana
    tapi ga bisa bhasanya, walaupun kanji dan hanji itu sama bentuknya, tapi kan beda
    kan ga lucu nanti komunikasinya, mana inggris saya pas pasan xD

    ReplyDelete
  33. Tambah info nich :)
    Semoga suatu saat nanti saya bisa berkunjung ke Wulai dan Atayal seperti mbak MaYa, amin ^_^

    ReplyDelete
  34. saya 2tahun di taiwan malah belum pernah dengar itu hahahaha... kasian deh saya..

    ni hau ma ? ni taiwan nali ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. di taipei mas,,,,
      emangnya dimana dulu mas?

      Delete
    2. shulin mana mas? hehehehehe
      maksud saya ikut area mana?

      Delete
  35. Kapan ya..ada yang mau ngajak kesana :)

    ReplyDelete
  36. enak ya bisa jalan ke luar negeri... :)
    ngomong2 pakaian adatnya kayaknya mirip juga ya mba sama suku dayak hehehe...

    ReplyDelete
  37. wak kapan yah bisa jalan-jalan ke sana, liat pakaian adatnya mirip dengan pakaian adat di Indonesia hehe...

    ReplyDelete
  38. nyimak ya mba....
    maklum lah pengunjung baru disini,moga boleh ikut nimbrung silahturrahmi bersama temen2 yg lainnya disini.

    salam

    ReplyDelete
  39. Info dan foto-foto obyek wisata yang amat menarik di Wulai Taiwan. Menurut situs HotelsCombined, Taiwan berada di urutan kelima setelah Hongkong, Macau, Korea Selatan, dan Thailand sebagai destinasi wisata paling populer bagi turis dari Cina. Tentu banyak juga wisatawan dari Indonesia yang berkunjung ke Taiwan ini.

    Fakta yang amat menarik adanya kesamaan dari segi budaya, pakaian Suku Atayal sama persis dengan Suku Dayak yang ada di Kalimantan. Cukup banyak budaya dari luar yang masuk, berbaur dan menjadi ciri khas keseharian penduduk setempat di Nusantara ini. Keanekaragaman budaya Nusantara yang mengagumkan.

    Salam cemerlang!

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih sudah menambahkan dengan lengkap pak

      Delete
  40. Penasaran, orang China yg di Indo liburannya kemana ya?? apa kesana juga ^^

    ReplyDelete
  41. baru tahu saya ada daerah yg namanya wulai..

    ReplyDelete
  42. Indonesia juga tak kalah menarik sobat hahaha...

    ReplyDelete
  43. keasikan di cina kapan pulangnya ke Indonesia mbak

    ReplyDelete
  44. Pingin sekali saya ke Wulai nyusul mbak Maya, hehehe x-)

    ReplyDelete
  45. tempatnya jauh, mkhs atas wawasan yg diberikan

    ReplyDelete
  46. tempat pariwisata nya keren2 ya di sana

    ReplyDelete
  47. Keren banget tempat pariwisata jadi pengen kesana hehe

    ReplyDelete
  48. kajian tentang suku wulai dan dayak yang sangat menarik..

    aku pernah baca sebuah artikel tapi lupa sumbernya dimana, yang menyebutkan nenek moyang suku dayak itu berasal dari daratan cina, tapi dalam artikel tersebut tidak menyebut secara spesifik suku seperti wulai dan seterusnya

    bisa saji alasan yang di tulis maya diatas sangat masuk akal. karena diantara budaya dayak kalau kita amati mirip mirip dengan yang ada di taiwan dan sekitarnya.. tulisan menarik .. ayo terus berbagi.. happy blogging

    ReplyDelete
  49. hahahaha jadi pengen main kesana nihh :D

    ReplyDelete
  50. cool!


    kunjungi jg web ane http://www.tokotenga.com

    ReplyDelete

 
Toggle Footer