Breaking News
Loading...
Friday, November 8, 2013

Manfaat Makan Cabe

8:09 AM
Sobat dunia maya ada yang suka makan makanan pedas gak? Rasa pedas berasal dari cabe, beberapa diantara sobat pasti suka makan cabe, baik itu cabe olahan maupun mentah, cabe olahan disini dalam arti untuk bumbu dalam sebuah masakan, nah kalau yang mentah pastinya dimakan bersama makanan lain seperti gorengan dan lain-lain. Ada berbagai macam varietas cabe yang ada, pedas dan tidak pedas, warna cabe pun beraneka ragam diantaranya kuning, merah, hijau, putih.

Ada banyak mitos tentang cabe, katanya sih terlalu banyak makan cabe tidak baik untuk perut karena akan meningkatkan refluks asam dan juga merugikan hati, selain itu sebagian orang bilang terlalu banyak makan pedas tidak baik untuk kulit karena konon bisa mengakibatkan munculnya jerawat, bener gak? yang pasti kalau sobat suka makan pedas, jangan berlebihan dan sewajarnya aja. Apalagi kalau pas harga cabe melunjak tinggi, bagaimana sobat mengatasinya? apa masih tetap mengkonsumsi pedas? hehehehe,,,,

Cabe memiliki reputasi sebagai salah satu penyebab utama sakit maag, nah bagi sobat yang suka makan makanan pedas, maka sobat wajib mengetahui manfaat kesehatan dari makan cabe:

1. Mencegah Penyakit Jantung
Cabe tidak hanya menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida, tetapi juga mengurangi agregasi platelet yang sering menyebabkan pembekuan darah, ini bisa mencegah kita menderita penyakit jantung.

2. Mengurangi Peradangan
Capcaisin yang terdapat pada cabe paprika sanagt efektif dalam pengobatan artritis, nyeri punggung dan kesehatan lainnya.

3. Meningkatkan Pencernaan
Cayenne yang terdapat pada cabe paprika bisa memperbaiki pencernaan karena meningkatkan produksi asam klorida. Cayenne juga bisa mengatasi masalah kembung pada perut.

4. Kesehatan Tulang
Cabe juga kaya akan kalsium, ini salah satu manfaat makan cabe, baik untuk kesehatan tulang kita.

5. Menurunkan Kadar Gula Darah
Cabe bisa menurunkan kadar gula dalam darah sehingga baik untuk dikonsumsi bagi Penderita Diabetes dan yang ingin menurunkan berat badan atau diet.

6. Mencegah Stroke
Rasa pedas yang berasal dari cabe bisa meningkatkan sirkulasi darah dan memompa detak jantuk dengan baik, cabe juga mengencerkan darah yang membuatnya efektif untuk mencegah stroke.

7. Mengobati Nyeri
Cabe merupakan pereda nyeri yang baik bagi orang-orang yang menderita penyakit auto-inflamasi seperti arthritis dan artritis.

8. Mencegah Kanker Prostat
Capcaisin yang terdapat pada cabe bisa membunuh sel-sel kanker dalam tubuh.

9. Baik Untuk Lambung
Selain mencegah kanker, ternyata cabe juga bisa melindungi lambung.

10. Menurunkan berat Badan
Cabe adalah salah satu makanan pembakar lemak yang paling efektif untuk menurunkan berat badan

Dari uraian di atas, sekarang kita tahu manfaat dari makan cabe untuk kesehatan kita, yang pasti sewajarnya aja dan tidak mengonsumsi pedas secara berlebihan.sumber

82 komentar:

  1. kirain cuma buat rujakan mbak =p~
    tapi kalau makan cabenya kebanyakan ngga bagus juga ya

    ReplyDelete
  2. Waah.... si pedas ini ternyata segudang manfaatnya ya, tapi klo saya emang kurang suka sama makanan pedas, dikit aja makan pedas langsung mules apalagi yang level 3 ke atas, huahhh.... >_<

    ReplyDelete
    Replies
    1. bikin nanngis juga ternyata si cabe ini

      Delete
    2. saya dengar suara cabe aja air liur sdh menetes alias ngiler, hmmm @-)

      Delete
    3. bakal makin banyak nih pertumpahan air liur nih disini.. b-(

      Delete
  3. bersyukur saya suka banget dengan makanan pedas...baik yang pedasnya cuma agak-agak maupun yang pedas banget...anehnya, saya yang punya sakit maag kalau makan cabe yang sudah dimasak misal sambel, nggak papa, tapi kalau makan cabe mentah (lalap gorengan) langsung kambuh...

    ReplyDelete
    Replies
    1. mentah pedasnya nya lebih terasa 'nggethab' kali ya mb :)

      Delete
  4. Cabe sipedas menyembunyikan rahasia dan saya baru mengetahuinya. :)

    ReplyDelete
  5. Ternyata cape ada manfaatnya juga yah :)

    ReplyDelete
  6. kok saya terbaliknya, jika makan cabe langsung lampung perih dan mules. Blognya semakin cantik euy !

    ReplyDelete
  7. saya tidak suka makan cabai. karena saya tidak suka pedas... :-d

    ReplyDelete
    Replies
    1. sesekali boleh nyoba mas,,,pasti ketagih dech :d

      Delete
    2. Cabe memang banyak banget mamfaatnya, buktinya dapat menurunkan berat badan , kayak sepupu saya dulu dia gemuk banget tapi sekarang dia lebih kurus dari yg sebelumnya karna sering banget makan cabe, jadi untuk yg mau kurus mendingan makan cabe aja, enak lololo

      Delete
  8. saya suka makan pedas mbak maya tapi kok perutnya sekarang sudah banyak luka bekas cabe....

    ReplyDelete
  9. ternyata bisa mencegah stroke juga ya

    ReplyDelete
  10. Ternyata banyak sekali ya manfaat cabe ini. Tapi pedes mbak hehehe ^^

    ReplyDelete
  11. bagi saya, tidak ada yg namanya makan kalau tidak ada cabe. Pokoknya,,, harussss ada cabe,,,

    ReplyDelete
  12. wah ternyata banyak juga yaa manfaatnya

    ReplyDelete
  13. wiih yang ga suka makan cabe sudah bisa mencobanya ni dari sekarang,
    ane paling doyan sama cabe, apalagi super pedas.

    ReplyDelete
  14. manfaat cabe merah banyak, tapi bisa bikin perut senep juga ya mbak @-) hehehe

    ReplyDelete
  15. wah harus sering-sering makan cabe nih biar sehat... padahal saya nggak begitu doyan pedes, makasih mbak buat penjelasannya sangat bermanfaat :)

    ReplyDelete
  16. wah ternyata manfaat cabe banyak juga ya mbak.. hmm padahal saya tidak suka sambel lo mbak.... gimana ya.. harus di latih untuk makan pedas nih....

    ReplyDelete
  17. Wah wah wah... itu gambar: cabenya ada 1 apa 3 sih May??

    ReplyDelete
  18. selain ada manfaatnya, pasti ada kerugiannya juga dong May, kapan2 di post ya :)

    ReplyDelete
  19. wah kalau begini aku sering makan cabe nantinya karena kegemukan mudah-mudahan badan bisa turun dengan banyak makan cabe

    ReplyDelete
  20. bicara mengenai manfaat cabe untuk lambung..pernah ada seorang teman yang memberikan saran pengobatan buat kawan yang lagi sakit maag, caranya adalah dengan mengkonsumsi cabe...., dan dari teman itu pula saya ketahui bahwa cabe cocok buat mengobati sariawan...
    btw-jangan lupa ikutan GA ku ya... di http://hariyantowijoyo.blogspot.com/2013/10/masuk-neraka-siapa-takut.html salam :-)

    ReplyDelete
  21. ternyata lombok memang banyak manfaatnya ya.. berarti saya tidak salah kalo suka makanan yang pedes2..

    ReplyDelete
  22. Buat sariawan pernah coba dan sembuh ^^

    ReplyDelete
  23. wah banyak sekali manfaat dari cabai ternyata, setahu saya cuman buat bumbu masakan aja heheheh

    ReplyDelete
  24. Ternyata banyak manfaat nya,klo makan bakso tanpa sambal(cabe)rasa nya kurang nyes

    ReplyDelete
  25. Ternyata eh ternyata, dibalik pedas cabai banyak tersimpan manfaatnya yah mbak, saya baru tahu. hatur nhun alais terima kasih infonya.

    ReplyDelete
  26. Kalau ane sih makan nya nggak cepet kalau kagak pake cabe.
    Soalnya sensasi nya lumayan waow ;-(

    ReplyDelete
  27. Banyak Banget manfaatnya mbak ya , , ,
    salam kenal

    ReplyDelete
  28. banyak banget manfaatnya,,, tapi kalau makannya kebanyakan gak baik juga kan ??? heheh =p~

    ReplyDelete
  29. Tapi bukanya cabe kalo terlalu banyak di makan,menyebabkan usus buntu?,, :-?

    ReplyDelete
  30. jangan banyak2 ntar tambah ndower hahah

    ReplyDelete
  31. yang penting ga kebablasan makan cabe aja

    ReplyDelete
  32. Wahh Ternyata Banyak Juga yah Manfaat Dari Cabe ini Hmmm ... Jujur mbak saya Baru tahu hihi Makai yah atas Infonya :)

    ReplyDelete
  33. saya penghobi makanan pedas/cabe merah, ngga asik kalau makan tanpa keluarin keringet karena kepedesan, luahladalaaa... ternyata manfaatnya makjleb banget ya....berarti harus melanggar aturan dokter pribadi saya dong kalau begitu mah

    ReplyDelete
  34. kalu makan cabe itu hobi sayah, dibuat sambel, di pepes, di oseng - oseng tapi cabe hijau , itu dapat menambah nafsu makan dan penambah selera makan

    ReplyDelete
  35. wah, ternyata banyak juga manfaat dari cabe itu yak,,,
    sayangnya saya gk suka pedes..hehehe

    ReplyDelete
  36. itu bibir makan cabe kok seksi ya.... :d

    udah datangnya telat,komennya gak nyambung..... :-)

    ReplyDelete
  37. Wow.. rupanay banayk sangat manfaatnya buat kesehatan, bahkan bisa cegah stroke dan penyakit jantung,, keen. jadi termotivasi buat makan cabai. hahaha

    ReplyDelete
  38. aku nggak suka makanan pedes.. aku kan cinta damai.. eh ngomong2 itu gambar bibirnya siapa ya? seksi sekali

    ReplyDelete
  39. Selain bikin enak buat makan bakso..cabe ternyata byk manfaatnya jg ya mbak

    ReplyDelete
  40. wah ternyata manfaat cabe banyak juga ya mbak..
    Poin terakhir no 10 kalo tiap hari makan banyak cabe di jamin berat badan turun, soalnya mules tiap hari :))

    ReplyDelete
  41. bru tau rupanya cabe ada manfaat nya,,tpi bila dikonsumsi berlebihan..bukannya mnambah mnfaat tpi akan mnimbulkan efe ngatif lainnya

    ReplyDelete
  42. nggak nikmat makanan tanpa cabe..apalagi manfaatnya segitu banyak

    ReplyDelete
  43. Harus request kesapa ya biar bisa di kapsulin cabenya :-? , dari pada makan langsung takut drop (m) .

    sesekali boleh lah merasakan cetar membahana di bibir (k)

    ReplyDelete
  44. mantap mas, kunjungi juga blog adik ya http://prediksibola888.blogspot.com

    ReplyDelete
  45. Gak suka yang pedes"

    http://sharebertron.blogspot.com/

    ReplyDelete
  46. ternyata cabe manfaatnya banyak jg yaa, berarti selama ini ska makan pedas ada untungnya jg...
    :D

    ReplyDelete
  47. wah, berarti haruz sering-sering mkn cabe ne...!!!

    ReplyDelete
  48. Makasih gan atas informasinya salam kenal gan...
    kunjungan pertama
    :)

    ReplyDelete
  49. ternyata banyak manfaatnya yah.. cuma sayang saya tidak terlalu suka sama cabe :(

    ReplyDelete
  50. banyak juga manfaatnya ternyata kalau makan cabe ya sob

    ReplyDelete
  51. Waah cocok nie bagi yang terkena stroke, bisa melebarkan pembuluh darah ya Mas ?

    ReplyDelete
  52. klo ane juga suka yg pedes2, tapi klo kebanyakan bisa sakit perut juga @-)

    ReplyDelete
  53. makan cabe ngak bikin sakit perut,,,,asal jangan di komsumsi sama daunnya ya?.....heeeeee

    ReplyDelete
  54. tapi makan cabenya jngan terlalu bnyak kn ??

    ReplyDelete
  55. wah,,makan cabe ternyata ada manfaatnya juga ya, tapi kalau banyak bisa buat perut makin mules.

    ReplyDelete

 
Toggle Footer