Breaking News
Loading...
Friday, December 13, 2013

KASTUBA dan KHASIATNYA

10:42 PM
Dunia Herbal-Kastuba (Euphorbia pulcherrima) adalah tanaman subtropis yang berasal dari Meksiko bagian selatan dan Amerika Tengah. Kastuba lebih dikenal dengan sebutan Poinsettia yang diambil dari nama menurut duta besar pertama Amerika Serikat untuk Meksiko, yang memperkenalkan tanaman hias ini ke AS pada tahun 1825.
Di negara beriklim sejuk, kastuba digunakan sebagai tanaman hias pengganti bunga yang sulit didapat di musim dingin.

Braktea dan Cyathia
Kastuba berjenis tanaman perdu dengan tinggi mulai 60cm-4meter. Daunnya berbentuk oval, berwarna hijau tua, panjang sekitar 7-16 cm.

Cyathia adalah sebutan bunga yang bergerombol di ujung batang tersusun dalam rangkaian dan tidak mempunyai daun mahkota, sedangkan braktea yaitu daun bagian atas yang berwarna merah tua, merah jambu, dan putih. Daun tanaman bagian atas yang berwarna menarik inilah yang sering disangka sebagai bunga.

Kandungan Kimia
Daun mengandung alkaloid, saponin, lemak, amylodextrin.
Batang mengandung saponin, sulfur, lemak, amylodextrin, asam format, dan kanji. 

Sifat dan Khasiat Kastuba
Rasanya pahit, sepat, sifat nya sejuk, toksik.
Berkhasiat sebagai perangsang muntah, menormalkan siklus haid, menghentikan pendarahan (hemostatis), mempercepat penyembuhan tulang yang patah, menghilangkan bengkak, dan melancarkan keluar nya ASI.

Bagian yang Digunakan
Bagian tanaman yang dapat digunakan sebagai obat adalah seluruh tanaman nya. Untuk Penyimpanan, lakukan pengeringan.

Cara Pemakaian
Untuk obat yang diminum: gunakan 10-15 g bahan, lalu di rebus.
Untuk pemakaian luar: giling daun segar secukupnya sampai halus, lalu tempelkan ke bagian yang sakit, seperti radang kulit, eripelas, luka berdarah, bengkak karena terbentur (memar), dan bengkak karena tulang patah.

Contoh Pemakaian
- Radang kulit, erispelas, dan luka memar:
Cuci daun kastuba segar secukup nya, lalu tumbuk sampai halus.
Turapkan pada bagian yang sakit, lalu balut.
Ganti 2-3 kali sehari. Hentikan jika timbul lepuh.

- Melancarkan ASI dan Menormalkan siklus datang bulan
Cuci bunga kastuba segar sebanyak 10 g, lalu rebus dengan 2 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Setelah dingin, saring dan minum sehari dua kali, masing-masing setengah gelas.

85 komentar:

  1. baru tahu manfaatnya sebagai obat, setahu saya tanaman ini banyak dipesan untuk tanaman hias penghias di berbagai mall dan hotel,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener sob,,,,,
      identik dengan tanaman hiasan natal
      karena warna yang merah merona,,, banyak di jadikan dekorasi

      Delete
    2. pengen ahh beli buat ditaroh di dalam rumah buat natalan nanti berhubung pohon natal dirumah lagi rusak jadi kepikiran beli ini nantinya ..dan suka banget sama manfaat nya x-)

      Delete
    3. Khusus buat cewek ya...??? klu gitu saya ambil tanamannya aja deh kebetulan saya juga natalan :D

      Delete
    4. umum gan,,,,
      cowok n cewek semua bisa kog :)

      Delete
  2. wah kak maya, keren!! udah ada adsensenya :) .

    ReplyDelete
  3. saya gak paham sama bunga ini.. :) .

    ReplyDelete
  4. Bisa jadi obat juga ya mbak..itu basah atau dikeringkan waktu rebusnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau direbus pasti bsah mbak.. kan pake air ngrebus nya,..? hwehehehe

      Delete
    2. hahaahaa,,, kalau mau basah direbus, kalau mau kering di panggang.. :))

      Delete
    3. kalau dipanggang gosong donk mas andy .. :D

      Delete
  5. baru lihat kastuba di blog mbak Maya :-d

    ReplyDelete
    Replies
    1. karena di tempat kang ucup gak ada kastuba, yang ada cuma kasturi.. :))

      Delete
    2. tempatnya mas andy ada apa? :))

      Delete
  6. Bunganya bagus dan ada khasiatnya lagi :)

    ReplyDelete
  7. wah, selain cantik, mudah dikembangkan juga bermanfaat ya...

    itulah kelebihan Rabb kita, menciptakan sesuatu, pasti ada kebaikan yang bisa diambil untuk kehidupan manusia

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mb,,,,, semua ada manfaatnya tuk kita

      Delete
  8. Tanamannya cantik dan colorfull selain itu bisa jadi pengganti betadine dan obat merah ya sis. Lumayan kan irit uang :-)

    ReplyDelete
  9. kastuba.. baru dengar saya mbak..? kira kira tanaman ini ada di indonesia nggak mbak...?

    ReplyDelete
    Replies
    1. masak sih mas baru dengar?
      banyak mas,,,, mungkin baru terasa lihat di sini atau di dunia nyata ORAk galebho? :))
      ada mas,,,, banyak,,,,,

      lagi musim n banyak ni

      Delete
  10. Tidak hanya indah namun mempunyai manfaat juga ya mbk tanaman ini.

    ReplyDelete
  11. Pertama kalinya nih liat plus tahu bunga ini :)
    Kalau gak ngeblog, pasti gak tahu ada bunga secantik ini...
    hehehe :)

    ReplyDelete
  12. di belakang rumah banyak sekali kastuba,yang tanam ibu saya,tapi nggak tahu kasiatnya,dan sekarang jadi tahu deh manfaatnya,ok Terimakasih mbak Maya untuk info yang satu ini,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. dibikin masakan bisa nggak yah kang Dede hehe...

      Delete
    2. sama2 kang dede

      wah mas antonie ni,,, masak kastuba mw di masak? :-d

      Delete
  13. Baru denger saya mba .. :D disini jadi tambah wawasan saya :D

    ReplyDelete
  14. Selain kastuba itu indah buat dijadikan tanaman hias, ternyata tanaman ini ada khasiatnya juga ya, mantaaap deeh... :)

    ReplyDelete
  15. banyak juga manfaatnya tanaman kastuba ini yah mbak, saya kira cuma buat hiasan aja, makasih buat infonya :)

    ReplyDelete
  16. ini cocok buat para ibu...karena bisa melancarkan haid dan air susu ;-)

    ReplyDelete
  17. Belum pernah liat kayaknya,,,thanks sharednya, Mbak May, jadi tahu sekarang!

    ReplyDelete
    Replies
    1. masak sih kang belum pernah lihat? hehehe

      Delete
  18. Tanaman hias ini kyknya... ada khasiatnya juga...

    ReplyDelete
  19. wah wah ilmu baru lagi buat ane nih gan :D

    ReplyDelete
  20. ow namanya kastuba, wah bisa jadi alternatif kalo luka di gunung neh, eh tapi ada gak ya di atas gunung .... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. g tahu mas,,,, lama g muncak ke gunung :)
      mungkin ada kali ya :))

      Delete
  21. Saya belum pernah lihat tanamannya.... kira kira kalo di indonesia bisa dapetin di mana ya :)

    ReplyDelete
  22. kastuba feminim banget ya, bnyak bermanfaat buat perempuan
    kyaknya blom pernah liat

    ReplyDelete
  23. Bunga kastuba saya pikir hanya bunga khias, ternyata juga memiliki khasiat sebagai obat ya Mba. Hm..... makasih infonya.

    Salam,

    ReplyDelete
  24. Sama nh belum pernah lihat kastuba!cuma lihat gambar nya doank

    ReplyDelete
  25. makasi artikelnya bermanfaat sekali

    ReplyDelete
  26. selain sebagai hiasan ternyata bermanfaat obat juga ya

    ReplyDelete
  27. Aku belum tahu persis bentuk bunganya, mungkin pernah liat tapi lupa atau tidak tahu namanya.

    ReplyDelete
  28. Saat aku berkunjung kemari kok ada peringatan tidak boleh menghapus atau merubah link cridit ya ? apakah template ini telah menghapus link cridit bawaan template ?

    ReplyDelete
  29. waduh saya baru tahu dan baru lihat bunga ini... di Indo gak ada ya mbak?

    ReplyDelete
  30. sepertinya bagus tuh buat bunga natal :d

    ReplyDelete
  31. wah ternyata banyak juga ya mbak manfaat dari kastuba ini. Sepertinya bisa dicoba nich ^^

    ReplyDelete
  32. salah satu kekayaan flora indonesia yang sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  33. bentuknya seperti bunga kertas ya mbak

    ReplyDelete
  34. ternyata bisa juga yah mbak untuk melancarkan asi bener-bener tanaman yang banyak manfaatnya :)

    ReplyDelete
  35. Dari air rebusannya ya ukhti, agak pahit pasti hihihi..

    ReplyDelete
  36. mantap sekali mbak,jadi pengatahuan baru buat saya

    ReplyDelete
  37. baru tau kalau namanya kastuba, dari dulu pngen bgt punya bunga itu tpi lom sempet beli...!!!
    :)

    ReplyDelete
  38. di Indonesia ada yang Jual gak tu??

    ReplyDelete

 
Toggle Footer