Breaking News
Loading...
Thursday, December 19, 2013

RTI

10:41 PM
Sejarah-Radio Taiwan International (RTI) adalah stasiun radio nasional dari Republik Cina di Taiwan. Disiarkan dari Taiwan, radio ini berperan sebagai radio nasional milik pemerintah yang berfungsi untuk menyebarkan berita Taiwan ke seluruh penjuru dunia.

Nama awal dari Radio Taiwan International adalah CBS (Central Broadcasting System) (Chinese: 中央 廣播電台 Pinyin: Zhōngyāng-guǎngbō-diàntái), didirikan pada tahun 1928 oleh partai Kuomintang (KMT) yang saat itu masih berkuasa di Nanjing (Nanking). Di masa perang dunia II, peperangan dengan Jepang memaksa stasiun radio ikut mundur bersama pemerintah nasionalis. Setelah berakhirnya perang dunia II, terjadilah perang saudara antara KMT dengan partai komunis Tiongkok. Kuomintang kalah perang dan mundur ke Taiwan pada tahun 1949, demikian pula radio CBS ikut mundur bersama pemerintah ke Taiwan.

RTI mempunyai 28 ruang studio lengkap dengan peralatan siaran yang terbaru dan modern. Di lantai 3 terdapat ruang dokumen sejarah yang menyimpan materi literatur, dokumen-dokumen, souvenir kenangan dari para pendengar di seluruh dunia sejak berdirinya radio RTI pada tahun 1928. Selain itu juga memamerkan mesin-mesin bekas penyiaran radio dalam masa perang dunia ke 2.

RTI mengudara setiap hari dengan 13 bahasa, antara lain: Mandarin, dialek Taiwan (Minnan), dialek Hakka, dialek Canton, Inggris, Jerman, Perancis, Rusia, Spanyol, Jepang, Vietnam, Thailand dan Indonesia. Program acara yang disajikan meliputi berita, politik, ekonomi, budaya, pendidikan, hiburan, pelayanan masyarakat dan lain lain.

40 komentar:

  1. Replies
    1. Selamat mas atas pertamaxnya, silahkan hubungi pak Lurah utnuk segera mengambil kupon undiannya :d

      Delete
    2. Saya masih dapat Pertamax gak yah biar :-?
      Dapat subsidi dari Pak Lurah. Mas Marnes
      Apa kabarnya..? Mas Dwiky salam kenal ya ? (c)

      Delete
    3. @dwiky,,,, di amankan kemana ky? :))

      Mas @Marnes...... buruan mas

      Mas @Saud,,,,, masih mas
      salaman dulu ya,,,,, :))

      Delete
    4. saya minta beras nya saja deh, boleh nggak pertamaknya tak tukerin sama beras xixixixixi

      Delete
    5. Mana beras mana mana :-d saya pasti gak nolak
      deh kalau Mbak Maya bagi-bagi Beras Hay Mas Nady (o)
      Yu datengi Rumah Mbak Maya ambil bers nya hhhh :d

      Delete
  2. Wah jangankan radio taiwan mbak, untuk radio lokal aja banyak yang gak tau :)

    ReplyDelete
  3. Selamat sore Mbak Maya. ijin nyima RTI nya tapi saya belum tau tuh Mbak
    Hebat Mbak Maya relasi sebagai Fans atau pengamat radio tersebut
    Tapi menarik juga Mbak. terima kasih sudah berbagi info bermanfaat :) :-d

    ReplyDelete
  4. radio taiwan ini ternyata mempunyai sejarah yang cukup panjang ya mbak :)

    ReplyDelete
  5. mungkin kalau di indonesia radio RRI ya mbak, radio milik pemerintah, hehehe oya itu foto nya gimana to mbak, kok ada yang jungkir balik gitu orang nya hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin kali ya mas :))
      RTI juga ada di indonesia

      Delete
    2. yang jungkir balik patung mas :))

      Delete
  6. RTI termasuk jaringan FM atau Am tuh mba.. keren banyak bahasa yang bisa didengar (h)

    ReplyDelete
  7. Kalau disaya ini mediacorp mbak maya....saya kurang tau tp sejarahnya

    ReplyDelete
  8. Ada bahasa indonesianya juga ya.. Keren bgt nih radio :)

    ReplyDelete
  9. fotox kabur mbk Maya.., ruar biasa sdh sangat tua pantas fotox rabun hehe... (o)
    makasih infox mbk Maya.. *smile

    ReplyDelete
  10. <-- Taunya cuma RRI punya indonesia hihihi

    :-d

    ReplyDelete
  11. Wow.. ada bahasa Indonesianya juga... salut deh..

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada bang,,,, penyiarnya juga dari indonesia :)

      Delete
  12. turut bangga karena ada bahasa Indonesia yang ikut disiarkan juga :)

    ReplyDelete
  13. aku tadi mengira RTI itu apa ya..mungkin semacam studio televisi swasta..atau RCTI tapi lupa ditulis huruf C nya..eh ternyata radio taiwan international :-)

    ReplyDelete
  14. Kira-kira lagu Panturaan daerah saya ada gak yah Mbak Maya
    Di RTI ini kaya nya tambah asyik tuh. di Indonesia siaranya
    Ketangkep Gak Mbak May .? @-)

    ReplyDelete
  15. wahhhh kereennn,,, nyimak aja deh,,..

    ReplyDelete
  16. Kunjungan pagi Mbak Maya, selamat beraktifitas :)

    ReplyDelete

 
Toggle Footer