Breaking News
Loading...
Thursday, March 13, 2014

Ragam Manfaat Kulit Jeruk

12:04 AM

dunia maya - Buah jeruk merupakan sumber terbaik vitamin C, selain baik untuk perawatan kulit. Namun, sering dibuang percuma, kulit jeruk ternyata memiliki sejumlah manfaat untuk kesehatan.

Kulit jeruk mengandung empat kali lebih banyak serat dibanding daging buah, serta lebih banyak tangeretin dan nobiletin-flavonoid sebagai zat antikanker, antidiabetes, dan anti-inflamasi.

Menurut penelitian sebuah studi pada tahun 2004 menunjukkan, kulit jeruk lebih efektif mengurangi kolesterol LDL dibanding obat yang diresepkan. Senyawa flavon polymethoxylated pada kulit jeruk juga baik untuk mencegah penyakit jantung dan peradangan.

Berikut sejumlah manfaat kesehatan yang dapat diperoleh dari kulit jeruk:

- Membuat kulit wajah terlihat lebih bersih dan cerah.
Yaitu dengan cara menyerap minyak berlebih serta mengangkat sel-sel komedo dan kulit mati pada wajah.

Cara membuat:
Kulit jeruk kering tambahkan susu secukupnya lalu diblender dibuat masker.

Cara Menggunakan:
Oleskan masker kulit jeruk ke seluruh wajah dan diamkan selama 30 menit, lalu bilas hingga bersih.

- Membantu mencegah sembelit dan mengurangi mual dan mulas.
Selain itu, kulit jeruk membantu mengeluarkan dahak dan menyembuhkan asma. 

- Membantu melancarkan sirkulasi darah.
hingga berdampak baik pada tekanan darah dan menyehatkan jantung.

- Melancarkan BAB.
Cara membuat: Rebus 12 gram kulit jeruk segar atau 6 gram kulit jeruk kering dengan air secukupnya selama 10 sampai 15 menit. Lalu minumlah 2 kali sehari.

- Mengatasi Bau Mulut.
Bau mulut memang sangat mengurangi kepercayaan diri saat sedang berbicara dengan orang lain. Cobalah mengunyah sepotong kecil kulit jeruk ketimbang permen karet atau penyegar mulut.

- Meringankan nyeri pada gigi geraham.
Caranya yaitu dengan mengunyah sepotong kecil kulit jeruk yang masih segar selama 10 menit sebelum tidur.
Atau rendam potongan kulit jeruk ke dalam segelas air hangat kemudian gunakan untuk berkumur karena dapat membantu merawat gigi sensitif.

- Sebagai Aroma Terapi.
Wangi khas kulit jeruk dapat digunakan sebagai aroma terapi atau campuran potpouri, yang baik untuk mengobati sakit kepala, kecemasan, dan depresi.

Ada sejumlah cara mengkonsumsi kulit jeruk, salah satunya dengan menambahkan serutan kulit jeruk pada olahan makanan.

Nah,,,,, setelah mengetahui sedikit Ragam Manfaat Kulit Jeruk apa masih mau membuang kulitnya juga dan hanya makan isinya saja? manfaatin yuk,,,,! ^__^

46 komentar:

  1. selama ini kalo makan jeruk kulitnya dibuang2..
    ternyata banyak manfaatnya yah, nanti tak kumpulin lah...

    ReplyDelete
  2. Dan benarlah, bhwa tdk ada di dunia ini yang diciptakan-Nya dg sia-sia...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Namun sering kita tidak memanfaatkannya

      Delete
  3. wah kalo gitu besok musti ubah kebiasaan ya?
    kulitnya dimakan dan jeruknya yang dibuang buang :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kulitnya kumpulin mas,,,buat cemilan :))

      Delete
  4. Biasanya kalau saya makan langsung buang kulit mbak...wah ternyata banyak juga ya....

    ReplyDelete
  5. Ternyata daging buah jeruk dan kulitnya, manfaatnya banyakan kulit jeruknya yah Mbak Maya
    Baru tau saya, walaupun kulit jeruk rasanya pahit tak seenak dagingnya namun manfaat
    Yang di dapat untuk kesehatan banyakan dari kulit jeruknya.mkasih atas infonya Mbak Maya :)

    ReplyDelete
  6. banyak juga ya manfaatnya, terima kasih informasinya

    ReplyDelete
  7. wah kulit jeruk pahit kak. Mending isi nya manis :D

    ReplyDelete
  8. susunya, yang cair atau full cream?

    ReplyDelete
  9. kalau saya aroma kulit jeruk sebagai penangkal mual Mbak

    ReplyDelete
  10. Wah ternyata banyak banget ya mbak manfaat atau kasiat kulit jeruk. Padahal ini baru kulitnya belum jeruknya. Hehehe

    ReplyDelete
  11. Jangankan buah daging buahnya, kulitnya pun banyak bermanfaat ya, mbak?

    ReplyDelete
  12. kulitnya udah sedemikian dahsyat manfaat dan kegunaannya ya, apalagi isinya coba....makanya marilah mulay sekarang kita budidayakan tanaman jeruk dikebun atau dihalaman rumah kita...yu mariii...

    ReplyDelete
  13. Wow kulit manggis jadi saingan ni..

    ReplyDelete
  14. wah ternyata banyak manfaatnya kulit jeruk ini. :D tapi banyak orang awam yang belum tahu manfaat ini.

    ReplyDelete
  15. Satu lagi May, buat lotion anti nyamuk, dijamin ampuh kok

    ReplyDelete
  16. walaupun cuma kulit tapi banyak juga ya manfaatnya :)

    ReplyDelete
  17. Ternyata.... tp kurang satu kyknya.. perasan air kulit jeruk bisa buat org pura2 nangis, ewkwkwk

    ReplyDelete
  18. sangat bermanfaat pos tentang kulit jeruk nya sob

    ReplyDelete
  19. Selama ini saya belum pernah memanfaatkan kulit jeruk. *makan jeruk lupa kulitnya*

    ReplyDelete
  20. Banyak sekali ternyata manfaat kulit jeruk ini. Kapan2 harus di manfaatkan nich :)

    ReplyDelete
  21. ternyata bisa buat penghilang bau mulut to.. apa gk pahit ya sis? hehe

    ReplyDelete
  22. hehe dulu pas kecil ama tmen dibuat mainan nih kulit jeruk sis jadi diperes ke penggaris terus dibuatin sarang kyk laba2 gitu :D

    ReplyDelete
  23. sy taunya hny makan aja, soal meramux tuk jd obat gk tau sy,, makasih :)

    ReplyDelete
  24. wah ternyata banyak ya manfaatnya ?? baru tau saya

    ReplyDelete
  25. ane malah baru tahu sob kalau kulit jeruk bisa berguna

    ReplyDelete
  26. Sungguh banyak manfaat ciptaanNya

    ReplyDelete
  27. enak nih mbak jeruknya,bagi2 dunk :)

    ReplyDelete
  28. ternyata ada juga tho manfa'at dari kulit jeruk ini, kira'in cuma isinya aja mbak yang bermanfa'at, gak taunya kulitnya juga berguna, he..........m makasih banyak mbak atas info kulit jeruk nya

    ReplyDelete
  29. banyak manfaatnya juga kulit jeruk yaa :)

    ReplyDelete
  30. jadi kulit jeruk tidak usah dibuang, karena banyak manfaatnya, sip infonya

    ReplyDelete
  31. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  32. buat dijadiin ngusir serangga jg bisa

    ReplyDelete
  33. Alhamdulillah bermanfaat juga kulit jeruk te

    ReplyDelete
  34. Penemuan selalu membawakan hasil seperti kulit jeruk ini salah satunya

    ReplyDelete
  35. Saya juga baru tahu ini sob, banyak berita share bahwakulit manggis yang bagus u/ obat Mas

    ReplyDelete
  36. Biasanya jika mabuk perjalanan, kulit jeruk bisa juga dihirup u/ menetralisir asam lambung yang meningkat

    ReplyDelete
  37. Selain Dibuat Manisan Kulit Jeruk,Ternyata Banyak Mamfaat lainnya juga nih jeruk hehehe..
    nice

    ReplyDelete
  38. bukan hanya kulit jeruk, kulit salak pun juga sama dll, Maha Besar PenciptaanNYA.
    Thanks for share.

    ReplyDelete

 
Toggle Footer