Breaking News
Loading...
Monday, March 17, 2014

Sulit Menabung? Simak Tips Ini,,!

7:48 AM
Sulit mengatur keuangan merupakan salah satu masalah yang paling sering dialami oleh setiap orang. Terkadang gaji yang baru saja kita terima, bisa langsung  lenyap entah kemana (khususnya saya pribadi). Kita pun sering tidak mengerti dan bertanya-tanya dihabiskan untuk apa sajakah uang tersebut. Apakah sobat dunia maya memiliki masalah yang sama?

Belajar menabung Yuk,,,,! simak tips-tips menabung berikut ini:

1.Buat daftar pengeluaran setiap bulan. Yaitu pendapatan yang diperoleh setiap bulannya harus lebih besar daripada pengeluaran. Namun yang sering menjadi masalah adalah malas untuk menabung. Rasa malas tersebut bisa dihilangkan selama kita memiliki keinginan yang kuat. Untuk memilah milih pengeluaran apa saja yang harus ditekan atau bahkan dihilangkan, maka terlebih dahulu kita harus mengetahui kebiasaan yang kita lakukan untuk setiap bulannya, seperti dana untuk cicilan atau sewa rumah, listrik, air, telepon, kebutuhan sehari-hari seperti makan dan baju, ongkos transportasi, dan jalan-jalan. Agar lebih mudah, kita bisa membuatnya pada buku catatan, hp, atau di komputer. Jumlahkan seluruh pengeluaran, Tulis jumlah pemasukan setiap bulan, lalu kurangi dengan jumlah pengeluaran.

2.Sisihkan uang di awal bulan.
Biasanya jika kita ingin menabung dengan uang sisa di akhir bulan, maka jumlah uang yang tersisa tersebut sedikit bahkan terkadang tidak ada. Oleh karena itu tidak ada salahnya menyisihkan uang untuk di tabung di awal bulan. Maksud awal bulan yaitu hari dan tanggal kita menerima gaji. Dengan cara ini maka kita akan berusaha menaati rencana yang telah kita buat sebelumnya yaitu menabung sebesar sekian setiap awal bulannya.

3.Menentukan tanggal untuk menabung. 
tentu hal ini tidak menjadi masalah untuk orang yang memiliki gaji bulanan. Bagaimana dengan gaji harian maupun mingguan? Dengan memiliki tanggal tetap untuk menabung maka secara tidak langsung kita telah menjadikan menabung sebagai gaya hidup.

4.Periksa daftar dan cari pengeluaran yang bisa kita pangkas.
Misalnya, bila biasanya kita makan di luar (membeli siap saji), cobalah memasak sendiri. Batasi pembelian baju, cukup 2-3 bulan sekali, karena kita tidak membutuhkan baju baru setiap bulan. Belajar untuk membeli apa yang kita butuhkan, bukan apa yang kita inginkan.

5.Berusaha menabung secara konsisten tiap bulannya.
Setelah kegiatan menabung benar-benar dapat berjalan dengan baik, maka selanjutnya motivasi diri kita untuk meningkatkan nilai jumlah tabungan untuk tiap bulannya. Banyak motivasi yang dapat digunakan dalam hal ini, misalnya seperti ingin membeli sepeda motor, laptop, rumah, sawah, memberi ongkos naik haji orang tua, niat liburan keliling nusantara atau bahkan ke luar negeri dengan orang-orang yang kita cintai, dan masih banyak jenis motivasi lainnya dimana yang mengetahui hal ini lebih detailnya adalah diri kita masing-masing.

6. Gunakan prasarana untuk mewujudkan.
Setelah motivasi besar dalam menabung sudah ada, maka sebaiknya kita bergerak ke tingkatan yang lebih tinggi. Banyak sarana yang dapat kita pilih, seperti menggunakan rekening tabungan yang tidak bisa di sentuh dalam jangka waktu tertentu seperti deposito, de el el.

7. Jangan remehkan uang recehan.
Walaupun kita sudah berjalan untuk menabung dengan jumlah yang di atas rata-rata, maka lantas jangan meremehkan jumlah yang recehan. Tidak ada salahnya membeli celengan untuk menabung uang recehan yang kita miliki dari pada digunakan untuk keperluan yang tidak penting.

8. Berusaha untuk Hemat.
Tips yang satu ini mungkin agak terdengar klise dan membosankan, Jangan menyepelekan hal ini, karena jika kita terapkan dengan benar dan diikuti dengan usaha mencari uang dengan konsisten maka yakinlah kita akan jauh dari kesulitan keuangan. Kemudian jika kita sudah memiliki kebiasaan baik untuk mau hidup hemat, maka jangan sekali-kali untuk mencoba pola hidup boros, karena pada prinsipnya kita tahu untuk menumbuhkan kebiasaan baik sangatlah susah, sebaliknya untuk merusak kebiasaan baik sangatlah mudah.

Mungkin sobat mempunyai tips tersendiri dalam menabung? bisa ditambahkan dalam komentar,,,,,, ^__^

66 komentar:

  1. Selamat malam Mbak Maya, wow tips nya sangat bermanfaat jika
    Di coba kayanya nih Mbak, saya jujur sangat agak susah untuk
    Menabung coba pakai tips nya Mbak makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seneng aku Mbak Maya, dapet Pertamax di artikel cakep ini :)

      Delete
    2. bukan mas saus. tapi mas saud.. hehe :-d

      Delete
  2. Hmmm makasih tips2nya May.. saya salah satu org yg susah menabung... hehehee

    ReplyDelete
  3. sering banget meremehkan uang receh, menaruhnya berserakan gak tentu arah, hehe

    ReplyDelete
  4. nah mungkin ini yang sulit buat saya lakukan yaitu menyisihkan uang di awal bulan...
    lah biasanya prinsipnya kan nabung itu dari uang sisa di akhir ya...mindsetnya harus diubah pastinya ya mbak, dengan menyisihkan uang di awal bulan pastinya lebih oke daripada menabung dengan uang sisa-sisa belanja

    ReplyDelete
  5. Selalu nya saya menyisihkan uang diawal bulan setelah gajian e giliran akhir bulan ke ambil lagi...saya juga susah nyimpen uang mbak...haus selalu berhemat nih
    makasih mbak tipsnya

    ReplyDelete
  6. Rasya masih lumayan sulit ntu menabung hehe

    ReplyDelete
  7. Selalu ada aja pengeluaran yang mendadak sampai akhirnya agak sulit untuk bisa nabung, tipsnya oke :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas.... mendadaknya itu seharusnya bisa bilang lebih awal biar ada persiapan,,, hehehehe

      Delete
  8. biasanya saya kalau sudah mampir ke mall jadi kalap deh, lupa pada keinginan menabung

    ReplyDelete
  9. Terima Kasih atas postingannya min, berguna sekali :) ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama2 sob
      terimakasih kembali atas kunjungannya

      Delete
  10. banyak godaan mbak kalau mau nabung hehe :D

    ReplyDelete
  11. nomer 7 itu mbak yang sering saya abaikan.. kadang kalau beli kembaliannya recehan dan pasti saya taruh dan tidak saya gunakan.. soalnya males kalau uanngnya recehan hehehehe...

    buat saya yang masih singel alias belum menikah, menabung adalah hal yang sulit mbak. masih banyak maunya soalnya hehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. kumpulin aja mas,,,, ntar tukar uang kerrtas :)

      Delete
  12. Uang recehan gak boleh dianggap remeh

    ReplyDelete
  13. ;-(, ADDUH...masih sulit lakuinnya..!

    ReplyDelete
  14. Kunjungan Rutin Mbak Maya simak lagi tentang tips menabung
    Yah Mbak makasih atas artikel bermanfaat ini salam sukses

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehehe,,,,, saya belum kunbal mas saud :)

      Delete
  15. menentukan tanggal untuk menabung serta berusaha untuk konsisten..itu yang belum saya lakukan.......trimakasih sudah berbagi tips...keep happy blogging always...salam dari Makassar :-)

    ReplyDelete
  16. gk ada uang yang bisa disisihkan, lha masih kekurangan wkwk

    ReplyDelete
  17. bagus ini gan tips nya, kapan-kapan boleh ane coba

    ReplyDelete
  18. saya juga lagi belajar untuk menabung mbak, walaupun agak sulit tapi dengan tips di atas pasti lebih mudah yah mbak, makasih sharingnya :)

    ReplyDelete
  19. Bagian nomor tujuh yang biasanya sering saya abaikan, Mbak May, he he....thanks banget atas tipsnya!

    ReplyDelete
  20. uang receh ama istri saya mesti dibuat beli vetsin klo gk dikumpulin mbk buat beli kerupuk gk pernah diabung soalnya recehan.. pdhl penting ya mksi tipsya mbk :)

    ReplyDelete
  21. syukur saya sekarag sudah mulai belajar buat nabung di awal bulan mbk.. jadi bisa pengeretan semaksimal mungkin pengeluarannya.. hehe

    ReplyDelete
  22. teorinya sangat mudah dipahami, sekali baca langsung ngerti tanpa harus garuk garuk kepala dulu untuk mengerti...cuman praktekinnya yang susah dan konsistensi pada niat menabung itulah yang susah...apalagi kalau sang pacar udah minta dibelikan sesuatu...udah deh...gatot(baca: gagal total) semuanya

    ReplyDelete
  23. teorinya sangat mudah dipahami, sekali baca langsung ngerti tanpa harus garuk garuk kepala dulu untuk mengerti...cuman praktekinnya yang susah dan konsistensi pada niat menabung itulah yang susah...apalagi kalau sang pacar udah minta dibelikan sesuatu...udah deh...gatot(baca: gagal total) semuanya

    ReplyDelete
  24. kalau saya memanfaatkan uang recehan.. jadi kalau dapat uang recehan langsung di masukkan ke botol..

    Makasih atas tipsnya :)

    ReplyDelete
  25. Kalau saya, justru paling suka menabung. Soalnya kita jadi tahu rasa susahnya usaha membeli barang tersebut hehe :D

    ReplyDelete
  26. Weeeeh tipsnya sangat bermanfaat sob (h)

    ReplyDelete
  27. Tips yang sangat bermanfa'at sis, karena bagi saya dan kluarga menabung ini adalah suatu yang wajib dan sudah menjadi kebutuhan hehehe

    ReplyDelete
  28. boleh nih mba maya ??
    jujur aku orangnya susah banget berhemat,, mudah2an bisa dengan cara ini... niatingsung

    ReplyDelete
  29. yang agak susah itu kalau disuruh hemat mbak, soalnya kadang suka dibilang pelit hehe...

    ReplyDelete
  30. Ngejalaninnya yang susah apalagi kalo pendapatan pas-pasan pasti susah. di gimanain juga tetap ngak bisa nabung :)

    ReplyDelete
  31. Dateng ke blog baruku mbak.. belajar-berkata.blogspot.com

    ReplyDelete
  32. saya termasuk sulit menabung, semoga dengan 8 tips ini bisa membantu...

    ReplyDelete
  33. Nah ini cocok bnget tipsnya, tiap blan gak ada lebihnya, malah suka nombok pemasukan :),
    Makasih mba'

    ReplyDelete
  34. Artikel yang sangat bermanfaat gan..Nice artikel gan..thanks...

    ReplyDelete
  35. Artikel yang sangat bermanfaat gan..Nice artikel gan..thanks...

    ReplyDelete
  36. Artikel yang sangat bermanfaat gan..thanks...

    ReplyDelete
  37. wah tips ini wajib ditirunih soalnya saya termasuk orang yang kurang bisa pegang uang .terimakasih mbak untuk tipsnya...

    ReplyDelete
  38. saya nabung nya di warung makan mbak :D

    ReplyDelete
  39. bagus banget nih tips nya, nabung itu pangkal kaya :D

    ReplyDelete
  40. nah ini nih yang ane cari", kebetulan ane susah banget buat nabung
    tabung 10rb esoknya gw ambil 20rb -_-
    untuk ada nih artikel jadi bisa nabung deh hhehe

    ReplyDelete
  41. Kalau ane sih buat target yang ingin dibeli. Misal ane mau belu HP, agar ane bisa cepat beli tu HP, maka mau gak mau ane harus nabung agar bisa ane dapatkan secepatnya..

    ReplyDelete

 
Toggle Footer