DuNiakU, dUNiamU, DUniA KiTa

test

Breaking

Post Top Ad

Your Ad Spot

Sunday, June 1, 2014

LONGTENG BRIDGE

Longteng Bridge merupakan "benda seni rel" adalah jembatan yang terbuat dari batu bata bakar dan pilar bilah tembaga sepanjang 300 meter dan dibangun pada tahun 1905 pada masa pemerintahan kolonial Jepang.

Ketika pembangunannya selesai, konstruksinya dianggap sebagai maha karya. Pada masanya, Longteng Bridge adalah jembatan terpanjang sekaligus tertinggi yang pernah ada di Taiwan.

Pada pagi hari tanggal 21 April 1935, terjadi gempa berkekuatan 7,1 SR yang berpusat di Hsinchu, Gempa besar-besaran menyebabkan jembatan Longteng hancur dan rusak parah dan tidak dapat direnovasi.

Kini, yang tersisa dari Jembatan Longteng hanyalah beberapa pilar yang menjulang. Dengan tinggi sekitar 50 meter dan membentang melalui sungai Yutengping membuatnya menjadi pemandangan yang indah. Pengganti Jembatan Longteng dibangun tidak jauh dari lokasi, hanya sekitar 60 meter jauhnya.

Meskipun tak lagi utuh, seperti dulu kala, reruntuhan Jembatan Longteng justru membuatnya terkenal. Pilar bata merah itu bahkan menjadi spot favorit untuk mengambil foto pre-wedding.

Jika sobat pecinta fotografi, Jembatan Longteng punya banyak keunikan untuk diekplorasi dengan kamera. Sekitarnya sungguh sangat indah. Terutama jika kita datang berkunjung di bulan April-Mei ketika di sini penuh dengan bunga Tung yang bermekaran.

Jembatan Longteng  terletak antara Shengsing Train Station, Stasiun Sanyi Township dan Yutengping Station di Old Mountain Line Railway tepatnya di desa Longteng Miaoli.

Untuk menuju ke sana, kita bisa menggunakan kereta atau bus. Jika naik kereta, pilihlah kereta dengan tujuan Sanyi Railway Station dan lanjutkan dengan taksi menuju Longteng Bridge. Jika memilih bus, naiklah Hsinchu Bus -Sanyi Line di Miaoli Railway Station. Turunlah di kota Sanyi dan lanjutkan perjalanan dengan taksi.

32 comments:

  1. gambar no 1 terasa indah
    tapi sayang, jauh mbak.

    ReplyDelete
  2. bangunannya tinggi besar ya mbak, pasti dulunya terlihat megah.. manusia aja kecil banget di foto :D

    ReplyDelete
  3. Sayangnya jembatannya runtuh.. kalo masih bediri bisa kelihatan kemegahannya.

    ReplyDelete
  4. sudah ku duga pasti ngomongin jembatan hehe

    ReplyDelete
  5. kirain yang mau dibahas loteng=atap rumah ehh ternyata longteng yaitu jembatan yang sudah tinggal bawahnya..

    ReplyDelete
  6. seandainya bisa direnovai pasti keren tuh jembatan

    ReplyDelete
  7. jaman dulu...sudah ada bangunan dengan konstruksi yang fenomenal ...meskipun sudah hanucr gara2 gempa...tapi sisa kemegahannya masih ada...coba bandingkan dengan jaman sekarang di indonesia..., pembangungan monorel saja harus minta bantuan negara lain...apa karena indonesia tidak bisa kerja sendiri ya....
    keep happy blogging always...salam dari Makassar :-)

    ReplyDelete
  8. Wow.. gak kebayang gimana megahnya jembatan ini jaman dulu...

    ReplyDelete
  9. Longteng itu jembatan ya.

    ReplyDelete
  10. Tumben jepang membangun gedung/pondasi rel megah semacam itu. biasanya cuma belanda yang punya ahlinya.

    ReplyDelete
  11. tp sudah tidak terurus lagi ya mba

    ReplyDelete
  12. pemandangan yg indah dan menarik :)

    ReplyDelete
  13. umurnya sudah tuwa aja masih tetep kokoh tiang dan pilarnya ya, padahal dari batu bata bakar, kalau dari ubi bakar mungkin sudah jadi rebutan ya Mbak :d

    ReplyDelete
  14. sebuah peninggalan sejarah yang sangat mengagumkan dan indah ya mbak, sanyang kemegahannya harus berakhir di ujung bencana

    ReplyDelete
  15. yang penting tetap di urus dan di rawat meski tinggal puing puing, karena itu sudah termasuk sejarah. jangan seperti di indonesia yang sering mengabaikan peninggalan sejarah hehehehehe

    ReplyDelete
  16. banyak pengunjung di bawah sisa bangunan yang sudah tua, apa tidak membahayakan bagi keselamatan pengunjungnya ya mbak

    ReplyDelete
  17. pemandangannya bagus ya mba, biar terbuat dari batu bata juga, kalau dirawat dan di lestarikan menjadi keindahan yg tak ternilai :)

    ReplyDelete
  18. Mantap artikelnya, Sukses selalu ya :)

    ReplyDelete
  19. Wah ternyata keren jembatannya :D

    ReplyDelete
  20. Terimakasih atas informasinya. Silahkan berkunjung ke blog saya .:: Artikel Psikologi ::.

    ReplyDelete
  21. Masih dipertahankan bangunannya justru jadi tempat wisata unik ya, kreatif...
    Selamat berkarya kawan & sukses selalu dimanapun kita berada :)

    ReplyDelete
  22. thank, visit my link

    ReplyDelete

Post Top Ad

Your Ad Spot

Pages