Breaking News
Loading...
Saturday, June 22, 2013

Tanaman Tertua Didunia

8:19 AM
Berapa tahunkah tumbuhan bisa hidup? 1 tahun, 10 tahun, 100 tahun, atau 1000 tahun? kita jarang mendengar tanaman yang berusia sampai 1000 tahun, apalagi sampai puluhan ribu tahun atau bahkan ratusan ribu tahun...
berikut ini adalah beberapa tanaman tertua didunia yang akan mencengangkan kita karena usianya yang sangat tua. mari kita lihat bersama.......

Posidonia oceanica













Rumput laut raksasa di Laut Mediterania menduduki peringkat pertama karena berumur 200.000 tahun. Dia berhasil menyalip tanaman Tansania yang selama ini diyakini sebagai yang tertua.
wow...... luar biasa....

Lomatia tasmanica atau Raja Lomatia














Tanaman Tasmania ini diyakini sudah berumur 43.600 tahun. Tanaman ini memiliki daun yang mengkilap dan bunga berwarna merah jambu. Meski punya bunga, tapi tanaman ini tidak menghasilkan buah dan biji. Sejauh ini, hanya satu spesies ini yang diketahui hidup di dunia liar.

Gaylussacia brachycera atau box huckleberry












Tanaman semak rendah asal Amerika Utara ini satu keluarga dengan blueberry dan tanaman huckleberry lainnya. Usia tanaman ini bisa mencapai umur 13.000 tahun.

 Larrea tridentata atau creosote bush















Tanaman ini banyak dijumpai di gurun di Amerika seperti Mojave, Sonoran, dan Chihuahuan. Umur tanaman ini bisa mencapai 11.000 tahun. Tanaman ini banyak dipakai untuk keperluan obat herbal.

Populus tremuloides atau quaking aspen














Pohon ini bisa tumbuh sampai ketinggian 25 meter. Tanaman ini berasal dari daerah dingin di Amerika Utara. Dia bisa berumur sampai 10.000 tahun.

Picea mariana atau black spruce

























Tanaman sejenis cemara yang berasal dari bagian utara Amerika Utara. Tanaman ini bisa mencapai usia 1.800 tahun.

bagaimanakah pendapat anda mengenai tanaman diatas?

~~~~~~~ Thank's ~~~~~~~





46 komentar:

  1. keren ya bisa hidup sampai ribuan tahun.
    di indonesia ada nggak tanaman yang seperti itu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. di Indonesia ada puhon ulin berumur 1000 tahun lebih, dan menjadi pohon ulin terbesar didunia, pohon itu berada di kutai.....

      Delete
    2. Mas Kstiawan di bali kan?,,,, langsung survei ke kutai mas,,,

      Delete
    3. pake jas hujan biar gak masuk angin

      Delete
  2. wih tanaman-tanaman dengan nama yang asing buat saya mba... :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. mb aLya,,,, sama,, bgi saya jga msih asing
      karena tidak pernah menemuinya dalam sekeliling kita

      Delete
    2. makanya kenalan dulu mbak :D biar gak asing

      Delete
  3. Ini tumbuhan yang sudah hidup sebegitu lamanya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. yapz.....begitulah.... di Indonesia jg ada pohon ulin yg berumur 1000 tahun lebih..

      Delete
  4. wuyyy ribuan tahun coyy...seandainya itu manusia udah punya berapa ribu keturunan tuh hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo manusia dah kaya mbah adam tuh, punya keturunan sedunia... hehehehehe

      Delete
  5. Replies
    1. Nova masih kecil di bohongin,,,, :-D


      *kabuuurrrr*

      Delete
  6. Wow .....baru tahu saya kalau ada tumbuhan yg sudah berusia ratusan ribu tahun.

    ReplyDelete
    Replies
    1. apalagi saya yang masih muda dan imut

      Delete
    2. tanya sama eyang sepuh mbak kalo gak tau

      Delete
  7. waow kok bisa ya hidup sampe 200 ribu tahun gitu...

    ReplyDelete
  8. hny satu yg ada di indonesia, Cemara *smile, thx infox ya..

    ReplyDelete
  9. 200ribu tahun...luarbiasa...ternyata usianya benar-benar panjang ya :-)

    ReplyDelete
  10. ini saatnya bilang wow.. hehehe gila umurnya tua banget.. dari jaman nabi sampai jaman setan sekarang masih hidup...

    ReplyDelete
  11. Ikutan Bilang wowowow hehehe (admin hermanbagus)

    ReplyDelete
  12. wow tanaman nenek moyang nih

    ReplyDelete
  13. wah jaman peradaban belúm ada internet pastinya itu tumbuhnya ya

    ReplyDelete
  14. wah keren tuh ada yg sampai 46 rb tahun o.O

    ReplyDelete
  15. wah keren tuh ada yg sampai 46 rb tahun o.O

    ReplyDelete
  16. meski panjang usianya, tetep nggak enak juga jadi pohon. nggak bisa ngecengin orang.

    ReplyDelete
  17. tua banget tanamannya :D gak kebayang bsa idup sampai 200rb tahun

    ReplyDelete
  18. saya gelar kardus di sini tidak sia-sia dapat tambahan pengetahuan

    ReplyDelete
    Replies
    1. kardusnya dibalikin dong, mau saya pake, gantian ngapah

      Delete

  19. Gaylussacia brachycera atau box huckleberry kaya anggur ya ? iya gak sih?

    ReplyDelete
    Replies
    1. beda,,,, hukleberry= blueberry kayaknya,,,
      besok,lain waktu kalau beli ane post,,,,

      Delete
    2. jangan lupa kirim2 nya ,,hehe

      Delete
  20. Subhanallah,Posidonia oceanicatua banget ya,,,200 ribu tahun , seandainya dia bisa berbicara pasti banyak ceritanya

    ReplyDelete
  21. wow..mengagumkan usianya. Pasti populasinya sudah jarang..wajib dilestarikan.

    ReplyDelete
  22. Gimana ngitung umurnya ya..?

    #mikir

    ReplyDelete

 
Toggle Footer