Breaking News
Loading...
Sunday, October 6, 2013

Bat Nut or Devil Pod

5:38 PM
Trapa Bicornis adalah nama ilmiah dari tanaman air asli Asia dan merupakan salah satu anggota caltrop air. Memiliki ukuran rata-rata 2½ hingga 3 inci (dari ujung ke ujung), memiliki warna hitam, bentuknya aneh dan unik seperti ilusi wajah jahat pada kedua sisi kacang polong ini, sehingga dikenal dengan berbagai nama, seperti Polong Setan (Devil Pod), Kacang Kelelawar (Bat Nut), Kepala Kambing (Goat Head), Kacang Banteng (Bull Nut) ataupun Kacang Kerbau (Buffalo Nut), dan ketika dikeringkan dan diminyaki, tekstur permukaan yang mirip dengan sebuah kenari atau buckeye.
Dalam bahasa mandarin disebut Ling Jiao, menurut etnis Tionghoa kelelawar adalah hewan keberuntungan karena nama kelelawar dalam bahasa Cina adalah Fu, terdengar seperti kata untuk kebahagiaan (Fu). Oleh karena itu, kacang kelelawar ini pun dianggap sebagai makanan keberuntungan.
Di India dikenal sebagai singhara atau paniphal (India timur) dan secara luas dibudidayakan di danau air tawar. Kacang ini direbus terlebih dahulu sebelum dimakan. Kacang yang telah dikeringkan, dan digiling menjadi tepung dinamakan singhare ka atta. Singhare ka atta digunakan dalam banyak ritual keagamaan dan biasa dikonsumsi sebagai makanan phalahar pada hari-hari puasa Hindu.

86 komentar:

  1. Bentuknya sepintas seperti kumis ya Mba, he,,, he,,, he,,,,,

    Salam wisata

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang bawah malah mirip rajungan/ kepiting

      Delete
    2. yg bawah tampilan isinya mas

      Delete
    3. eh bener. foto bawah mirip rajungan klo dibuka kulitnya

      Delete
    4. Mungkin ini sejenis CODOt Kali ya

      Delete
    5. wuah adminnya g kebagian rajungan

      codot marganya kelelawar ya pak asep?

      Delete
  2. Bentuknya kayak tanduk kerbau mbak, melengkung sana melengkung sini :D

    ReplyDelete
  3. Apaan sih itu baru liat
    Perasaan kaya kepala banteng ya..?

    ReplyDelete
  4. Tampilannya serem, itu bisa dimakan ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa mas,,,, drbus dlu kyak kacang tanah

      Delete
  5. Baru tahu nich kalau ada kacang kelelawar :)
    Tapi di Indonesia sepertinya gak terkenal kacang ini, hmmm... bikin penasaran aja mbak :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. di indonesia saya belum pernah ketemu mb

      Delete
    2. betul sekali mbak maya, kalau di indonesi sepertinya belum ada, impor bisa kan ?

      Delete
  6. tanaman asli mana tu mbak, kok saya baru liat

    ReplyDelete
    Replies
    1. taiwan kang,,,
      tapi asli tepatnya saya jga blm tahu

      Delete
  7. tampilannya membingungkan sepintas mirip iwak Pe, tapi kok kayak kepiting rajungan tuban, kayak pisang godog jg sih mbak.
    eh mbak maya pernah ngincipi apa tidak ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. yg bwah kacang godog mas,,,,
      rasanya ya seperti kcang tanah,,,,

      dr bentuknya yg unik,,,, jadi banyak nama atas kacang berkulit hitam ini

      Delete
    2. kacang godog yang jualan mbah no depang gang itu ya mbak, hihihihi

      Delete
  8. Bentuk nya serem banget mbak. Kira-kira boleh dimakan nggak ya? hehe :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleh mb, ,,,
      yang bawah tu,,,,, hbis makan,,,
      tapi d rebus doank

      Delete
  9. enak enggak Mbak Maya? sama kacang tanah, enakan mana?

    ReplyDelete
  10. wah saya geli mbak maya, melihat tanaman itu hiiiiii hahaha Lebay saya.
    ini kunjungan pertama saya lho di blog ini maklum lagi blogwalking nih mengikuti saran-saran master SEO kunjungan balik ya di ikerenki.blogspot.com makasih sukses ya.

    ReplyDelete
  11. Hewan keberuntungan?
    Kalo orang indonesia menganggapnya apa ya..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. apa ya mas?
      kalau d kmpung saya,,,,
      rumah kosong banyak d huni kelelawar,,,
      sekarang jarang

      Delete
  12. wah baru tau nih mbak ada tumbuhan seperti itu... hehehe makasih infonya mbak....

    ReplyDelete
  13. sepertinya ini makanan mahal :o
    bikin penasaran, pngen nyobain.. hihi

    ReplyDelete
  14. Wah.. saya belum pernah liat yg beginian...

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah ,,,,, sekarang jadi sudah lihat beginian kan bang?

      Delete
    2. Hahahaha iya... tp pengen liat langsung...

      Delete
  15. Baru liat kanyanya, rasanya gimana ya ? :D

    ReplyDelete
  16. di Indo ada ngga ya? baru pertama kali juga nih ...

    ReplyDelete
  17. wuih, baru tau ada kacang item, enak gak ya dimakan

    ReplyDelete
    Replies
    1. kulitnya yg hitam,,,isinya g kok ,,,enak mas,,,

      Delete
    2. gak pernah nemu kacang ini di Jawa, itu ukuran kacangnya memang besar2 ya?

      Delete
  18. klo aku ketemu kacang begini pasti ngeper dan bingung mau makan ato tidak, mbak.... makan.. tidak.. makan.. tidak..

    ReplyDelete
  19. baru tau ada kacang seperti ini
    rupanya kacang bule ya hehehe
    ukuran kacangnya gede banget ya mbak

    ReplyDelete
  20. Satu kacang tapi memiliki banyak nama. Mungkin aku belum pernah menjumpai jenis kacang ini.

    ReplyDelete
  21. wah.. belum pernah liat. iya kayak kelelawar bentuknya :D

    ReplyDelete
  22. Bentuknya ko aneh banget? Di Indonesia ga ada yah?

    ReplyDelete
  23. Wah bentuknya unik.. Bisa dimakan juga ya..

    ReplyDelete
  24. kulit menyeramkan tp isi mengenakkan *smile

    ReplyDelete
  25. jiahh,,baru liat yang kayak ginian, ilmu baru nih...! komen balik yah

    ReplyDelete
  26. Wahh Ternyata Kacang Itu tidak Hanya Satu Jenis Yah Mbakk hehe saya Kira Kacang Itu cuma Kacang Tanah aja :D

    Makasii bangett Nih Mbakk Atas Infonya Berkat Info dari Mbakk Sekarang saya Udah Tahu Bahwa Kacang Itu Banyak Jenisnya Salah satunya Kacang Kelelawar hehe ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama mas....itu dulu emaknya kacang selingkuh sama kelelawar mas, lahirlah bat nut :)

      Delete
  27. kaya kerang ya,, klo aku nyebut nya kijing,,

    ReplyDelete
  28. Serem banget ini .___.

    bisa dipelihara dirumah nggak ya?
    kayaknya nggak gampang mati

    ReplyDelete
  29. seperti kumis mbak.. jgn lupa kunjungan baliknya :)

    ReplyDelete
  30. namanya aneh-aneh ya? baru denger makanan kaya gni?

    ReplyDelete
  31. Baru denger , ngomong - ngomong enak nggak rasanya ya ?

    ReplyDelete
  32. Ada khasiat lain? misalnya buat penyakit atau keperkasaan hehehe ^^

    ReplyDelete
  33. bisa nggak ya ini dibudidayakan di Indonesia

    ReplyDelete
  34. wah kira2 sekilonya berapa itu sis?:-)

    ReplyDelete
  35. warnanya kok item gitu ya gan? :-)

    ReplyDelete
  36. mantap mis artikelnya jadi nambah wawasan

    ReplyDelete
  37. boleh juga nih .. dijadikan penelitian buat skripsi .. :D salam kenal ya

    ReplyDelete
  38. kayak kumis pak raden hahah... apa emang tuh kumis pak radennn yah..

    ReplyDelete
  39. Katanya susah banget ya mbak untuk membuka kulitnya

    ReplyDelete
  40. wah baru tahu aku ternyata itu kacang??
    hm..

    ReplyDelete
  41. kaya cincau klo ane liat wkwk..

    kunjungi website ane juga donk.

    http://www.tokotenga.com

    ReplyDelete
  42. kirain batu atau mainan, ternyata makanan to..

    ReplyDelete

 
Toggle Footer