Breaking News
Loading...
Friday, September 27, 2013

Keajaiban Tidur Siang

10:24 PM
dunia maya-Dulu saat kita masih kecil, kegiatan tidur siang menjadi sebuah rutinitas yang harus kita lakukan. Namun saat besar dan bertambah dewasa, dengan aktivitas yang semakin padat, kegiatan tidur siang pun kita lewatkan.
Bagi sebagian orang yang sudah terbiasa tidur siang, apabila 1 hari saja terlewatkan biasanya akan merasa pusing dikepala, namun sebaliknya bagi orang yang tidak terbiasa dengan tidur siang, saat tidur siangpun mengalami hal yang sama.
Tapi tahukah sobat? Ternyata tidur siang memberi efek yang baik bagi kesehatan:
1. 10-20 menit
Apabila kita meluangkan waktu sekitar 10-20 menit secara berkualitas untuk tidur siang, maka kita akan memperoleh kembali energi yang terbuang dan tingkat kewaspadaan kita pun meningkat.
2. 30 menit
Apabila kita tidur siang selama 30 menit, maka rasa pusing yang mendera akibat aktifitas yang menumpuk akan hilang dan akan merasa segar kembali.
3. 60 menit
Tidur siang selama 1 jam akan membuat daya ingat kita akan kembali tajam karena dalam kurun waktu 60 menit tersebut kita akan mengalami slow-wave sleep, suatu keadaan dimana ingatan atau memori kita dalam proses perbaikan.
4. 90 menit
Terakhir, apabila kita tidur siang sampai 90 menit, maka semua sistem metabolisme tubuh akan diperbaiki, daya ingat kita kembali tajam dan tingkat kreatifitas kita akan meningkat, hal ini disebabkan karena selama waktu 90 menit kita tidur tubuh kita akan menjadi lebih santai dan mengalami proses regenerasi.
Oleh karena itu sebaiknya mulai sekarang, cobalah luangkan waktu disela jam istirahat kerja untuk tidur siang sebentar. Tidur siang memberikan banyak keuntungan yang pada akhirnya akan berpengaruh terhadap peningkatan produktifitas kerja kita.

98 komentar:

  1. ternyata besar banget manfaat tidur siang yah, tapi anehnya mba kalo saya tidur siang suka pusing kalo ada yang ngebangunin, jadi tidurnya harus panjang min 1 jam baru gk pusing, kalo tidur 10-20 mnt biasanya terasa gk enak di kepala?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama sob,,,,
      tapi kalau lelah, capek banget,,,, tidur sekejap jga trasa enak

      Delete
    2. wuaaaa, sama persis, saya juga nggak bisa tidur siang sekejap, paling enggak ya 1 jam...tapi kalau tidur siangnya lebih dari 1 jam, nah repotnya malamnya begadang nggak bisa tidur

      Delete
    3. kalau gak bisa tidur kata mang yono sering konsumsi kangkung atau terong, hehehe

      Delete
    4. Wah saya suka terong. Kalau di tumis uenak tenan............

      Delete
    5. saya g suka makan sayur terong pak,,,, :-D

      spa mas pri?

      Delete
  2. Ternyata banyak sekali ya mbak manfaat dari tidur siang. Selama ini saya jarang sekali untuk tidur siang karena kegiatan sangat padat. Tapi kapan-kapan boleh juga ya mbak untuk mulai dibiasakan untuk tidur siang, mengingat manfaatnya sangat banyak. Terimakasih mbak maya atas sharing nya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. sepertinya kalau tidur siang hanya 10 menit masih kurang puas mbak. Malah kepala kita jadi pusing hmmm :)

      Delete
    2. kalau 10 menit mah nanggung yah mbak baru merem udah melek lagi...

      Delete
    3. tapi lumayan mas cukup buat ngeces heheeh

      Delete
  3. aku sih semaunya
    ada waktu ya tidur, kalo sibuk ya bablas. jangankan siang, malem aja kadang ga boleh tidur

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada deeeh...
      mau tau aja apa mau tau banget..?
      haha

      Delete
    2. mas rawins tumben narsis, hehehe

      Delete
    3. gaya anak muda hahah... masalah buat loh? hehehe

      Delete
  4. waduh...saya mah jarang tidur siang, sekali tidur bangun2 udah magrib aja...
    Setelah baca artikelnya saya coba dah buat latihan tdr siang

    ReplyDelete
    Replies
    1. wuaduh,,,,,,, keenakan atau kecapek'an mas? hehehe,,,

      Delete
  5. ternyata tidur siang banyak manfaatnya ya...

    ReplyDelete
  6. Wahh ternyata...

    Mulai praktekin ahh ^^

    ReplyDelete
  7. Nabi SAW aja menyunahkan kita utk tidur siang..
    memank luar biasa manfaatnya

    ReplyDelete
  8. wah, saya malah pusing kalau tidur siang cuma sebentar Mbak, mending nggak tidur sekalian. tapi setiap hari memang saya usahakan untuk tidur siang sekitar 1 jam...sekalian maksa si Zaki untuk bobo siang--sekarang udah mulai hobi main keluar rumah je, nggak mau tidur

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe,,,,, disaat bo" siang,,,,, jangan sampai bunda yg tidur n zaki bgun main keluar,,,,,,, tnpa bunda sadari,,,

      Delete
  9. Maunya seperti itu Mbak, tapi mau tidur di mana? He he he
    Dan susah sekali kadang jam istirahat saja gak tentu, kadang on time kadang telaat alhasil pulang kerja tepar...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya sob,,,,, rutinitas kerja,,,, yg penting jaga kesehatan ya

      Delete
  10. kalau saya biasanya tidur 5-10menit mbak di waktu siang hari. itu pun karena ketiduran.. kalau nggak ketiduran nggak bakalan tidur mbak.. hehehehe

    ReplyDelete
  11. saya juga mengusahakan agar bisa tidur siang. paling tidak 15 menit - 30 menit.
    dan waktu yang bagus buat tidur siang, kata pak ustadz saya, yaitu antara jam 11 sampai jam 1 siang :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. kata orang tua dulu,,,, g baik tdur sebelum zduhur,,,,hehehe
      apalagi kalau lagi hamil,,,,,

      Delete
  12. wah ternyata ada manfaatnya juga ya :) makasih mbak buat infonya..

    ReplyDelete
  13. Kayaknya enak juga tidur di siang bolong,selain menghilangkan penat juga bisa menyegarkan badan.Nanti mau dicoba biasakan untuk tidur siang juga nih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang bolong apanya mas? hehehhe,,,,,
      silahkan dicoba kalau senggang,,,,,,

      Delete
  14. Saya doyan tidur siang :D
    Malemnya begadang hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. jangan kebanyakan bergadang mas,,,, g baik lho,,,,,, hehehehehe

      Delete
  15. ternyata ada keajaiban juga dibalik tidur siang haha

    ReplyDelete
  16. Wahh baru tau saya manfaat tidur siang mbak, soalnya selama ini saya jarang tidur, baik siang maupun malam.

    ReplyDelete
  17. Kalau saya, tidur siang harus dua jam. Dibawah itu, badan masih terasa lemas. Sebenarnya seh aku pengen menghindari tidur siang, takut kena stroke.

    ReplyDelete
  18. tidur siang ada yang bilang baik juga untuk kesehatan tapi ada juga yang bilang tidak baik, saya ngikut aja deh :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau saya sih dua-duanya, tapi sayangnya kalau siang nggak bisa bobok :)

      Delete
  19. waduh ane tadi tidur siang 3 jam sis.. kira2 efeknya gmana tuh?:-)

    ReplyDelete
  20. Dibalik itu semua tidur siang sangat banyak manfaat buat kesehatan kita.

    ReplyDelete
  21. Saya yang nomer 1 tuh. Cukup sebentar saja sudah bisa mengembalikan kesegaran tubuh.

    ReplyDelete
  22. saya susah mb' buat tidur siang kalau g bener2 ngantuk sangat

    ReplyDelete
  23. wah kalau saya susah mau tidur siang nih, dimerem-meremin juga nggak bisa tidur, udah terbiasa nggak tidur siang kali yah :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. tapi kalau dah ngantuk banget ya merem sendiri matanya mas,,,,, :-D

      Delete
    2. tapi nggak ngantuk juga kalau siang mbak, terus gimana yah :)

      Delete
  24. yang pentting tidur siang jangan kelamaan, apalagi kalo sampe lupa bangun......salam :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. bahaya juga ya mas kalau lupa bangun

      Delete
  25. kalau saya capek dan pengen tidur walaupun 10 menit sudah cukup bagi saya mbak, dan betul tidur hampir dua jam itu sangat enak sekali, hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. enak kalau pass nyenyak ,,,
      tidur enak pass capek n ngantuk aja mas,,,, :-D

      Delete
  26. Sy sebulan palingan tidur siangnya cuma dua kali...tapi durasinya bisa lebih dari dua jam,an mbak... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. wow lumayan tuh mas Budi daripada nggak sama sekali, pantesan setiap 2 minggu sekali mas Budi keliatan fresh gitu...

      Delete
    2. kayak buah aja mas,,, pake fresh segala

      Delete
  27. Manfaatnya banyak banget ya, kalau saya sendiri jarang tidur siang..

    ReplyDelete
  28. jadi tidur siang sangat bagus yah gunanya

    ReplyDelete
  29. 30 menit sepertinya cukup buat saya , kerja tukang bengkel
    Salam

    ReplyDelete
  30. saya cuma bisa tidur 30 menit ato tidak sama sekali untuk saat ini,,hihi.. maklum..disaat Athar bobo siang,akunya malah beres2 rumah :)

    ReplyDelete
  31. Hhmmmm terakhir tidur siang waktu masa sekolah dlu ( 5 tahun lalu)
    sekarang udah disibukan dengan sgla kegiatan, jadi gak pernah tidur siang
    -__-

    ReplyDelete
  32. saya suka tidur siang kalau liburan mbak, eh malah tidur pagi siang sore malam ding, hehehe

    ReplyDelete
  33. Wah, saya baru tau nih.
    Terimakasih mbaa atas informasinya :)

    ReplyDelete
  34. terimakasih habis blogwalking ini saya mau tidur siang mbak biar pulih semangat saya

    ReplyDelete
  35. Visit yuk bang =))
    ada kontes seo kecil2an nih , http://www.no-c0de.info/2013/09/kontes-seo-no-c0de-blog-baru-yang-penuh.html

    ReplyDelete
  36. kalau saya meskipun sudah dewasa bahkan beranjak tuwa, tidur siang tetap saya lakukan 10 atau 30 menit di saat di kantor, tentunya pas jam istirahat

    ReplyDelete
  37. wah, baru tau nih, tak coba ah tidur di kantor, tapi kalo ngiler bisa gawat nih, hho

    ReplyDelete
  38. Waduh, kl tidur siang sampe 90menit, bisa-bisa bos saya datang sambil bawa keyboard. #blethak!

    ReplyDelete
  39. Sayangnya saya ndak bisa punya kesempatan itu mbak, tidurnya malam terus

    ReplyDelete
  40. wahh
    saya jarang bnget tdur siang nih mbak,.

    ReplyDelete
  41. jarang banget tiduur siang... haha kalau keseringan tidur siang nanti saya dicap sebagai orang yang makan gajih buta,,, jhahah, dulu waktu masih sekolah sih iya, sering banget tidur siang,,,, ya sekarang tidurnya cuma malem doanx hihihi

    ReplyDelete
  42. Iya, makasih ya infonya.. setahu saya Rasulullah juga tidur siang lho... ada haditsnya

    ReplyDelete
  43. aku sudah jarang yang namanya tidur siang

    ReplyDelete
  44. Hmmm karena sering masuk kerja siang, jam 2 siang, makanysa saya jarang tidur siang....

    ReplyDelete
  45. tidur siang perlu utk menyegarkan stamina,tapi jangan sampai kesorean justru akan timbul hal baru????

    ReplyDelete

 
Toggle Footer