Breaking News
Loading...
Monday, September 30, 2013

Satu Nama Dua Dunia

12:45 AM
Pernahkah sobat dunia maya menjumpai ataupun mempunyai teman cowok dan cewek memiliki nama yang sama? Nama yang fleksibel bisa berlaku dalam Dua Dunia artinya ketika nama tersebut yang punya cowok kesannya tetap gentle namun ketika nama tersebut yang punya adalah cewek kesannya pun tetap girly.
Berikut ada beberapa kategori Satu Nama Dua Dunia:
1. Nama Urutan
Eka, eko, dwi, tri dan lainnya.
Nama berdasarkan urutan menggambarkan bahwa orang tersebut adalah anak ke-sekian dari keluarganya. Nama-nama tersebut biasanya diikuti dengan nama depan atau nama belakang untuk memperjelas jenis kelamin.
2. Nama Panggilan
Adek, baby, eby, pipi dan lain-lain.
Nama panggilan ini biasanya panggilan masa kecil atau mungkin singkatan nama dan sering kita dengar maupun kita jumpai baik itu cowok atau cewek.
3. Nama Keberkahan
Nama yang berhubungan dengan keberkahan yang paling banyak kita jumpai yaitu rizka, rizki, barkah, barokah dan masih banyak lagi.
4. Nama Bulan
Nama bulan biasanya menandakan kelahiran orang tersebut dan tidak mengenal itu cowok atau cewek yang memakainya.
5. Cahaya
Nama yang berhubungan dengan cahaya, misalnya: nur, nurul, fajar, cahya. Tidak kira dech walau orang tersebut lahir dikala matahari terbit, siang bolong saat matahari panas serasa di atas kepala, matahari terbenam maupun saat malam gelap gulita dengan terang cahaya lampu, orang tua memberi nama Cahaya karena anak merupakan cahaya bagi orang tua dan mreka ingin anaknya kelak nanti bisa menerangi dan bermanfaat buat sesama.
6. Nama Menurut Daerah atau Suku
Menujukkan asal atau daerah keturunan seseorang. Nama Andi sering kita jumpai pada orang keturunan Sulawesi, sedangkan Made, Putu dari Bali sedangkan Jawa berawalan Su atau berakhiran o, namun walaupun bukan keturunan asli sering juga kita jumpai dengan nama-nama tersebut, arti dan maknanya tergantung daerah masing-masing yang wajib kita hormati.
7. Nama Agama
Nama agama menggambarkan keturunan atau kepercayaan seseorang.
8. Nama Sifat atau Perasaan
Sabar, setya, fitri, fitrah dan sejenisnya. Biasanya menggambarkan kepribadian yang diharapkan orang tua untuk anaknya, namun tidak sepenuhnya mempengaruhi kepribadian orang tersebut.
9. Nama Bahasa Asing
Tidak jarang kita jumpai baik cowok atau cewek memiliki nama yang sama dari bahasa asing.
10. Nama Imut
Nama-nama yang terkesan imut dan menggemaskan, tapi tidak menjamin apakah orangnya seimut namanya? hehehe,,, pastinya nama tersebut cocok untuk cowok dan cewek.
Itulah beberapa kategori nama dua dunia yang pernah saya temui, nama yang tertulis diatas hanyalah sebagian contoh. Apalah arti sebuah nama, kalau kenalan ujug-ujug nama juga yang ditanyakan. Apapun arti nama kita pemberian orang tua, yang pasti orang tua kita ingin kita mempunyai kepribadian yang baik, bisa menjadi anak yang mereka harapkan, amin.

77 komentar:

  1. klo nama saya termasuk yang mana ya... hmmm

    ReplyDelete
    Replies
    1. nama mas pay itu tidak ada di dalam kamus

      Delete
    2. mas payz0 itu orang jawa akhiran nya 0

      Delete
    3. iya tuh mas,,,,
      pay itu artinya apa ya? coz saya dah menemukan teman cina,melayu,jawa dengan nama PAY,,,, :-)

      Delete
  2. hahaha, berurusan dengan nama, saya selalu ingat pengalaman 3 tahun terakhir tinggal disini.

    karena prosedur keluar masuk komplek sangatlah sulit, birokrasinya macam-macam, tak sembarangan orang bisa lewat dengan leluasa, bahkan untuk kami para penghuni.
    saya waktu itu belum punya bedge atau identitas penghuni komplek, karena suami sibuknya minta ampun, belum sempat bikin.

    jadi untuk keluar masuk, saya pakai id bedge suami, yang ada foto, dan namanya. betapa curangnya saya, tiap diperiksa security, saya tunjukkan id bedge suami kemudian jempol saya menutupi foto beliau, otomatis Pak Satpamnya hanya membaca nama doang "***kah Romadhoni"...beliaunya langsung saja percaya dan menizinkan saya keluar masuk komplek tanpa dicegat dan lapor...cukup meyakinkan kan? boleh ditiru dan dicoba...!!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. security nya g lihat wajah bunda ya?

      nama zaky juga bun,,,,,
      ada cowok n ada cewek juga ya

      Delete
    2. kalo cowo zaky tapi kalo cewe jadi zakiyah

      Delete
    3. teman saya cewek,,,namanya jga zaky,,, tp belakangnya nama cewek juga :-D

      Delete
    4. tapi nama Yono juga bisa untuk cewek, istri saya di panggil Bu Yono ehheh

      Delete
    5. itu kan nama buat yang sudah berkeluarga mang,,,, :-D

      Delete
  3. kata guru ngaji saya...
    kalau bisa kasi nama itu ada arti dan makna yg baik
    :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya wek ,,,
      tujaan dan harapannya tetap sama kan?
      nama yg ada semuanya baik" kok

      Delete
  4. Nama Maya juga termasuk 2 dunia lho, dunia nyata dan dunia maya... xixixi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. mas ,,,,, nama 'pri' jga ada yg cwek lo

      Delete
  5. nama asli sy Alif tp sy anak kedua shrsx kan alif itu yg pertama.... *smile

    ReplyDelete
    Replies
    1. gtu ya mas? tidak selalu ,, atau hanya kebetulan ya? :-)

      Delete
  6. kalo nama saya termasuk nama bulan kali ya..hehehe

    ReplyDelete
  7. nama maya juga termasuk min..

    DUNIA MAYA hehe..

    ReplyDelete
  8. postingan yang bagus,,, oiya folow balik ya.. trimakasih,

    prasojojoo.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. ok sob,,,,, trimakasih sudah sudi memfollow

      Delete
  9. kalau nama saya sepertinya masuk nomor 10 .. NAMA IMUT... zzzzz

    ReplyDelete
  10. benar juga mbak May, di tempat saya nama Slamet di pakai untuk cewek dan cowok :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada ya kang!? belum pernah ketemu nama slamet cewek

      Delete
    2. ada, panggilannya Sela, keren ya kalau dipotong :D

      Delete
  11. asal jangan kaya tetangga sebelah
    lagi pacaran aja panggilnya bebeb bibib
    begitu marahan manggilnya jenggot naga

    ReplyDelete
  12. nama dengan agama atau kepercayaan itu yang lebih banyak.

    ReplyDelete
  13. nama saya agus jadi jarang perempuan memakai nama agus di depannya, kalau di tengah sih ada

    ReplyDelete
  14. keren..keren, memang sering kali dijumpai cewe dgn nama cowo maupun sebaliknya namun tetap bisa nyetel dgn org tsb.
    Kalau nama saya mah njiplak nama org..heheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. wuaduh,,,,,, kok njiplak mas? :-D
      banyak nama yg sama

      Delete
  15. nama hasil ngasih orang tua malah tak ganti dengan nama panggilan gaul, tapi mungkin anak2 saya juga sekarang panggilan gaulnya ngga pake nama asli....buah emang jatohnya ngga jauh dari halaman sendiri kan, kecuali buahnya jatohnya ke dalam sungai...pasti hanyut bisa sampe ke lauut deh kan?!

    ReplyDelete
    Replies
    1. pasti buah sukunnya mas rawins deh

      Delete
    2. sungainya lgi g ada air mas,,,,, g bs hanyut dech

      Delete
  16. sekarang malahan kebanyakan nama gaul dan asing bagi telinga.....nama lengkapnya abdullah,,,tapi dipanggil dengan sebutan jhony..... :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. nama bagus" kok pada gengsi ,,,, suka pke nama gaul :-D
      biar keren kali ya mas

      Delete
  17. nama saya termasuk yg mana sobb . . .

    http://nawayhac.blogspot.com

    ReplyDelete
  18. Wah nama saya masuk yang mana nich mbak maya? Nama saya panjang banget soalnya. Jadi sering kali orang manggilnya berbeda-beda hehe :D

    ReplyDelete
  19. nama saya kayanya gak masuk kategori kali yah hehe

    ReplyDelete
  20. Yang penting namanya mudah diingat dan bermakna yang baik.
    Salam

    ReplyDelete
  21. Kalo saya , namanya Aprialdi aja deh, dalam dunia nyata dan maya :)

    ReplyDelete
  22. nama saya termsuk yg nmer 10 sob, wkwkwk

    kunjungan perdana sob, mnta ijin follow
    ditunggu follback sob

    ReplyDelete
  23. Nama saya dan keluarga termasuk di nomor 7.. :)

    ReplyDelete
  24. ia bener bener nama belakang lah yang memeprkesan kalau dia cewek atau cwok

    ReplyDelete
  25. bingung saya milihnya mbak, nama saya termasuk kategori ngawur mungkin yah :) ahaha

    ReplyDelete
  26. Namaku ga ada maknanya, xixixixi

    ReplyDelete
  27. Nama saya juga byk dipake cewek nih X)))

    AULIA

    ReplyDelete
  28. wah nama saya nggak masukk kalau cowok "masnadi" kalau cewek "mbaknada" hahahhahaha

    ReplyDelete
  29. nama saya intan, tapi tetap kece dan eksis ehahaha :D

    ReplyDelete
  30. hehhe.. percaya atau tidak nama asliku ini sering dikira cewek lho..
    apalagi pas di fb seing di "ukh.." kan :D

    ReplyDelete
  31. kalo sya pke nama nabi, muhammad rizal tapi sifat gak sepeuh nya seperti beliau.hihi

    ReplyDelete
  32. heeeem apa lgi nama FACEBOOK aq di kirain cewek padahal profilnya cowok D:

    ReplyDelete
  33. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  34. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  35. Klo d Daerah'ku (Makassar) Namaku paling bnyak dipake (Andi)..
    Tp Aku dipanggil Andi bukan lantaran orang tua'ku asli suku bugis-makassar tp krna kakak'ku waktu kecil gag tau nyebut huruf "R"..
    Nama'ku khan sbnarnya "Andri" tp apa boleh buat nama "Andi" udah lengket dari kecil..
    Jadi cuma orang yg gag deket aja yang manggil aku dengan nama asli'ku..

    ReplyDelete

 
Toggle Footer