Breaking News
Loading...
Friday, September 6, 2013

SRIKAYA

8:25 AM
Nama ilmiah dari buah srikaya adalah Annona Squamosa dengan ciri-ciri kulit buah berwarna hijau berbentuk bulat menggelembung serta mempunyai daging buah berwarna putih dan rasanya manis.
Buah srikaya termasuk tanaman perdu yang bisa tumbuh didaerah mana saja asalkan terkena sinar matahari yang cukup, tanaman ini akan mulai berbuah setelah berusia 3-5 tahun dan tinggi tanaman mencapai 8 meter.
Selain rasa buahnya yang manis, hampir seluruh bagian (daun, biji, akar, batang, kulit) srikaya bermanfaat untuk kesehatan.
- Akar srikaya
mempunyai rasa yang pahit dan sifatnya dingin, mengandung flavonoida, borneol, kamphor, terpene, alkaloid anonain, saponil, tanin dan polifenol. Berkhasiat sebagai antiradang , antidepresi. Biasanya digunakan untuk mengatasi sembelit, disentri akut, depresi mental dan nyeri tulang punggung.
- Daun srikaya
mempunyai rasa yang pahit dan kelat, sifatnya sedikit dingin. Berkhasiat astringen, antiradang, peluruh cacing usus (antheimintik) serta mempercepat pemasakan bisul dan abses. Daun srikaya digunakan untuk mengatasi batuk, demam, reumatik, menurunkan kadar asam urat, darah tinggi, diare, rectal prolaps pada anak-anak, cacingan, kutu kepala, pemakaian luar untuk borok, luka, bisul, skables, kudis, dan ekzsema.
- Biji buah srikaya
biji buah srikaya mengandung minyak, resin dan bahan beracun yang bersifat iritan. Biji buah srikaya berkhasiat memancu enzim pencernaan, abortivum, anthelmintik, dan pembunuh serangga (insektisida).
- Kulit kayu
kulit kayu srikaya mengandung flavonoida, borneol, kamphor, terpene dan alkolid anonain, berkhasiat astringen dan tonikum, bisa digunakan untuk mengatasi diare, disentri dan luka berdarah.
- Buah srikaya
Buah srikaya mengandung antioksidan, seperti vitamin C yang membantu melawan radikal bebas dalam tubuh. Kalsium tinggi dan magnesium yang terkandung dalam buah srikaya juga bisa melindungi kita dari penyakit jantung.
Buah srikaya yang masih muda mengandung tanin dan berkhasiat untuk mengatasi diare, disentri akut dan gangguan pencernaan (atonik dispepsia).
Berikut sedikit ulasan manfaat dan cara membuat ramuan dari buah srikaya untuk obat minum maupun obat luar:
1. Gangguan pencernaan
Bahan:
daun srikaya dan minyak kelapa secukupnya
Cara membuat:
cuci bersih daun srikaya lalu tumbuk halus dan campurkan sedikit minyak kelapa
Cara menggunakan:
usapkan ramuan pada perut.
2. Diare
Bahan:
- 6-10 gram kulit batang srikaya
- 4 gelas air bersih
- gula merah secukupnya
Cara membuat:
cuci bersih kulit batang srikaya kemudian potong dalam ukuran kecil kemudian rebus hingga mendidih, tambahkan gula merah dan diamkan hingga air tersisa 2 gelas, angkat dan biarkan hingga dingin.
Cara menggunakan:
saring ramuan dan minum 2x sehari.
3. Pingsan dan menenangkan orang histeris
Bahan:
daun srikaya secukupnya
Cara membuat:
cuci bersih daun srikaya dan tumbuk hingga halus
Cara menggunakan:
dekatkan ramuan daun srikaya pada hidung penderita supaya aromanya tercium oleh sipenderita.
4. Cacingan pada anak
Bahan:
15 lembar daun srikaya
5 gelas air bersih
Cara membuat:
cuci bersih daun srikaya kemudian rebus hingga mendidih hingga air tersisa kira-kira 3 gelas, lalu angkat dan dinginkan.
Cara menggunakan:
saring air rebusan daun srikaya dan minum 3x sehari dengan porsi 1 gelas setiap minum.
5. Membunuh kutu pada kepala Bahan:
- 10 butir biji buah srikaya
- 1 genggam daun srikaya
- minyak kelapa secukupnya
Cara membuat:
cuci bersih daun dan biji buah srikaya kemudian tumbuk hingga halus, lalu campurkan sedikit minyak kelapa dan aduk hingga rata.
Cara menggunakan:
usapkan dan tempelkan pada kepala hingga merata, kemudian bungkus dengan kain atau handuk dan diamkan selama 3 jam, lalu cuci rambut dengan bersih (hati-hati jangan sampai air bilasan masuk ke dalam mata karena bisa mengakibatkan peradangan dan iritasi.
6. Bisul dan Borok
Bahan:
daun srikaya dan garam secukupnya
Cara membuat:
cuci bersih daun srikaya dan tumbuk hingga lembut kemudian campurkan sedikit garam
Cara menggunakan:
tempelkan ramuan pada bagian borok atau bisul lalu balut menggunakan kain kassa, diamkan dalam beberapa jam, lakukan 2-3x dalam sehari.
7. Mematangkan bisul
Bahan:
buah srikaya yang sudah matang dan garam secukupnya
Cara membuat:
haluskan daging buah srikaya dan campurkan sedikit garam
Cara menggunakan:
tempelkan ramuan pada bagian bisul lalu balut dengan kain kassa dan diamkan dalam beberapa jam, lakukan 2-3x dalam sehari.
8. Kudis
Bahan:
15 lembar daun srikaya
kapur sirih secukupnya
Cara membuat:
cuci bersih daun srikaya, tumbuk hingga halus dan campurkan sedikit kapur sirih
Cara menggunakan:
gosokkan ramuan pada bagian kulit yang berkudis, lakukan secara rutin 2x sehari.
9. Membasmi kutu anjing
Bahan:
biji dan daun buah srikaya secukupnya air bersih secukupnya
Cara membuat:
biji dan daun srikaya cuci bersih kemudian tumbuk hingga halus lalu rebus sampai memdidih dan biarkan hingga dingin
Cara menggunakan:
Saring air rebusan dan gunakan untuk mandikan anjing
Catatan:
- Ibu hamil dilarang mengkonsumsi ramuan biji, daun, kulit batang, dan akar buah srikaya, karena mengandung racun
- Jika memang harus mengkonsumsi wajib dibawah pengawasan ahli herbal yang berpengalaman.
Semoga bermanfaat untuk kita semua.

23 komentar:

  1. bisa dicoba nih. kebetulan tetangga saya punya pohonnya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. jangan lupa kalau sudah berbuah saya mau juga kang,,,,
      hehehe

      Delete
  2. banyak sekali ternyata manfaatnya pohon ini ya mbak

    ReplyDelete
  3. kalau tempat saya mananya sirsat hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. sirsat beda lagi mas,,,kulitnya agak berduri rasanyanya agak masam,,,hehehe

      Delete
    2. betul sirsat bentuknya lebih besar, srikaya besarnya sekepalan tangan

      Delete
  4. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  5. Banyak banget manfaatnya diantaranya untuk pencernaan dan penyakit kulit, makasih buat info kesehatannya sangat bermanfaat :)

    ReplyDelete
  6. Buah ini disamping rumah saya banyak banget mbak. Tapi jarang berbuah hehehe :D
    Kalau sudah berbuah, pasti dimakan adek saya hmm :D

    ReplyDelete
  7. jadi yang suka makan buah srikaya itu kalo gak kutuan pasti bisull... xixixi kiding mba....

    ReplyDelete
  8. Wahhh Ternyata Manfatt Dari Buat Srikaya ini banyak Juga yahh hehe Baru tahu saya :D
    Makasii yahh gan Infonya sangatt Bermanfatt dan Menambah Wawasan saya :)
    tapi Ngeri Tuhhh Nungguin-nya Klo Mau Sampe Berbuahh Harus Sampe 3-5 Tahun :/

    ReplyDelete
  9. Makasih May dah berbagi informasi ini...

    ReplyDelete
  10. banyak ya manfaat dari srikaya... sesuai namanya yang kaya hhehhe..

    dan ada lagi nih khasiat tambahan dari buah srikaya, untuk organ intim wanita biar legit hehehe... caranya: nanti aja deh ehhehe

    ReplyDelete
  11. Begitu banyak manfaatnya ya ukhti ^^
    disebelah rumah ada pohonnya.. gara2 pinggir jalan jadi sering ilang sebelum waktunya deh -_-'

    ReplyDelete
  12. selain enak bnyk manfaat nya juga ya...

    ReplyDelete
  13. ane kalo makan nih buah rasanya kayak nyangkut di langit2 lidah gitu.. apa itu namanya srikaya muda ya sis? :D

    ReplyDelete
  14. di tempat saya susah carinya kalau gak di pasar, soalnya udah di tebas semua pohonnya :(

    ReplyDelete

 
Toggle Footer