Breaking News
Loading...
Wednesday, November 13, 2013

Buat KUE BULAN sendiri yukkk,,!

10:44 PM

Setelah beberapa waktu lalu dunia maya mengajak sobat mengenal kue bulan, kali ini bagi-bagi resep bagaimana cara membuatnya yang bisa dicoba sendiri di rumah.

Bahan:
- 600 gram Tepung Hong Kong (narcissus flour)
- 350 gram Sirup Gula (sugar syrup)
- 120 gram Minyak Kacang (peanut oil)
- Pasta Kacang Merah, pasta lotus putih atau pasta wijen hitam siap pakai
- 10 biji kuning telur asin
- 1 butir kuning telur

Alat:
- Mikser
- Cetakan Mooncake
- Rolling Pin
- Timbangan
- Telenan
- Pisau
- Sarung Tangan Karet

Cara Membuat:
1. Tepung, sirup dan minyak campur menjadi satu, aduk hingga rata kemudian diamkan selama 1-2 jam hingga adonan mengembang.
2. Bentuk seluruh adonan kulit menjadi silinder, lalu potong-potong dengan berat @30 gram.
3. Siapkan pasta isian dengan berat 160 gram, balutkan pada kuning telur asin, bentuk menjadi bola-bola.
4. Taburi meja atau telenan dengan sedikit tepung, Pipihkan adonan kulit dengan rolling pin hingga melebar dan bundar, jangan terlalu tipis karena bisa mudah robek.
5. Bungkus bola pasta dengan kulit, putar-putar perlahan hingga seluruh permukaan pasta tertutupi kulit, rapikan ujungnya.
6. Taburi cetakan dengan sedikit tepung, masukkan sisi bola, tekan sambil merapikan permukaan jangan sampai adonan keluar dari cetakan.
7. Jika sudah rapi dan ditekan, keluarkan mooncake dari cetakan dengan mengetuk-ngetukan sisi kanan dan kiri cetakan agak keras sehingga keluar dari cetakan.
8. Panggang dengan suhu 165° selama 15 menit agar jadi setengah matang, Olesi permukaannya dengan kuning telur dan panggang kembali selama 10 menit dengan suhu 150° sampai matang.

Selamat mencoba ,,,,,!!

34 komentar:

  1. tepung hong kong itu apa Mbak Maya, di Indonesia ada enggak ya? seandaianya nggak ada, penggantiya tepung apa? terigu, maizena, beras, ketan atau apa? hayo jawab Mbak

    * nodong pakai centong nasi

    ReplyDelete
    Replies
    1. nama lainnya tepung narsis gitu.. :d

      pokoknya beli aja yg jauh itu namanya hong kong, mbak Khusna. Coba aja misalnya org nyuruh kita beli mobil, kita kan jawab "mobil dari hong kong???"

      Delete
    2. mb khus,,, tepung kowloon/water lily flour,,, tepungnya putih ,,,,,

      bner bgt mas pri,,,, pantesan d nmakn tepung hongkong,,,,

      Delete
  2. Ini hanya perasaan saya saja atau memang beneran, May sekarang jarang update posting? :-?

    ReplyDelete
    Replies
    1. jadi ngerasa diperhatiin nih,,,,,, :)) hehehehe,,,,,,

      lagi g enak badan mas pri,,,, lama g update,,,g BW jga ,,, di rumah aja,,,, hehehe

      Delete
  3. maaf mba ada link yang belum lengkap nih hehe :P

    ReplyDelete
  4. asik nih bisa jiplak dan buat kueh bulan tanpa harus kebulan.... kenapa manggangnya kok ndak 25 menit sekalian, kan ndak repot .... kayaknya kueh ini tambah (c) lebih asik

    ReplyDelete
  5. asyik nih resepnya mbak maya....beraneka ragam rasa mooncake apakah favoritnya????
    kalau saya yang biasa aja mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. biasa gmana jenk? hehehehe
      pasta teratai tpi muahal.... :)

      Delete
  6. wah aq mau jadinya aja ah biar langsung santap heheh.

    ReplyDelete
  7. suka ngga pas kalo bikin kue sendiri ;(( kirimin aja sis :>)

    ReplyDelete
  8. Baca judul artikel sama liat kuenya saya bukannya jadi ngiler n pengen makan tapi malah pengen nyanyi:

    "Ambil Kue Bulan Bu... Ambil Kue Bulan Bu... Untuk Menerangi Oerutku...."

    ReplyDelete
  9. saya pesen setoples ya May. nggak pakai cabai ya.. (o)

    ReplyDelete
  10. Hmmm .. Makasii Nih Mbak Atas Ilmu Barunya Saya Izin Copy Yah Mbak Buat Kapan Kapan Di Praktekin :)

    ReplyDelete
  11. Wah ternyata lumayan mudah juga ya untuk buat kue bulan sendiri. Tapi kalau saya mending beli aja mbak, soalnya lebih praktis hehe ^^

    ReplyDelete
  12. Tidak mau saya maunya langsung makan saja.

    ReplyDelete
  13. kalau saya bikin kue sabtu yang cetakannya seperti itu

    ReplyDelete
  14. kalau saya bahannya cukup tepung gula ama sitrun ,di aduk trus di cetak ending di jemur.praktiiis :d

    ReplyDelete
  15. Awesome stuff you guys got here. I really like the theme of the website and how well you organized the content. It's a marvelous job I will come back and check you out sometime.
    Thanks!
    Grosir Jilbab Murah Jilbab
    Toko Sepeda Listrik Murah
    Software Koperasi BMT
    Software Kasir Toko
    Software Laundry Kiloan
    Aplikasi Akuntansi berbasis web
    Pengrajin Rotan

    ReplyDelete
  16. wah mantap sob kalau bisa bikin kue bulan sendiri. Jadi pengen cobain deh resep nya. Kayaknya mudah banget ya sob

    ReplyDelete
  17. caranya sepertinya gampang, cocok buat kasih tahu istri, dicoba

    ReplyDelete
  18. mbak,mau tanya dimana ada jual cetakan kue bulan ya,susah nyari di palembang

    ReplyDelete
  19. mantab ntu, terimakasih infonya sob

    ReplyDelete

 
Toggle Footer