Breaking News
Loading...
Monday, March 31, 2014

SAKURA

11:51 PM
Menurut dunia biologi, Pohon Sakura tergolong dalam familia Rosaceae, genus Prunus sejenis dengan pohon prem, persik, atau aprikot, tetapi secara umum sakura digolongkan dalam subgenus sakura.

Sedangkan menurut cerita, Asal-usul kata "sakura" adalah kata "saku" (dalam bahasa Jepang "mekar") ditambah akhiran yang menyatakan bentuk jamak "ra". Dalam bahasa Inggris, bunga sakura disebut Cherry Blossoms.

Tinggi Pohon Sakura berkisar antara 3-7 meter, daunnya berbentuk bulat lonjong berdiameter 3-5 cm. Buah dari pohon sakura seperti buah cherry, bentuknya kecil dan rasanya pun tidak enak. Buah cherry yang masih muda berwarna hijau muda, sedangkan buah cherry yang sudah masak berwarna merah sampai merah tua hingga ungu.


Daun dan Buah Sakura
Bunga sakura bertahan lebih kurang 7-10 hari dihitung dari kuncup bunga terbuka sampai bunganya mulai rontok. Dan biasanya cepat rontoknya bunga sakura, disebabkan faktor cuaca seperti hujan lebat dan angin kencang.Bunga sakura mekarnya hanya setahun sekali dalam setahun yaitu pada saat akhir musim dingin atau awal musim semi. Namun ada juga bunga sakura yang kuncupnya mulai terlihat di akhir musim dingin dan bunganya mekar pada musim semi yaitu akhir bulan Maret atau awal April ketika cuaca mulai hangat. Di Taiwan sendiri, pengamat sakura akan mengumumkan kapan waktu yang tepat menikmati mekarnya bunga sakura.
Pohon Sakura di Taman
Mekarya bunga sakura tergantung pada jenis speciesnya, karena jenis sakura bermacam-macam. Oleh karena itu warna bunga sakura pun beraneka warna, ada yang berwarna putih dengan sedikit warna pink, kuning muda, hijau muda, merah muda bahkan merah menyala.

Yaezakura (Peony Sakura)

26 komentar:

  1. Sakura, bermekaran.

    Cantik... kyk adminnya... #Ups! :d

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hayoo mas, ntar yang dirumah gimana :D
      hahaha

      Delete
    2. bunga nya rontok dan berganti tumbuh daun mas serta buahnya mas :)

      Delete
  2. mantap gan,, lanjutkan sharingnya ya

    ReplyDelete
  3. Begitu Indahnya tapi bunga ini sayangnya ngga tahan lama ;(

    ReplyDelete
  4. Belum pernah lihat secara langsung mbak..ternyata begini ya..

    ReplyDelete
  5. Wah ini bunga kesukaan saya mbak maya.. Tapi saya baru tau loh kalau bunga sakura ternyata mempunyai buah hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu buahnya mas ,,, dah msak juga :))

      Delete
  6. baru lihat buah sakura.... pantas saja ditungguin ya, ternyata mekarnya hanya setahun sekali

    ReplyDelete
  7. Indah yah mbak bunga nya...kalem warna nya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada juga yang merah menyala mas :))
      tapi tetap kalem :)

      Delete
  8. seandainya bisa tumbuh di indonesia pasti asik ya tu bunga sakuranya :)

    ReplyDelete
  9. wah bagus banget ya kak bunga sakuranya :) disini nggak ada ya hehe ;)

    ReplyDelete
  10. pengen banget liat bunga sakura secara real ;-(

    ReplyDelete
  11. akhir maret atau awal april baru mekar...sekarang dong.......jadi ingat lagunga Fariz RM........keep happy blogging always...salam dari Makassar :-)

    ReplyDelete
  12. Baru tahu kalau sakura berbuah

    ReplyDelete
  13. wah ternyata sakura ada buahnya, (p) kaya apa ya rasanya :) ...

    ReplyDelete
  14. wah, indah yah bunga sakura nya :p

    ReplyDelete

 
Toggle Footer