Breaking News
Loading...
Friday, September 20, 2013

Mengenal "KUE BULAN"

5:08 PM

Setelah kemaren mengetahui "Asal Usul Perayaan Kue Bulan", pada kesempatan kali ini dunia maya akan mengajak sobat untuk mengenal kue bulan.

Kue bulan adalah makanan tradisional China yang berbentuk bulat atau bundar, pada atas kue tercetak karakter china seperti akar rambat, bunga teratai, kelinci atau dewi bulan. Kue bulan berwarna kuning keemasan, berkulit tipis  memiliki diameter 10 cm dan tebal 4-5 cm, isi kue bulan berisi pasta dan rasa bervariasi menurut daerah dan tradisi masing-masing, diantaranya pasta biji lotus, pasta kacang merah, pasta talas, pasta ubi, abon, kuning telur asin, pasta wijen, pasta teh hijau, es krim, seafood, kacang-kacangan dan masih banyak lagi.

Berikut beberapa kue bulan yang saya dapatkan pada Perayaan Kue Bulan kemaren:

1. Lotus Seed Paste Mooncake (Pasta Biji Teratai)
Dua jenis inti yang menghiasi kue bulan yaitu pasta kacang merah dan pasta biji teratai, rasanya lezat manis, Kue bulan ini dianggap paling mewah dan mahal karena tingginya harga biji teratai.

2. Lotus Seed Paste Mooncake (Pasta Biji Teratai)
Kue bulan yang satu ini sama dengan no 1, hanya saja bedanya pada tengahnya, yang berisi kuning telur asin.

3. Black Sesame Mooncake (Pasta Wijen Hitam)
Lain lagi dengan kue bulan yang satu ini, dominan rasa manis dan sedikit pahit menyergap dimulut, rasa manis berasal dari pasta lotus dan pasta wijen hitam rasanya manis bercampur pahit, namun semakin digigit rasanya agak unik, gurih-gurih asin yang berasal dari kuning telur asin.

4. Sweet Bean Paste (Pasta Kacang Merah)
Kue bulan yang satu ini berwarna merah kehitaman yang berasal dari pasta kacang merah, rasanya manis dan sedikit gurih yang berasal dari kuning telur asin, Kuning telur asin yang ada pada kue bulan melambangkan bentuk pada saat bulan purnama di Perayaan tersebut.

Sekian dulu yang dapat saya bagi pada sobat semua, selamat berakhir pekan dan happy blogging.

129 komentar:

  1. kue terang bulan gak masuk daftar ya sist??? hmmm...
    gimana donk cara bikin kue bulan kaya ini???
    makasih infonya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehehe,,,,,,
      beda sama kue terang bulan,,,,
      ini kue bulan khusus dalam tradisi perayaan etnis tionghoa sist,,,,,
      bikinnya saya belum bisa,,,,,
      kapan" tanya masternya dulu,,,, hehe

      Delete
    2. Mbak Maya, lihat bebek raksasa ndak kemarin?

      Delete
    3. belum kesana mb,,,,,
      di taiwan tengah,,,,, saya d utara,,,
      3 hari ada taifong (topan) tp g gede kyak bulan lalu,,,,
      liat di tipi aja mb khus ,,, jam 1/2 batu di trrjunkan lagi ke laut,,,, hrhehe

      Delete
    4. asyik ya mbak bisa tinggal di taiwan. cowok nya cakep-cakep ya mbak hehehe ^^

      Delete
    5. kira2 kayak saya lah mbak gantengnya

      Delete
    6. dimana-mana sama aja mb,,,, g jauh beda,,,,,
      ada yg ganteng pake banget,,, ada yg ganteng pisan,,ganteng pas"an,,,,


      mas sabda gantengnya kayak apa ya? :-D

      Delete
    7. kalau saya ganteng apa cantik mbak ?

      Delete
    8. cowok ganteng, kalau didandani cewek jga cantik,,,,,,
      kayaknya 22nya pas,,,,,

      jadi diragukan nieh,,,,,,, :-D

      Delete
    9. aku jadi nggak berani ngaku ganteng disini........... sudah keduluan 2 cowok diatas

      Delete
    10. kang Budi mah ngga termasuk ganteng kang, tapi termasuk cakep...beneran suwertekwerkewer banget tauuu

      Delete
    11. kayaknya saya gantengnya pakai kata minus mbak XD

      Delete
  2. wah saya jadi penasaran nich mbak sama kue bulan. bentuk nya aja bagus banget, apalagi rasanya hmmm :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. rasanya bermacam" mba,,,, hehehe
      kalau ketemu boleh beli nyoba,,,,,

      Delete
    2. Sepertinya kue ini adanya cuma di luar negeri aja ya mbak. Di Indonesia nggak ada ya. Ya udah besok saya buat kue sendiri aja. Tak nama'in kue matahari hehehe :D

      Delete
    3. dalam negeri banyak mb,,,,,,,,
      cuma kue ini tradisi etnis tionghoa,,,,,,
      belum pernah ketemu ya?

      Delete
    4. Nggak ada di daerah saya mbak. Mungkin keu tersebut nggak di jual dipasaran kali :)

      Delete
    5. Apakah Kue BULAN ini juga bagian dari Kue Bulan yang biasa dirayakan di kota Sigkawang atau Pontianak? Semacam IMLEK?

      Delete
    6. sepertinya pak asep sudah pernah makan kue bulan ya? bagi-bagi donk pak hehehe :D

      Delete
    7. pak asep,,,, betul banget,,,,, g salah,,,,, emang benar,,,,, hari raya china psti ad kue bulan ini

      Delete
    8. rasanya tidak enak palingo ya mbak

      Delete
    9. CUma mangap eh Maaf. Konon ada yang bilang Kue Bulan ini juga ada yang dimasak dengan menggunakan maaf (minyak Babi). Tapi jujur saja saya sering dengar dan sering melihat penjual kue bulan ini disepanjang jalan Gajah Mada Pontianak. Untuk makannya saya blum pernah coba kue itu

      Delete
    10. owh begitu ya pak. wah jadi takut nich saya mau makan kue bulan.... ternyata masak nya pakai minyak babi hmmm :)

      Delete
    11. katanya sih iya,,,, proses pembuatannya belum lihat,,,,
      buat sendiri aja pak,,,, biar aman,,,,

      Delete
  3. Kayanya enak banget nih kuenya Mba, mau minta buatin, tapi.... cara buatnya gimana ya ?

    Salam wisata

    ReplyDelete
    Replies
    1. cara buatnya saya belum bisa mas,,,, hehege,,,,
      saya tanya ahlinya dulu

      Delete
    2. Oke lah kalau begitu, nanti kalau sudah bisa beritahu saya ya Mba, biar bisa makan bareng sama teman-teman. He,,, he,,, he,,,,

      Delete
  4. unik juga ini kue bulan, kayanya enak nih kalo dicicipi :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. silahkan sob,,,, jangan segan-segan ya

      Delete
  5. berarti kuenya bolong-bolong dong kaya bulan?? ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. g ada yg bolong, ,
      rapet smua mas ,hehehehe

      Delete
  6. penasaran banget menikmatinya ...hemmm

    ReplyDelete
  7. Replies
    1. hu'um,,,,,,
      masih satu marga yaitu KUE

      Delete
    2. g mas,,,,,
      cakue kan digoreng ,,,,,, hehehehe

      kue bulan g d goreng maupun kukus

      Delete
    3. bisa jadi.. bisa jadi.. #sok tau-nya kumat

      Delete
  8. oh ternyata kue bulan itu bentuknya kayak begitu, saya kira kue martabak.

    ReplyDelete
  9. Kuee Bulan Yang Dalemannya Wijen Item Enakk Lhooo :D Saya Aja udah Pernah makan hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya sob,,,,,, bikin ketagih aja

      Delete
    2. Betull Ituu Dan Klo Ibu saya Beli 1 Kaleng Kue Bulan Wahhh Pokoknya Kagak ada yang Kebagian Soalnya udah Langsung saya Sita :D

      Delete
  10. Udah lama ndak nyicip kue ini...
    Semenjak ndak ada yg pernah ngasih lagi...hehe :)

    ReplyDelete
  11. Sangat menggoda selera nih penampakan kue bulanya.. Pasti lezat ya :)

    ReplyDelete
  12. oh jadi ini yang namanya kue bulan, kayaknya sih enak yah, jadi pengen nyoba hehe...

    ReplyDelete
  13. moon cake!!!!
    aaahh penegen iciiip !!!!
    belum pernah icip :|
    udah cari2 kemana2 di kotaku tapi ora ketemu T^T

    ReplyDelete
    Replies
    1. mb thika kotanya dimana? kan sudah ketemu disini,,,, mari di icip,,,,, g usah malu",,,, hehehehe

      kanh ucup,,, mb thuka pgen kue bulan

      Delete
    2. typo hehhe
      maksudnya pengen hehehe
      mau yang asli donk :3
      katanya enak, maknaya pengen rasain #penyukamanis

      Delete
  14. saya malah belum pernah makan kue bulan :(

    ReplyDelete
  15. saya tahunya kue terang bulan mb' maya

    ReplyDelete
  16. Wah baru tau ini Kue Bulan. saya seringnya malah Terang Bulan

    ReplyDelete
  17. Neliat gambarnya aja jadi laper hehehe

    ReplyDelete
  18. saya belom pernah makan kue bulan, baru tau malah kalo ada kue bulan :) jadi pengen

    ReplyDelete
    Replies
    1. makanya jangan ingat goreng pisang aja mas andes :)

      Delete
  19. kayak bakpia aja Mbak, isinya macem-macem.
    kue bulan apanya kue keranjang Mbak? saya beberapa kali dapat kue keranjang dari saudara saya saat perayaan hari tertentu

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mb,,, lebih mirip pia,,,,, cma bedanya tebalnya,,,,
      kue keranjang kayak dodol ya mb? biasanya pass imlek,,,,,
      q dsni cma lihat d pasaran,,,, g pnah dpt,,,,, hehehe

      Delete
  20. Yang ane suka lihatnya motif/karakter dibagian atasnya mbak, unik dan kreatif..

    ReplyDelete
  21. saya belum pernah coba, tapi itu keliahatan enyak banget lho..

    ReplyDelete
  22. jangankan nama-namanya, kuehnya aja saya baru tahu mba hehe...

    ReplyDelete
  23. nama, kemasan, rasa dan pelayananlah yang membuat makanan hasil kreasi kita dikenali orang dan disukai konsumen....inspiratif banget nih artikelnya, jadi terngiang wejangan orang pinter....rajinlah belajar dan membaca bila anda ingin tambah gagah dan pintar....keren kan?!

    ReplyDelete
  24. kue bulan itu rasanya sangat manis, apalagi kue bulan yang masih menggunakan resep aslinya.....salam :-)

    ReplyDelete
  25. Kua bulan?
    Kue bintang ada gag? :)

    Liat aja udah ngerasa kenyang, apalagi benar-benar menikmatinya.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. adanya kue matahari,,,,
      kue bintang cuma bentuknya aja

      Delete
  26. Gambar nomor 1 menakjubkan, enak tuh kayaknya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. takjub ya sob?
      cara memotongnya jadi klihatan unik

      Delete
  27. wah, kayaknya enak tuch kuenya...

    ReplyDelete
  28. wih, baru tau nih kak..
    klo kue matahari ma kue salju, pernah.
    mama biasa bikinin klo lebaran. xixixi

    tp klo bulan ^_^)?
    hmmm... ihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya mau jga kak kue salju n mataharinya

      Delete
  29. belum pernah nyobain...kalo punya kue bulan nya bagi dong...wkwkwkwk

    ReplyDelete
  30. saya paling suka cemilan yang basah basah model kue bulan diatas itu deh....hmmm yami banget kalau dicemilnya sambil nonton bola M.U lawan Madrid tuh

    ReplyDelete
    Replies
    1. gggggoooooooolllllllll
      yg menang mana mas?

      Delete
  31. Cicip dung :) enak tuh kayaknya :D
    -------------
    Blogwalking
    -------------

    ReplyDelete
  32. liat gambarnya aja keknya enak tuch rasa kuenya
    -__-

    ReplyDelete
  33. Huh kayaknya enak kali tuh

    jadi lapar saya,

    ngomong2 saya udah pernah makan belum ya. hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. ngomong2 saya juga g tahu ya,,,,,,, hehehw

      Delete
  34. yang bikin menarik lagi itu corak tulisan Chinese nya..

    tak sabar mau cobain rasanya.. :P

    ReplyDelete
  35. pasti dari China nie, saya kira terang bulan pas liat judulnya.. ^^

    ReplyDelete
  36. Belum pernah makan saya, kira2 enak tidak ya?

    ReplyDelete
  37. dri gambarnya aja, keliatan bnget enaknya...
    :3

    ReplyDelete
  38. aahhhhh bikin ngiler.. kayanya enak banget tuh mbakk... :D

    ReplyDelete
  39. kayaknya enak nih... jadi pengen buat yang kayak gitu.. :D

    ReplyDelete
  40. Kamu buat saya lapar, May... ayo kirimin 1 dus ke Denpasar...

    ReplyDelete
  41. ane blum pernah liat kue sperti itu.. krna disini gk ada yg nge jual.. :'(
    pdhal dri rsanya aja ,,udah bikin ngiler

    ReplyDelete
  42. yakin di Indonesia kue seperti ini belum ada ya mbak, adanya kue terang bulan, kayaknya ini enak

    ReplyDelete
  43. Namanya cantik kue bulan semoga Rasanya juga enak Mbak Maya

    ReplyDelete
  44. pesen satu sobbbb...kirim via blog..heee

    ReplyDelete
  45. baru tahu ttg 4 kue di atas mbak, jd pengen :)

    ReplyDelete
  46. saya pesan duaa... hehehhee
    #IKLAN ZAMAN DULU

    BTW beda yach ama terang bulan

    ReplyDelete

 
Toggle Footer